Sejarah Nabi Muhammad SAW

Diposting pada

Setiap umat Muslim di dunia ini pastinya sangat mempercayai akan adanya Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir di muka bumi ini dan juga nabi akhir zaman. Beliau adalah sosok yang sangat dikagumi oleh banyak orang sehingga kisah Nabi Muhammad SAW selalu dipelajari dan dibaca dari orang berbagai lapisan zaman. Sejarah Nabi Muhammad SAW memang sangat menarik dan patut untuk kita teladani. Kesabarannya, ketabahan serta ketegaran beliau dalam membela Islam sangat pantas untuk diberi penghargaan. Maka tidaklah salah jika sedari kecil, beliau sudah menjadi sosok yang istimewa bahkan pada saat dirinya baru saja lahir di muka bumi ini.

Sejarah Nabi Muhammad SAW

Pengertian Sejarah Nabi Muhammad SAW

Baca juga : Perkembangan Sejarah Bulutangkis di Indonesia

Untuk lebih mengenal Baginda Nabi Agung, berikut pemaparan mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW yang patut kita teladanisifat dan tutur katanya yang selalu baik.

Seperti kita ketahui, Nabi Muhammad SAW lahir di Mekah 12 Robi’ul Awal yang jatuh pada hari Senin 570M.pada kelahiran beliau, terdapat kejadian yang sangat menakjubkan dan bahkan untuk cara pikir manusia sekarang, kejadian tersebut amat sulit dibayangkan namun ada dan terjadi pada kelahiran beliau. Pada saat beliau lahir, ada perang yang didalangi oleh Raja Abrahah bersama tentara gajahnya. Mereka berperang ingin menghancurkan Ka’bah. Karena kuasa dari Allah SWT, akhirnya Allah mengutus burung ababil yang membawa batu dari neraka untuk dijatuhkan tepat diatas kepala para tentara gajah dan juga termasuk Raja Abrahah. Mereka semua hancur dan gugur seketika karena azab yang diberikan oleh Allah. Maka dari itu, turunlah surat Al-Fil yang artinya pasukan gajah, yang dimana surat tersebut berisikan tentang kejadian perang pasukan gajah.

Kisah Nabi Muhammad SAW

Cerita Nabi Muhammad SAW memang tidak ada habisnya, dan maka dari itu terkadang cerita beliau bahkan lebih menarik diantara kisah 25 nabi lainnya. Fakta dari sejarah Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah mengenai nama-nama keluarganya. Ayah beliau bernama Abdullah, ibunya Siti Aminah adalah nama ibu beliau sedangkan kakeknya bernama Abdul Muthalib. Dan kakeknya jugalah yang memberikan nama beliau dengan nama indah, yaitu Muhammad. Nabi Muhammad menjadi anak yatim ketika beliau masih berada dalam kandungan, yaitu 4 bulan.Jadi ketika beliau lahir, dia sudah tidak mempunyai ayah.

Kisah-kisah Nabi Muhammad SAW memang patut untuk diteladani, karena memang beliau sungguh mulia. Bahkan ketika dirinya berumur 8 tahun, sudah ada pendeta yang melihat tanda-tanda ke-Rosullan beliau dari ciri fisiknya.Sungguh sangat luar biasa. Masa muda beliau, digunakan untuk menjadi pedagang. Beliau terkenal sebagai orang yang sangat dipercaya saat berdagang. Hingga akhirnya beliau bertemu dengan seorang pedagang wanita yang kaya bernama Khadijah. Khadijah ini adalah seorang janda yang berumur 40 tahun. Berkat rasa cintanya terhadap beliau, Khadijah mendahului untuk mempersunting beliau sebagai suami yang waktu itu masih berumur 25 tahun.

Baca juga : Uraian Singkat Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Dan selanjutnya, yang perlu Anda ketahui tentang kisah sejarah Nabi Muhammad adalah pada saat turun wahyu pertama di Gua hiro, sampai akhirnya beliau diangkat menjadi Rosul oleh Allah SWT. Dalam penyebarang agama Islam, memang beliau menghadapi banyak rintangan serta cobaan yang silih berganti. Tapi karena ketegarannya, akhirnya beliau dan juga para sahabat bisa berhasil menyebarkan agama Islam di Mekkah dan juga Madinah. Dalam waktu yang tidak lama, banyak orang Muslim yang beriman kepada Allah dan mengikuti ajaran beliau.

Loading...

Tinggalkan Balasan