Fungsi Perangkat Lunak dan Jenisnya

Fungsi Perangkat Lunak dan Jenisnya

Posted on

Semua orang pasti mengenal dengan perangkat lunak. Jika anda belum mengetahuinya atau masih awam dengan istilah yang satu ini, maka anda jangan khawatir karena akan dijelaskan untuk anda apa itu perangkat lunak. Perangkat lunak atau software pada komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menjalankan sebuah perintah yang telah di program. Masih awam dengan fungsi dan jenisnya? Simak terus artikel yang satu ini karena anda akan mendapatkan informasi tentang fungsi perangkat lunak dan jenis perangkat lunak agar anda lebih memahaminya lagi.

Fungsi Perangkat Lunak

Fungsi Perangkat Lunak dan Jenisnya

Aplikasi atau perangkat lunak pada sebuah komputer adalah salah satu komponen yang cukup penting. Hal ini dikarenakan jika tidak ada komponen tersebut, maka komputer anda hanyalah sebuah perangkat keras yang tidak dapat difungsikan secara maksimal. Oleh karena itu sebelum anda mengenal perangkat lunak lebih jauh, inilah beberapa fungsi software yang dapat anda pelajari.

Baca Juga : Rumus Luas Layang – Layang dan Soal Latihan

  1. Memproses data atau instruksi / perintah

Aplikasi adalah sebuah program dan program yang bertujuan untuk mengolah data atau input yang diberikan oleh program tersebut. Tugas dari program tersebut mengolah data yang diberikan dan memberikan hasil yang di inginkan oleh penggunanya.

  1. Sebagai penghubung

Apa gunanya komputer jika hanya memiliki perangkat keras saja. Yap! Manfaat dari perangkat lunak lainnya adalah sebagai penghubung antara user atau si pengguna PC dengan hardware. Tentu saja hardware bisa perupa sebuah input atau sebuah output. Adanya software akan menjalankan sebuah komputer sebagaimana mestinya.

Jenis Perangkat Lunak

Setelah berbicara tentang berbagai macam fungsi perangkat lunak, saatnya anda mengenal jenis perangkat lunak. Anda hanya perlu memahaminya agar anda lebih paham tentang perangkat lunak.

  1. Aplikasi

Aplikasi atau software application adalah sebuah salah satu subkelas dari software dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki oleh komputer. Memanfaatkannya secara spesifikasi adalah memanfaatkan kemampuan hardware yang dimiliki oleh sebuah komputer atau PC. Sebagai contoh adalah aplikasi pengolah kata yang memerlukan input sebuah keyboard atau aplikasi pemutar video yang memanfaatkan monitor dan memanfaatkan speaker. Contoh software aplikasi adalah Ms. Word, MPC, Google Chrome, dan lain – lain.

  1. Software Development Tools

Sesuai dengan namanya yaitu Software development tool, perangkat lunak yang satu ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak. Aplikasi ini memiliki fungsi seperti membuat, debug, maintained, dan memperbaiki sebuah software. Aplikasi ini memanfaatkan bahasa pemrograman sehingga mudah digunakan oleh programmer.

  1. Device Driver

Device driver hampir sama dengan aplikasi, bedanya hanya terletak pada fungsinya. Device driver adalah alat yang digunakan untuk memanfaatkan software untuk melakukan suatu perintah khusus untuk sebuah pekerjaan. Sebagai contoh device driver adalah sebuah mesin kasir yang berada pada swalayan. Mesin kasir memiliki perintahnya sendiri dan berbagai dengan komputer pada umumnya. Fungsi mesin kasir pun hanya digunakan untuk menghitung total biaya perbelanjaan saja.

Baca juga : Macam – Macam Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

  1. Open Source Software

Open Source Software merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki sifat terbuka. Maksud dari terbuka adalah perangkat lunak yang satu ini bebas dikembangkan oleh siapapun, bebas mengubah dan melakukan apapun untuk memperbaiki kinerja pada aplikasi tersebut. Hal ini cukup menguntungkan jika anda membutuhkan sebuah aplikasi yang memiliki perintah pribadi untuk anda sendiri. Anda hanya perlu memasukan kode anda sendiri dengan aturan dan etika yang sudah dibuat oleh si pencipta software

Demikian beberapa fungsi perangkat lunak dan jenisnya untuk anda, semoga informasi ini dapat anda manfaatkan sebaik mungkin.

Leave a Reply