Pengertian Perangkat Lunak dan Pentingnya Software

Diposting pada

Siapa yang saat ini tidak kenal dengan perangkat lunak? Mungkin kita ganti perangkat lunak dengan kata software, pasti kebanyakan orang pasti mengenalnya. Tentu saja software adalah salah satu kebutuhan bagi sebuah perangkat elektronik yang disebut dengan komputer. Yap! Apalah arti komputer tanpa sebuah software. Pada artikel kali ini akan dibahas permasalahan tentang pengertian perangkat lunak dan pentingnya software pada sebuah komputer atau laptop anda. Penasaran? Simak artikel berikut ini dengan seksama agar anda lebih memahami teknologi yang satu ini.

Berbagai Macam Pengertian Perangkat Lunak

Pengertian Perangkat Lunak dan Pentingnya Software

 

Perangkat lunak sudah dikenal sejak awal karena adanya penemu komputer pertama yaitu Charles Babbage. Sang penemu komputer berhasil menemukan software pertama yang mampu digunakan untuk menghitung (to calculate). Tentu saja karena penciptanya menemukan cara berhitung yang praktis maka disebut juga alat tersebut sebagai komputer. Dari penggalan sejarah diatas, bisakah anda menebak arti dari perangkat lunak? Jika belum, berikut ini adalah pengertiannya.

Baca Juga : Berbagai Rumus Keliling Persegi Panjang

  1. Perangkat lunak atau yang biasa disebut juga sebagai software adalah salah satu kumpulan perintah yang dapat digunakan untuk menjalankan sebuah program. Seorang yang membuat software akan membuat berbagai macam perintah khusus untuk menjalankan sebuah program dengan tujuan tertentu.
  2. Software juga bisa diartikan sebagai program yang digunakan untuk menjalankan sebuah mesin. Software tidak hanya ada di komputer, namun semua yang terhubung dengan komputer membutuhkan sebuah perintah. Oleh karena itu software akan memiliki banyak jenis tergantung kebutuhan seseorang.
  3. Software adalah kebalikan dari hardware. Jika hardware adalah peralatan komputer yang terlihat dana dapat disebut, maka software adalah perangkat yang tidak bisa dipegang atau dirasakan namun bisa dioperasikan.
    Perangkat lunak memiliki arti pula sebagai bahasa pemrograman. Bahasa ini yang akan menyusun software agar menjalakan perintah yang sesuai dengan keinginan sang pembuatnya.

Arti Penting Software

Setelah kita membahas tentan berbagai macam pengertian perangkat lunak. Sekarang saatnya kita beralih ke arti penting adanya software. Software dan hardware dibutuhkan oleh sebuah komputer. Sehingga salah satu komponen tersebut tidak ada, maka komputer tidak akan bisa berjalan dengan semestinya. Berikut ini merupakan arti penting software bagi sebuah komputer.

  1. Tanpa ada software, komputer tidak akan berjalan. Sebuah komputer akan bisa digunakan jika memiliki sebuah perangkat lunak yang menjadi perintahnya. Jika tidak memiliki perintah, maka komputer tersebut hanya sekedar barang elektronik saja yang tidak bisa digunakan dengan semestinya.
  2. Software sangat banyak dan bermacam – macam. Jadi adanya software akan membantu anda dalam bekerja seperti mengolah angka, kata, atau mengedit sebuah video. Bahkan banyak sekali variasi dari software yang bisa anda ketahui jika anda banyak mencoba.
  3. Software akan membantu pekerjaan anda sehingga anda harus bisa memanfaatkan software dengan baik dan benar. Mungkin untuk beberapa tahun ke depan, kecepatan perintah software akan lebih mudah dan bisa lebih memudahkan anda dalam bekerja.
  4. Fakta menarik dari software, saat ini software sudah bisa diterapkan ke berbagai macam benda yang dianggap tidak mungkin memilikinya. Contohnya adalah jam yang dapat digunakan untuk telepon.

Baca Juga : Penggunaan Rumus Luas Persegi Panjang

Akhirnya sudah dikupas tuntas masalah yang dimulai dari pengertian perangkat lunak hingga mengetahui pentingnya software dalam zaman yang serba canggih. Jika anda mempelajari lebih dalam soal software, anda pasti akan memahami dibalik penciptaan software. Tanpa ada software, maka ada beberapa pekerjaan di dunia ini tidak ada atau langka.

Loading...

Tinggalkan Balasan