Sejarah G30SPKI Sejarah Kelam Indonesia

Posted on

Peristiwa yang sudah menjadi sejarah besar bagi Indonesia yaitu sejarah G30S PKI atau mungkin dengan lengkapnya bisa lebih dikenal sebagai Peristiwa Gerakan 30 September atau biasanya disingkat Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh) atau ada juga yang menyebutnya Gestok (Gerakan Satu Oktober). Kronologi G30S PKI ini merupakan peristiwa yang sangat bersejarah yang telah terjadi di Indonesia di waktu malam hari tepatnya pada malam tanggal 30 September sampai 1 Oktober 1965. Di malam 30 September ini, gerakan ini menculik dan juga membunuh tujuh perwira tinggi dari militer Indonesia dan yang lainnya karena mereka diduga sedang merencanakan dan akan melakukan sebuah kudeta. Namun percobaan untuk kudeta itu sudah berhasil di gagalkan, serta pada saat itu sudah tersebar isu menyatakan bahwa dalang penumpasan pengkhianatan G30S PKI-lah yang bertanggung jawab atas peristiwa pada 30 September yang sudah membunuh banyak nyawa. Bahkan masih ada yang bingung dan bertanya-tanya sebenarnya untuk kejelasan apakah peristiwa tanggal 30 September malam itu ada hubungannya dengan PKI atau tidak.

Sejarah G30SPKI Sejarah Kelam Indonesia

Baca Juga : Apa Itu Integrasi Serta Macam-Macam dan Faktornya?

Sebenarnya, adapun latar belakang sebelum peristiwa G30S PKI, tercatat bahwa PKI atau Partai Komunis Indonesia ini merupakan Partai Komunis yang sudah dinyatakan partai yang terbesar di seluruh dunia di tahun 1965. Bahkan anggota PKI juga sudah berjumlah hingga berjuta-juta jiwa yaitu 3,5 juta jiwa, anggota ini pun belum juga termasuk dengan adanya sekitar 3 juta jiwa untuk kader PKI yang telah bergerak di sebuah pergerakkan pemuda.

Selain itu, PKI ini juga sudah menguasai serta mengawasi beberapa pegerakkan dan organisasi yang ada di Indonesia termasuk Presiden Soekarno. Beberap pergerakan yang telah dikuasai PKI adalah:

  • Pergerakan Serikat Buruh sebanyak 3,5 juta jiwa
  • Organisasi Penulis
  • Organisasi Artis
  • Pergerakan Sarjana
  • Barisan Tani Indonesia sebanyak 9 juta jiwa
  • Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia)

Partai Komunis Indoneisia (PKI) ini telah memiliki kurang lebihnya sebanyak 20 juta jiwa anggota dan juga pendukung yang membantu jalannya rencana-rencana mereka. Selain itu, PKI iniadalah salah satu partai komunis yang memang paling dekat dan sudah mendapatkan dukungan penuh dari Presdien Republik Indonesia, yaitu Soekarno. Karena itulah PKI ini merupakan partai yang kuat dan benar-benar sudah memiliki kekuatan yang penuh, sehingga mungkin rasanya seperti bunuh diri apabila PKI ini dibubarkan begitu saja.

Namun dengan mendapatkan kekuatan yang penuh serta adanya dukungan dari orang terdekat Presiden RI, di awal tahun 1965 PKI memberikan saran kepada Presiden untuk mendirikan sebuah pergerakan yaitu Angkatan Kelima untuk pertahanan serta keamanan negara Indonesia. Anggota Angkatan Kelima ini merupakan seorang petani atau buruh yang telah dilatih. Sebenarnya beberapa pergerakan lainnya seperti ABRI tidak setuju dengan pembentukan ini dan mencurigai adanya rencana kudeta dari PKI kepada Presiden. Serta telah mencurigai konflik yang menjadi adanya penyebab dari Gerakan 30 September.

Baca Juga : Kronologi Terjadinya Pengkhianatan G30S PKI

Peristiwa G30S PKI ini yang dilaukan tanggal 30 September – 1 Oktober 1965 ini nyatanya membunuh enam jenderal yang merupakan seorang perwira-perwira tinggi dari Angkatan Darat dan dibuang ke dalam Sumur Maut yang berada di Lubang Buaya, Jakarta. Pada saat itu, pemimpin PKI adalah Letkol Untung. Sejak saat itu, banyak rakyat Indonesia yang mengalami kesengsaraan dan kemiskinan. Adapun beberapa isu yang dicurigai terlibat dengan peristiwa G30S ini yaitu keterlibatan isu dewan jenderal, isu dokumen gilchrist, dan isu adanya keterlibatan Soeharto yang seorang dalam dibalik peristiwa kudeta tersebut. Itulah singkat penjelasan tentang sejarah G30S PKI yang perlu kita ketahui.

 

Leave a Reply