Langkah – Langkah Merakit Komputer dengan Mudah

Diposting pada

Komputer adalah salah satu alat elektronik yang selama ini menjadi salah satu kebutuhan. Entah menjadi kebutuhan untuk bekerja atau menjadi sebuah alat yang dapat digunakan untuk menghibur diri. Saat ini banyak sekali jenis komputer yang disediakan oleh produsen dan sebagai konsumen, anda bisa memilih komputer apa saja yang anda inginkan. Namun ada kalanya anda menginginkan spek komputer yang berbeda dari komputer yang telah disediakan oleh para konsumen. Anda tidak perlu khawatir karena anda bisa saja merakit komputer yang anda inginkan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas langkah – langkah merakit komputer untuk anda. Cara merakit komputer cukup mudah karena komponennya bisa anda beli secara terpisah.

3 Langkah – Langkah Merakit Komputer

Langkah – Langkah Merakit Komputer dengan Mudah
Cara yang digunakan untuk merakit komputer memiliki tiga dasar. Keempat dasar tersebut adalah persiapan, perakitan, pengujian dan penanganan masalah. Ketiga dasar tersebut menjadi tahapan penting dalam membuat komputer. Anda harus melakukan ketiga dasar tersebut karena ketiga dasar tersebut sudah menjadi alur kerja membuat komputer. Semakin anda detail di setiap tahapnya, maka komputer yang anda rakit akan semakin baik pula hasilnya. Berikut ini merupakan ketiga tahap dalam merakit komputer.

1.Persiapan merakit komputer

Langkah awal dalam membuat komputer adalah persiapan. Pada dasarnya merakit komputer sendiri adalah merakit otak dalam komputer. Hal tersebut menandakan bahwa sebenarnya anda hanya akan merakit motherboard yang dimiliki oleh CPU komputer anda. Anda harus membeli bagian – bagian motherboard sesuai dengan spek yang anda inginkan dan alat yang digunakan untuk memasang bagian tersebut seperti obeng solder, tang, dan lain – lain. Kemudian anda beli hardware seperti monitor, keyboard, mouse, dan lain – lain. Kemudian siapkan pula tempat yang luas untuk membuat komputer untuk memudahkan anda.

Baca juga :Rumus Segitiga Siku – Siku dan Contoh Soal

2. Proses perakitan

Adapun langkah – langkah merakit komputer, tahanpan tersebut dibagi menjadi 10 langkah yaitu,

a. Memasang jumper motherboard

Jumper memiliki fungsi sebagai pengatur tegangan pada motherboard. Sebelum memasang jumper, ada kalanya anda harus membaca buku panduan.

b. Memasang prosessor

Anda hanya perlu menyatukan pin pada prosesor yang anda miliki pada motherboard. Setelah dipasang, kemudian gunakan tuas pengunci untuk menutup prosessor.

c. Memasang heatsink

Heatsink dipasang tepat berada diatas prosessor. Memasangnya cukup mudah, anda tinggal memasukan kaki – kakinya kedalam lubang pada motherboard.

d. Memasang memori

Sebelum memasang memori, pastikan soket yang digunakan sudah sesuai. Setelah sesuai, kemudian pasang memori sesuai pada soketnya. Memori yang digunakan berjenis RAM.

e. Memasang motherboard pada casing

Setelah kelima komponen yang telah disebutkan sudah dipasang, kemudian saatnya anda memasang motherboard pada casing agar proses selanjutnya lebih mudah.

f. Memasang VGA Card

Memasang VGA hampir sama dengan memasang memory. Anda tinggal letakkan VGA pada soket yang telah disediakan.

g. Memasang Power Supply

Pasang power supply yang biasanya terletak di bagian pojok atas pada bagian belakang casing. Letakkan power supply pada tempatnya kemudian dikecangkan dengan menggunakan obeng.

h. Memasang kabel pada motherboard

Sambungkan semua kabel yang tersedia pada power supply ke motherboard.

i. Memasang Optical Device Drive

Setelah power supply dan kabelnya dipasang, kemudian pasang DVD dan Hdd pada tempat yang telah disediakan.

j. Finishing

Pasang penutup casing dan bisa diuji coba.

Baca juga :Perkembangan Sistem Operasi Windows dari Masa ke Masa

3. Pengujian dan penanganan

CPU yang telah anda rakit kemudian di uji coba. Jika masih terdapat masalah, maka anda bisa membongkarnya kembali dan melihat masalah pada motherboard yang anda gunakan. Setelah anda menyelesaikan masalah tersebut, uji lagi CPU anda hingga berhasil.
Sudah diberikan ringkasan tentang langkah – langkah merakit komputer. Anda bisa mencari referensi lainnya untuk memudahkan anda menciptakan komputer sesuai keinginan anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan