Sejarah Tenis Meja dan Awal Mula Adanya

Sejarah Tenis Meja dan Awal Mula Adanya

Posted on

Tenis meja atau ping pong termasuk permainan olahraga yang menarik serta unik untuk dipelajari. Tidak sedikit orang yang menggemarinya dan menemukan kesenangan dari bermain ping pong. Apalagi, permainan ini tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas. Jika kita juga termasuk orang yang gemar memainkan tenis meja, maka berikut adalah sejarah tenis meja yang sebaiknya kita tahu juga. Olahraga permainan ini ternyata memiliki sejarahnya sendiri, baik di dunia maupun di Indonesia. Sama seperti kebanyakan permainan olahraga lainnya, tenis meja awalnya hanya dikenal sebagai hiburan ringan di tengah masyarakat.

Sejarah Tenis Meja secara Singkat

Sejarah Tenis Meja dan Awal Mula Adanya

Baca juga : Sejarah Akuntansi Dunia Dan Indonesia

Namun, siapa sangka sejarah singkat tenis meja telah dimulai di Iran pada zaman manusia purba. Berikut adalah sejarah lengkapnya.

  1. Pada zaman manusia purba di negara Iran telah dimainkan permainan dengan menggunakan sebatang kayu. Kayu ini digunakan sebagai pemukul bola tang yang terbuat dari usus binatang yang diisi angin.
  2. Di abad ke-12, bangsa Prancis sudah menyukai permainan tenis meja. Pada masa ini, bola dibuat dari kertas diktat lalu dipukul menggunakan tangan.
  3. Sejarah tenis meja juga datang dari bangsa Indian di zaman purba yang memainkan permainan serupa tenis meja. Bola yang dipakai mirip bola bersayap bulu dan pemukul yang digunakan kala itu adalah kayu yang dibungkus menggunakan kulit menjangan.
  4. Beragam sumber turut menyebutkan bahwa tenis meja sebenarnya berasal dari Inggris. Permainan ini sendiri diklaim muncul dari sebuah permainan kuno di abad pertengahan yang disebut whiff-whiff dan gossima. Permainan ini kemudian makin berkembang di antara angkatan bersenjata Inggris yang kala itu berada di India.
  5. Pencipta tenis meja di Afrika Selatan juga kerap memainkan tenis meja sebagai hiburan di kala senggang. Meja yang digunakan ialah meja tanpa ukuran tertentu serta jaring di bagian tengah yang dipasang sejajar pada ujung meja yang dipakai.

Sarana dan Prasarana Tenis Meja

Baca juga : Sejarah Isis, Sejarah Berdarah Timur Tengah

Sarana dan prasarana tenis meja berupa jaring ini akan terbuat dari tali sepatu ataupun perban pembungkus yang diikat ujungnya pada dua buah kursi dan ditempatkan di kedua sisi tengah meja. Sementara alat pemukul yang digunakan ialah sebilah kayu yang dipotong sesuai bentuk sehingga mirip raket yang biasa digunakan sekarang ini. Pada saat itu, pemukul yang digunakan ialah Vellum racket, alat pemukul di permainan tenis meja yang bentuknya mirip alat pemukul di permainan tenis. Bola yang digunakan juga adalah bola yang biasa dipakai dipermainan tenis, dengan cara main dipukul secara langsung. Sejarah tenis meja berlanjut pada akhir 1880, bola karet yang dilapisi kulit rajut diganti menggunakan bola celluloid.

Leave a Reply