Uraian Singkat Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Diposting pada

Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya mempelajari serta memahami sejarah dari bangsa sendiri. Mengenal sejarah kemerdekaan bangsa berguna untuk semakin menciptakan rasa memiliki, rasa bangga dan cinta pada tanah air. Sebagai warga Indonesia, anak-anak sudah dididik mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia sejak masih berada di bangku sekolah. Pendidikan mengenai sejarah ini berguna agar seluruh warga Indonesia nantinya mengerti asal-usul negara serta betapa beratnya perjuangan yang diperlukan untuk dapat mencapai kondisi saat ini.

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Uraian Singkat Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Baca juga : Perkembangan Sejarah Bulutangkis di Indonesia

Bagi Anda yang sudah lama meninggalkan bangku sekolah menengah mungkin sudah agak-agak lupa dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Berikut ini adalah uraian singkat mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia:

  • Masa Penjajahan Portugis

Indonesia pertama kali dijajah oleh bangsa Portugis pada tahun 1509 dengan menduduki daerah Malaka.

  • Masa Penjajahan Belanda

Indonesia dijajah oleh bangsa Belanda selama 3,5 abad mulai dari tahun 1596 sampai dengan 1942. Tujuan awal kedatangan Belanda ke Indonesia adalah untuk mencari rempah-rempah. Akan tetapi seiring berjalannya waktu tujuan ini berubah menjadi ingin memonopoli perdangan serta menjajah Indonesia untuk menguasai segala sumber daya yang ada di Indonesia.

  • Pendudukan Jepang Atas Indonesia

Pendudukan Jepang atas Indonesia dimulai setelah Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang akibat kekalahannya dari negara matahari terbit tersebut. Indonesia dijajah oleh Jepang selama kurang lebih 3,5 tahun. Akan tetapi disebutkan bahwa penderitaan yang dialami oleh rakyat Indonesia selama 3,5 tahun tersebut justru lebih berat daripafa 3,5 abad pada masa penjajahan Belanda.

  • Pembentukan BPUPKI

Jepang pada awal kedatangannya disambut baik oleh rakyat Indonesia karena Jepang membentuk berbagai organisasi untuk mengambil hati rakyat Indonesia. Salah satu organisasi yang dibentuk pemerintah Jepang adalah BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1943. Sekilas memang organisasi ini terkesan mendukung dan menfasilitasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Akan tetapi dibaliknya ternyata terselip kepentingan pribadi dari Jepang. Setelah beberapa waktu BPUPKI akhirnya dibubarkan dan terbentuklah PPPKI yang merupakan hasil kesepakatan tokoh-tokoh Indonesia.

  • Kekalahan Jepang

Dari tahun 1942-1945 Jepang semakin melemah karena kekalahannya dari Amerika. Puncak dari kekalahan ini adalah ketika peristiwa pemboman di Hiroshima dan Nagasaki. Kekalahan Jepang atas sekutu ini membuat pemerintahan di Indonesia mengalami kekosongan yang menjadi awal dari kemerdekaan Indonesia.

  • Peristiwa Rengasdengklok

Baca juga : Sejarah Lahirnya Pancasila yang Tak Boleh Dilupakan Bangsa Indonesia

Mendengar berita kekalahan Jepang, golongan muda semakin ingin untuk memanfaatkan momen ini guna memproklamirkan kemerdekaan. Oleh karena itu, golongan muda memutuskan untuk mengasingkan Soekarno dan Hatta ke suatu tempat yang tidak dapat dipengaruhi oleh pihak-pihak luar lainnya. Pada tanggal 16 Agustus 1945 Soekarno dan Hatta dibawa dan diasingkan ke Rengasdengklok untuk meyakinkan keduanya agar memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

  • Proklamasi Kemerdekaan

Malam hari setelah peristiwa Rengasdengklok tersebut Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta untuk menemui Jenderal Yamamoto. Pertemuan ini dilakukan untuk meyakinkan keduanya bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu. Setelah pertemuan itu disiapkanlah teks proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik. Naskah proklamasi tersebut kemudian dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pagi harinya. Pada awalnya pembacaan proklamasi akan dilakukan di Lapangan Ikada. Akan tetapi ternyata pasukan Jepang sudah siap siaga menjaga jalan menuju ke Lapangan Ikada. Pada akhirnya naskah proklamasi dibacakan pukul 10.00 WIB di Jl. Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta oleh Ir. Soekarno.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan