Perkembangan Sistem Operasi Windows dari Masa ke Masa

Diposting pada

Siapa yang tidak kenal Sistem operasi Windows, sistem operasi milik microsoft yang sangat populer digunakan oleh sebagian besar umat manusia saat ini pada tiap komputer dan laptopnya. Perkembangan sistem operasi windows sendiri tidak lepas dari peran sang kreator atau penciptanya, yakni dua orang sahabat brilian kaya raya yang termahsyur di seluruh belahan dunia yakni Bill Gates dan Paul Allen.

Perkembangan Sistem Operasi Windows dari Masa ke Masa

Penemu sekaligus pencipta Sistem Operasi Windows

Windows awalnya diciptakaan oleh dua orang yang bersahabat sejak kecil yakni Bill Gates dan Paul Allen. Sejak Sistem Operasi Windows ini dibuat perkembangan sistem operasi windows ini mengalami evolusi dari satu versi ke versi lain, tentunya dengan kualitas sistem yang semakin ditingkatkan dan semakin canggih.

Perkembangan Sistem Operasi Windows Pertama sampai Sekarang

Sejarah memang menjadi sebuah bahasan yang sangat diperlukan, karena di sana memuat apa dan bagaimana sesuatu itu terjadi. Tak terkecuali sejarah perkembangan windows, yang notabene merupakan sistem operasi komputer yang sangat digandrungi oleh seluruh lapisan masyarakat seluruh dunia. Berikut adalah evolusi sistem Windows dari masa ke masa.

Baca juga : 8 Hal Keselamatan Kerja di Laboratorium yang Perlu Dilakukan

1. Windows 1.0

Windows ini adalah generasi sistem operasi windows pertama sampai sekarang yang pertama kali diciptakan oleh dua sahabat karib yakni Bill Gates dan Paul Allen, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Awalnya sistem operasi ini masih diragukan oleh khalayak.

2. Windows 2.0

Windows ini dirilis oleh Microsoft pada 9 September 1987, meskipun basicnya masih sama dengan sistem operasi generasi pertama, sistem ini dilengkapi dengan “minimize” dan “maximize”.

3. Windows 2.1

Kemudian perkembangan sistem operasi Windows selanjutnya yakni Windows 2.1, dirilis pada 27 Mei 1988. Bisa dibilang sistem generasi ini hampir sama dengan pendahulunya. Hanya ada sedikit tambahan seperti penambahan fitur hardisk.

4. Windows 3.0

Pada 22 mei 1990 Microsoft meluncurkan sistem operasi Windows 3.0. Sistem ini juga pertama kali mengenalkan ikon dan kemampuan untuk membaca kartu grafis pendukung SVGA dan XGA dan SDK (Software Development Kit).

5. Windows 9.5

Lalu pada tanggal 24 agustus 1995 Microsoft mengeluarkan Windows 9.5. Berbeda dengan para pendahulunya, sistem ini telah terintegrasi dengan 32-bit Transmission Control Protocol/ Internet Protocol yang mendukung akses ke jaringan internet, dial up networking dan dukungan plug&play .

6. Windows 95

Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru yakni Windows 98. Ia dianggap sebagai evolusi kecil dari Windows 95, dan secara umum ia jauh lebih stabil dan bisa diandalkan dibandingkan dengan para pendahulunya.

7. Windows 2000

Perkembangan sistem operasi selanjutnya dimulai Pada 17 februari 2000. Microsoft merilis Windows 2000. Ia termasuk dalam keluarga Windows NT yang dibuat khusus untuk kalangan bisnisman karena memiliki Active Directory, yang merupakan standar usaha perindustrian.

8. Windows ME (Milenium Edition)

Masih di tahun yang sama Microsoft merilis Windows ME (Millenium Edition) pada 14 september 2000. Windows Me mempunyai boot time yang lebih gesit dan system restore untuk merestore PC ke titik tertentu, saat sistem operasi mengalami masalah. tapi banyak yang menganggap bahwa Windows ME ini adalah produk gagal.

9. Windows XP

Pada tahun 2001 Windosw XP pun dirilis. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikannya terkenal dengan kestabilannya dan memasuki pasar konsumen rumahan. Windosw XP merupakan sistem yang paling lama digunakan yakni dari 2001 hingga 2007.

10 Windows Vista

Lalu tahun 2006 Windows vista dirilis pada tanggal 30 November, yang awalnya khusus dibuat untuk kalangan pebisnis, namun pada 30 Januari 2007 Windows vista juga diperuntukan kepada pengguna PC rumahan. Fitur-fitur pada Windows vista dianggap memiliki kemananan yang lebih tangguh dibanding para pendahulunya.

11 Windows 7 (Se7en)

Pengembangan Windows selanjutnya adalah Windows 7, dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009. Windows 7 memiliki keamanan dan fitur yang baru. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah daripada Windows Vista.

12 Windows 8

Pengembangan sistem selanjutnya yakni Windows 8, yang baru diluncurkan ke Publik pada 26 oktober 2012. Untuk pertamakalinya ia dilengkapi dengan start screen baru, menu-menu yang diakses lebih mudah digunakan karena antar muka telah bersifat metro/millenium.

13 Windows 10

Windows ini merupakan sistem operasi Windows versi terbaru dan terupdate dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Karena penampilannya yang menarik dan memiliki fitur yang sangat lengkap, ia digadang-gadang sangat menunjang kemudahan dalam bekerja.

Nah itulah sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows dari masa ke masa, mari kita tunggu update Windows terbaru dari Microsoft. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan