Cara Instal Ulang Komputer Menggunakan Windows

Diposting pada

Sering kali ada saja permasalahan pada sistem operasi yang dimiliki oleh sebuah komputer atau laptop. Sering kali pula masalah tersebut dapat diatasi dengan menginstal kembali komputer yang bermasalah tersebut. Bagi anda pengguna windows, jangan khawatir karena anda akan diberikan referensi cara instal ulang komputer dengan sistem operasi windows. Cara instal ini juga bisa digunakan jika anda memiliki sebuah PC baru atau berhasil merakit PC yang anda inginkan.

2 Cara Instal Ulang Komputer berbasis Windows

Cara Instal Ulang Komputer Menggunakan Windows

Windows adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh orang – orang. Sistem operasi adalah salah satu sistem yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah PC atau Laptop. Tidak hanya Windows saja yang merupakan sistem operasi, namun banyak sistem operasi yang dapat digunakan untuk PC anda. Setelah mengetahui sistem operasi, saatnya anda mengetahui pula langkah – langkah dalam instal ulang komputer yang berbasis Window. Anda harus menyiapkan DVD atau CD yang berisi installer Windows. Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli DVD atau download secara online.

Baca Juga : Langkah – Langkah Merakit Komputer dengan Mudah

  1. Kemudian masukan DVD windows ke dalam DVD atau CD Rom
  2. Kemudian restart PC atau laptop anda untuk memulai instalasi sistem operasi Windows
  3. Selanjutnya di cara instal ulang komputer berbasis Windows yaitu saat di awal PC atau laptop anda menyala, segera tekan tombol F2/Del/F1/F10 atau tombol yang sesuai dengan PC dan laptop milik anda agar terhubung ke sistem BIOS. Disarankan untuk anda mengerti tentang sistem BIOS yang dimiliki oleh PC atau laptop anda. Lalu akan muncul tampilan BIOS nya.
  4. Setelah masuk ke tampilan BIOS, Silakan anda memilih menu yang tersedia. Pilih Boot lalu pilih Boot Device Priority. Pastikan pada menu utama Boot memakai sesuai dengan ROM yang anda gunakan (DVD-ROM atau CD-ROM)
  5. Setelah itu tekan F10 dan pilih yes untuk kembali melakukan restart PC anda
  6. Ketika anda perintah seperti “Press any key to boot….” maka anda tekan sembarang tombol pada keyboard anda.
  7. Kemudian windows akan menjadi hitam dengan perintah “windows is loading file”. Anda tinggal tunggu saja sehingga loading selesai.
  8. Setelah loading selesai, kemudian anda masuk ke pengisian form pengisian bahasa, waktu, dan keyboard, biakan saja begitu dengan tekan next
  9. Kemudian klik Instal Now
  10. Setelah itu anda akan diminta persetujuan dan sejenisnya, maka anda klik tanda persetujuannya lalu klik tombol next
  11. Setelah itu anda akan menerima form “Which type of installation do you want” lalu anda pilih Custom Advance
  12. Lalu masuk ke form “Where do you want to instal Windows” kemudian pilih klik Partition system (C:) kemudian pilih format semua data yang berada di C. Pada langkah ini, anda perlu saran pada ahli untuk memastikan langkah yang anda ambil benar.
  13. Setelah di format, kemudian klik next untuk melanjutkan prosesnya
  14. Setelah beberapa lama, komputer anda akan memulai restart lalu akan melanjutkan prosesnya kemudian akan restart kembali. Setelah restart kedua, maka akan dimulai booting pertama.
  15. Proses instal komputer anda yang ,masih berjalan dilanjutkan dengan mengisi informasi pada komputer anda hingga password pada komputer anda
  16. Kemudian anda akan diminta untuk mengisi serial number, anda bisa melewatkannya atau anda bisa mengisinya
  17. Kemudian akan anda setup Windows, lalu sesuaikan dengan keinginan anda.
  18. Proses dilanjut dengan setting tanggal dan waktu, sesuaikan dengan tanggal dan waktu dengan daerah anda.
  19. Instal selesai

Baca Juga : Langkah – Langkah Merakit Komputer dengan Mudah

Sudah diberikan tutorial untuk instal komputer untuk anda. Harapannya anda bisa melakukan cara instal ulang komputer yang telah diberikan untuk anda. Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan