macam macam sistem operasi

Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya

Posted on

Jika anda sudah mengenal segala hal tentang perangkat lunak atau software, maka kali ini anda harus mengetahui apa itu sistem operasi. Sistem operasi adalah jenis perangkat lunak yang terpenting. Mengapa demikian? Karena sistem operasi merupakan sistem utama dalam menjalankan sebuah komputer. Mungkin anda masih awam dengan Sistem operasi, namun anda jangan khawatir karena pada artikel ini akan dibahas berbagai macam pengertian sistem operasi dan contohnya yang dapat anda pelajari dengan seksama.

Pengertian Sistem Operasi

macam macam sistem operasi

Sudah beberapa dekade Sistem operasi ditemukan dan software yang satu ini selalu berkembang. Sistem operasi saat ini sudah memudahkan anda dalam melakukan berbagai macam pekerjaan. Coba bayangkan jika tidak ada sistem operasi di saat ini, mungkin pekerjaan yang seharusnya mudah dilakukan menjadi susah dilakukan. Anda harus memahami arti operating sistem. Penasaran? Yuk simak artikel ini karena informasi tentang pengertian sistem operasi akan diberikan untuk anda.

Baca Juga : Fungsi Perangkat Lunak dan Jenisnya

  1. Sistem operasi atau SO pada sebuah Komputer merupakan software atau aplikasi yang memiliki fungsi dan tugas untuk melakukan kontrol dan melakukan manajemen software yang terinstal dan memanajemen sistem operasi dasar yang terdapat pada OS. OS bisa di pasangkan aplikasi yang memudahkan manusia dalam mengerjakan sesuatu seperti aplikasi pengolah data, aplikasi pengolah angka atau aplikasi browsing internet. Sistem operasi di luar negeri dikenal dengan sebutan Operating System atau bisa disingkat menjadi OS.
  2. Sistem Operasi sebagai perangkat lunak memiliki manfaat yaitu menjadi sebuah penghubung untuk perangkat keras dan perangkat lunak atau si pengguna komputer. Operating sistem memiliki sejumlah perintah atau aturan yang penting dalam menjalakan sebuah komputer dan menjamin bahwa aplikasi yang terinstal dapat berjalan dengan semestinya tanpa ada gangguan dan hambatan. OS pada komputer akan membagi memori yang digunakan pada aplikasi – aplikasi yang terinstal, mendapat sebuah input dan menghasilkan sebuah output dari perangkat perangkat keras, dan memiliki akses penuh dalam mengatur semua file sistem. Adapun OS mengatur aplikasi yang berjalan bersama sehingga membagi memorinya sama rata agar dapat berjalan dengan lancar. Hal ini juga dikoordinasikan dengan CPU yang dimiliki oleh komputer.
  3. Perangkat lunak sistem operasi adalah perangkat lunak lapis utama yang dipasang dalam sebuah komputer untuk mengatur berbagai macam memori pada komputer. Setelah itu baru aplikasi lainnya bisa dipasang. Jika anda melakukannya secara terbalik, maka komputer anda tidak akan berfungsi dengan semestinya. Aplikasi lainnya dibuat dengan menyesuaikan OS yang terpasang pada komputer anda sehingga anda harus memilihnya sesuai dengan komputer anda. Sistem operasi juga melakukan pengoperasian berupa memanajemen memori, akses disk driver, melakukan jadwal task yang dikerjakan komputer, dan tugas umum lainnya.

Jenis Sistem Operasi yang digunakan

Adapun beberapa sistem OS yang mungkin sudah anda kenal. Berikut ini contoh OS yang biasa dipakai banyak orang.

Baca Juga : Macam – Macam Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

  1. Windows

OS ini cukup terkenal karena banyak dipakai oleh banyak orang. OS ini memiliki pengaturan yang cukup mudah dimanfaatkan oleh banyak orang.

  1. Linux

OS ini juga cukup terkenal dan bersanding dengan OS Windows. Namun OS ini memiliki pengaturan yang cukup rumit.

  1. Mac Os

OS ini hadir pada PC atau laptop buatan perusahaan Apple.

Demikian beberapa pengertian sistem operasi dan jenis – jenis sistem operasi. Harapannya anda mengerti dan paham dengan penjelasan semua hal tentang sistem operasi.

Leave a Reply