Macam – Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya

Diposting pada

Berbicara tentang software atau perangkat lunak, pasti anda tidak asing lagi dengan kata tersebut. Yap! Perangkat lunak atau software adalah salah satu perangkat yang digunakan untuk mengoperasikan komputer. Saat ini perangkat lunak sudah sangat banyak pengembangnya sehingga anda bisa memilihnya secara langsung fungsi perangkat apa yang anda inginkan. Jika anda belum mengetahui fungsi dari software, berikut ini akan dibahas atau diulas tentang macam – macam perangkat lunak dan fungsinya. Adanya artikel ini akan menambah wawasan anda tentang dunia komputer, khususnya pada bagian software.

Informasi Tentang Macam – Macam Perangkat Lunak

macam-macam perangkat lunak komputer contoh perangkat lunak komputer macam-macam perangkat lunak aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras komputer beserta gambarnya contoh perangkat lunak aplikasi pengertian perangkat lunak pengertian perangkat lunak pengolah kata contoh software

 

Baca Juga : Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet yang Terbaik

Perangkat lunak adalah sebuah perintah yang dibuat oleh para pengembangnya untuk melakukan suatu perintah. Contoh jika anda ingin menghitung dengan cepat, maka ada software berupa kalkulator yang mempermudah anda dalam menghitung. Adapun aplikasi – aplikasi komputer lainnya yang memiliki perintah tertentu. Saat ini ada berbagai macam aplikasi yang memiliki berbagai macam perintah. Pada artikel ini akan dibahas jenis software dan kegunannya. Penasaran? Simak artikel berikut ini.

1. Sistem Operasi

Sistem operasi atau disingkat OS dalam versi Inggrisnya merupakan suatu progam yang memiliki fungsi untuk mengatur dan mengendalikan sistem yang bekerja pada komputer secara mendasar sehingga mengatur pula kerja input, ouput, memori, data, dan lain sebagainya. Tentu saja sofware ini wajib hadir di sebuah PC atau laptop yang anda miliki. Tanpa adanya sofware jenis OS, maka komputer anda hanya terlihat sebagai alat elektronik yang tidak berfungsi dan bekerja dengan semestinya. Saat ini banyak OS yang hadir seperti Windows, Linux, dan lain – lain.

2. Perangkat lunak gratis

Perangkat lunak yang satu ini merupakan perangkat lunak yang diciptakan secara gratis. Aplikasi ini dikeluarkan secara gratis karena bisa digunakan untuk sebuah pengamatan bagi programmer yang membuatnya. Adapun aplikasi ini bisa membagikan berbagai macam fungsi seperti aplikasi olah data, aplikasi yang digunakan untuk membersihkan memori dan lain – lain.

3. Aplikasi Uji coba

Aplikasi yang satu ini setingkat diatas freeware. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, namun memiliki jangka waktu. Jangka waktunya juga tergantung dari si pemilik yang menginginkannya. Hal ini berfungsi jika anda ingin mencoba aplikasi yang anda pakai terlebih dahulu, maka anda bisa mendapatkan trialware nya. Namun ada alasan lainnya seperti sang pemilik ingin mengetahui produknya memiliki masalah sebesar apa sehingga sang programmer bisa memperbaikinya untuk menyempurnakan aplikasi yang telah dibuat tersebut. Tentu saja ini adalah salah satu contoh aplikasi yang bisa dicoba dengan gratis.

4. Malware

Macam – macam perangkat lunak yang satu ini termasuk jenis perusak. Malware adalah aplikasi yang dapat merusak sistem dari komputer. Malware dapat mengganggu kerja aplikasi lainnya, bahkan bisa mengganggu sistem operasi yang sedang berjalan saat sedang dibutuhkan. Selain itu aplikasi ini mudah menular dari PC satu ke PC lainnya sehingga menyebabkan berbagai macam kerusakan. Cara penularannya bisa melalui internet, USB, dan lain – lain.

5. Bahasa pemrograman

Baca juga : Rumus Luas Permukaan Tabung, Volume, dan Soal Latihannya

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah perintah. Hal inilah yang merupakan cikal bakal dari aplikasi yang hadir di saat ini. Oleh karena itu, aplikasi ini cukup penting karena aplikasi inilah yang membantu menghasilkan aplikasi lainnya.
Demikian semua tentang macam – macam perangkat lunak. Harapannya anda mengetahui dengan baik berbagai macam aplikasi yang hadi pada komputer anda

Loading...

Tinggalkan Balasan