Sejarah Hello Kitty, Apakah Benar Berkaitan Dengan Iblis?

Diposting pada

Hello Kitty ialah nama karakter dari Jepang dengan bentuk kucing warna putih dan hiasan pita di telinga sebelah kiri. Ciri khas lain adalah badan yang gemuk serta tidak dilengkapi mulut. Tampilannya yang lucu membuat aneka pernik Hello Kitty seringkali diidentikkan dengan anak perempuan. Di balik tampilannya yang lucu, sejarah Hello Kitty terbilang menyeramkan. Terutama sejarah Hello Kitty tidak punya mulut. Menurut kisah-kisah yang beredar, Hello Kitty diciptakan pada 1970 oleh wanita yang memiliki anak perempuan usia 14 tahun. Sang anak didiagnosa menderita kanker mulut dan dokter memberitahu bahwa kondisi anaknya sudah sangat parah serta tak dapat disembuhkan lagi.

Sejarah Hello Kitty dan Wujud Asli Hello Kitty

Sejarah Hello Kitty, Apakah Benar Berkaitan Dengan Iblis?

Baca juga : Sejarah Akuntansi Dunia Dan Indonesia

Sang ibu menolak putus asa dan mengunjungi tiap gereja guna berdoa demi kesembuhan sang putri. Saat semua usahanya tak membuahkan hasil, ia lalu melakukan ritual perjanjian dengan iblis. Agar kanker yang diderita anaknya bisa disembuhkan, sang iblis meminta bayaran. Si ibu harus membuat satu karakter yang bisa menarik perhatian anak-anak di seluruh dunia. Iblis akan menggunakan popularitas kartun ini untuk menjaring anak-anak masuk dalam penyembahan setan. Sang ibu menepati janjinya dengan membuat Hello Kitty. Konon, inilah mengapa wujud asli Hello Kitty tidak memiliki mulut, karena  sang putri juga menderita kanker mulut. Kata Kitty sendiri dapat diartikan sebagai iblis dalam bahasa Cina, sehingga Hello Kitty berarti Halo Iblis.

Sejarah Asli Hello Kitty

Namun, apakah sejarah Hello Kitty di atas benar adanya? Hingga sekarang belum ada yang dapat membuktikan kebenaran cerita tersebut, di mana latarnya atau siapa nama dari tokoh ibu dan anak perempuannya. Dikutip dari berbagai sumber yang lebih bisa dipercaya, berikut adalah sejarah asli dari tokoh Hello Kitty.

  1. Hello Kitty diciptakan oleh perancang Sanrio bernama Shimizu Ikuko pada 1974. Penjualan barang-barang Hello Kitty sendiri baru dimulai pada 1975. Kala itu, barang pertama berbau Hello Kitty adalah dompet kecil yang disebut sebagai Puchi Purse seharga 240 yen.
  2. Karakter barang Hello Kitty belum diberi nama pada 1974 hingga 1975. Barulah pada dompet Puchi Purse yang tertulis kata Hello, nama Hello Kitty mulai digunakan. Nama Kitty diambil dari karakter Kitty White atau “kucing putih tak bernama” yang diambil dari kisah dongeng Alice Through The Looking Glass. Dari sejarah Hello Kitty ini terbukti bahwa kata Kitty lebih merujuk pada kucing, bukan iblis.
  3. Pada beragam produk awalnya, Kitty digambarkan dalam posisi duduk. Barulah pada 1977, Kitty digambarkan sedang berdiri.
  4. Hello Kitty menjadi populer pada 1996 saat penyanyi Jepang yang tengah populer saat itu, Kahara Tomomi, mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty. Sementara titik terendah dari popularitas Kitty terjadi pada 1980an saat terjadi pergantian desainer dari Yonekubo Setsuko menjadi Yamaguchi Yuko.
  5. Sejarah Hello Kitty berlanjut saat pada 2004, Kitty dinobatkan sebagai teman khusus anak-anak oleh UNICEF. Kitty juga telah dua kali menjadi duta UNICEF, yaitu pada 1983 serta 1994.

Baca juga : Sejarah Tenis Meja dan Awal Mula Adanya

Jika cerita Hello Kitty asli tidak seram sama sekali dan murni sebagai bisnis, lalu dari mana datangnya kisah seputar sang ibu yang melakukan perjanjian dengan iblis demi kesembuhan kanker mulut anaknya itu? Hal ini tak lepas dari teori-teori konspirasi yang tak berdasar dan tidak memiliki bukti sama sekali. Kita tidak perlu khawatir dan mempertanyakan apakah Hello Kitty itu iblis. Karena nyatanya Hello Kitty adalah karakter kartun kucing yang dibuat oleh perusahaan Jepang dan masih populer hingga saat ini.

Loading...

Tinggalkan Balasan