Sejarah Perkembangan Internet di Dunia dari Masa ke Masa

Diposting pada

Perkembangan internet saat ini telah merambah di segala lini kehidupan masyarakat di era globalisasi. Manfaat internet memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi mengingat kemudahan yang dihadirkannya untuk menunjang segala kebutuhan masyarakat. Sebutkan saja contohnya bagaimana internet membantu masyarakat belajar mengenai berbagai hal hanya dengan mengetik kata kuncinya di situs pencari online. Dalam hitungan detik, Anda sudah bisa menemukan jawabannya. Mengetahui pentingnya internet, mari kita pelajari lebih lanjut bagaimana sejarah perkembangan internet dari masa ke masa hingga bisa seberkembang seperti saat ini.

Sejarah Perkembangan Internet dari Masa ke Masa

Sejarah Perkembangan Internet di Dunia dari Masa ke Masa

Baca juga : Mengulas Jejak Sejarah Muhammadiyah Di Indonesia

Sejarah perkembangan internet bisa dipelajari dari bagaimana ia ditemukan. Berikut ini adalah sejarah singkat internet dari masa ke masa berdasarkan tahunnya.

  • Agustus 1962

J.C.R. Licklider, seorang peneliti dari Massachutts Institute of Technology (MIT) dan Advanced Research Projects Agency (ARPA) mengajukan sebuah gagasan yang disebut dengan “galactic network”. Ia berencana menciptakan jaringan komputer yang bisa terhubung satu sama lain sehingga pemerintah masih dapat berkomunikasi walaupun jaringan telepon mati. Gagasan tersebut tidak bisa terlepas dari kepentingan militer dimana kala itu sedang berlangsung Perang Dingin melibatkan Amerika Serikat dan Uni Soviet. Dari ide ini, Licklider disebut sebagai Bapak Internet yang menandai dimulainya sejarah perkembangan internet.

  • Tahun 1965

Selanjutnya, peneliti MIT lainnya mulai menciptakan teori “packet switching” yang mampu memecah data menjadi bentuk blok atau paket melalui jaringan komputer, yang nantinya disebut dengan ARPAnet.

  • Tahun 1969

ARPAnet berhasil mengirimkan pesan pertama yaitu “LOGIN” melalui komunikasi “node-to-node” antara 2 komputer di lokasi yang berbeda. Di akhir tahun 1969, hanya 4 komputer yang terkoneksi dengan ARPAnet.

  • Tahun 1970-an

Vinton Cerf, seorang peneliti komputer menemukan sebuah jaringan-mini yaitu Transmission Control Protocol (TCP) yang mampu menghubungkan seluruh komputer di dunia agar bisa saling berkomunikasi melalui ruang virtual. Jaringan tersebut nantinya dilengkapi menjadi Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP) yang mentrasformasi “internet” menjadi jaringan mendunia.

  • Tahun 1980-an

Peneliti dan ilmuwan menggunakan jaringan internet untuk saling mengirimkan file dan data dari satu komputer ke komputer lain.

  • Tahun 1991-an

Tim Berners-Lee, seorang programmer dari Swiss, memperkenalkan “World Wide Web” yaitu sebuah jaringan internet yang tidak hanya bisa mengirim file dari satu tempat ke tempat lain tetap juga menjadi “jaringan” informasi dimana setiap orang dapat menggunakannya. Internet yang diciptakan oleh Berners-Lee inilah yang menjadi cikal-bakal internet jaman sekarang.

  • Tahun 1992-an

Peneliti dan mahasiswa di Universitas Illinois mengembangkan situs pencari yang disebut Mosaic (yang nantinya dikenal dengan Netscape). Situs ini untuk pertama kalinya menawarkan halaman pencarian di Web yang user-friendly dimana pengguna dapat melihat kata-kata dan gambar di halaman yang sama. Web yang diciptakan juga memunculkan fitur seperti scrollbars dan link yang dapat di-klik. Dari sinilah, Web mulai digunakan untuk tujuan komersial sehingga perusahaan dapat menggunakannya untuk menjual produk dan sebagainya.

  • Tahun 2000-an

Internet mulai berkembang sangat pesat dimana mulai muncul berbagai jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter yang digunakan pengguna internet dari seluruh dunia untuk bisa saling terkoneksi satu sama lain. Internet pun mulai bisa diakses melalui handphone, tidak lagi hanya lewat komputer saja.

Baca juga : Sejarah Batik Menjadi Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia

Rangkuman sejarah internet di dunia menggambarkan bagaimana sejarah perkembangan internet terjadi dengan sangat cepat selama setengah abad saja. Bisa dikatakan, kita mungkin tidak bisa memprediksi sejauh mana internet akan berkembang dikemudian hari.

Loading...

Tinggalkan Balasan