Contoh Perangkat Lunak Pengolah Angka

Diposting pada

Sekarang sudah zamannya serba modern. Saat ini pekerjaan apapun mudah diselesaikan. Hal ini dikarenakan adanya perangkat lunak. Tidak hanya memudahkan pekerjaan, bahkan adanya perangkat lunak menciptakan pekerjaan yang bisa menghasilkan uang yang cukup banyak. Adapun beberapa jenis software yang sering digunakan seperti software pengolah berbagai data seperti kata, gambar, dan lain – lain. Selain itu, ada aplikasi lainnya yang dapat membantu anda dalam mengolah data yang berupa angka. Yap! Pasti anda mengenalnya dengan nama perangkat lunak pengolah angka. Berikut ini akan dibahas berbagai macam software pengolah angka.

Macam – macam Perangkat Lunak Pengolah Angka

Contoh Perangkat Lunak Pengolah Angka

Seperti sebutannya, aplikasi pengolah angka adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu anda mengolah data dengan angka seperti keuangan, analisis, statistika, dan lain – lain. Bahkan saat pertama kali munculnya komputer, aplikasi yang paling awal keluar adalah aplikasi pengolah angka yang berupa kalkulator ciptaan Charles Babbage. Setelah adanya aplikasi tersebut, maka berkembanglah aplikasi lainnya yang memiliki fitur pengolah data. Jika anda masih bingung akan menggunakan aplikasi apa, berikut ini adalah beberapa perangkat lunak pengolah angka yang dapat anda pilih.

Baca juga : Mengenal Sifat – Sifat Bangun Datar

1. Microsoft Excel

Software pengolah angka yang satu ini cukup terkenal karena besutan dari perusahaan Microsoft. Aplikasi ini satu paket dengan saudara – saudara lainnya seperti MS. Word, Power Point, dan lain – lain. Ms. Excel memiliki tampilan yang cukup bersahabat. Selain itu banyak toolbar – toolbar yang dapat membantu pekerjaan anda dalam mengolah angka. Oleh karena itu aplikasi ini cukup banyak digunakan oleh orang – orang, khususnya yang memang membutuhkan pengolah angka seperti kantor atau perusahaan. Walaupun saat ini banyak perubahan dan penambahan fitur, namun tetap saja excel mudah digunakan.

2. Lotus 1 – 2 – 3

Perangkat lunak pengolah angka yang satu ini merupakan ciptaan dari perusahaan IBM. Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi MS. Excel, namun memiliki beberapa perbedaan yang bisa anda gunakan. Aplikasi ini bisa mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lainnya. Pada intinya, aplikasi dapat menghasilkan data yang kompatibel.

3. Open Office Calc

Open Office Calc adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka yang. Aplikasi ini cukup berbeda dengan aplikasi yang diatas karena Open Office Calc bersifat open source dan dapat digunakan dengan platform lainnya. Tampilan yang dimiliki oleh aplikasi untuk olah angka ini dilengkapi berbagai menu dan tombol toolbar serta memiliki desain yang cukup user friendly. Aplikasi ini cukup memudahkan pekerjaan anda jika anda memiliki file yang ekstensinya cukup beragam.

4. Star Office Calc

Baca Juga : Macam – Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya

Star Office Calc adalah perangkat lunak pengolah angka yang memiliki kesamaan dengan Open Office Calc yaitu Multi Platform. Star Office Calc memiliki keistimewaan berupa mengetahui dan memberikan klarifikasi dari data yang dibuka dengan aplikasi ini dan memiliki kemampuan untuk membuat grafik yang menarik. Adanya keistimewaan aplikasi yang satu ini akan memudahkan pengelola keuangan ketika mempresentasikan hasil keuangan yang didapatkan di perusahaan dalam bentuk grafik.

5. Kspread

KSpread adalah software olah data angka yang sama dengan Open Office yang memiliki sifat open source dan dapat digunakan di berbagai platform. Open Source pada Kspread dapat anda manfaatkan untuk mengubah beberapa kode yang dapat anda gunakan secara khusus.

Demikian beberapa perangkat lunak pengolah kata yang bisa anda pilih sesuai keperluan anda. Selamat Mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan