Sejarah Dunia

Diposting pada

Sejarah peradaban manusia di dunia berhubungan erat dengan tata cara untuk hidup dan menjaga lingkungan. Bahkan tata cara yang sekarang merupakan perkembangan dari peradaban sebelum kita yaitu peradaban kuno. Bahkan sampai detik ini pun pengaruhnya masih terasa hingga sekarang. Menurut sejarah dunia, setidaknya ada 6 peradaban kuno yang sampai sekarang masih diadopsi untuk perkembangan budaya pada masyarakat zaman sekarang. Berikut ini adalah peradaban dunia yang masih terdapat sisanya hingga sekarang.

Sejarah Dunia Sebelum Masehi

Sejarah Dunia

Baca juga : Sejarah Perkembangan Internet di Dunia dari Masa ke Masa

Peradaban Maya merupakan sejarah dunia sebelum masehi. Peradaban Maya kuno ini berasal dari Amerika Tengah sekitar 2600 SM. Pada saat itu, peradaban Maya kuno merupakan peradaban yang paling canggih. Pada zaman tersebut, populasinya sangat besar yaitu sekitar 19 juta orang pada puncaknya. Bahkan setelah 700 SM, bangsa Maya kuno sudah bisa merancang sendiri penulisan ala mereka. Menggunakan penulisan Maya kuno untuk membuat kalender surya. Kalender ini mereka ukir di batu dengan tangan mereka sendiri.

Sejarah dunia pun berlanjut ke peradaban Mesir kuno. Untuk peradaban yang satu ini tentu saja sangat terkenal. Bahkan kita pasti tahu apa itu piramida dan sphinx. Kedua hal tersebut merupakan bukti dari kemajuan yang ada di peradaban Mesir kuno. Peradaban mesir kuno merupakan peradaban zaman Raja Firaun yang megah dan berlokasi di tepi Sungai Nil. Peradaban Mesir kuno ini justru lebih lama daripada peradaban Maya kuno yaoti sekitar 3150 SM. Namun ada juga yang mengatakan bahwa peradaban Mesir kuno sudah ada di lembah Nil sejak awal 3500 SM.

Sejarah Peradaban Dunia

Sejarah peradaban dunia juga tak lepas dari peradaban Yunani. Meskipun sejarah mencatat bahwa peradaban Yunani bukanlah yang tertua di dunia, namun peradaban ini juga sangat penting untuk peradaban kita. Yunani turut berkontribusi pada peradaban manusia zaman sekarang. Banyak sekali hal-hal dari Yunani kuno yang sangat penting dan digunakan hingga sekarang. Contohnya adalah konsep senar dan demokrasi, perlombaan Olimpiade, serta rumus-rumus yang bisa kita temukan pada Matematika, Bilogi, dan Fisika.

Menurut sejarah, peradaban Mesopotamia adalah peradaban yang paling tua di dunia. Bahkan peradaban ini sudah ada sejak evolusi manusia. Sejarah mengatakan bahwa Mesopotamia kuno sudah ada sejak 3.300 SM hingga 750 SM. Sejarawan banyak yang beranggapan bahwa Mesopotmia adalah peradaban pertama dimana para masyarakat benar-benar mulai membentuk komunitas yang tertata. Mereka dapat hidup makmur di wilayah yang sekarang kita ketahui sebagai irak. Nama lain dari peradaban Mesopotamia adalah Sumeria, Asyur, dan Babilonia.

Sejarah Dunia Kuno

Sejarah dunia kuno pun juga tidak bisa lepas dari peradaban China. Tentu kita paham Dinasti Han yang merupakan kekaisaran China kuno. Dinasti ini mempunyai sejarah yang paling beragam di antara dinasti yang pernah ada di China. Bisa disebut juga sebagai peradaban Sungai Kuning, peradaban ini juga turut berkontribusi pada peradaban manusia yang sekarang. Di tempat inilah seluruh peradabn China ada. Sungai Kuning merupakan lokasi dimana dinasti China yang pertama berdiri. Peradaban China dimulai 2700 SM.

Baca juga : Sejarah Batik Menjadi Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia

Sejarah dunia yang juga turut berkontribusi dalam peradaban kita juga berasal dari suku Inca. Peradaban ini berlokasi di Amerika Selatan pada zaman pra-Columbus. Sekarang peradaban Inca di dunia modern adalah negara Chili, Peru, dan Ekuador. Tentunya Anda tahu Machu Pichu yang terletak di Peru? Itulah salah satu bukti peradaban Inca. Demikian sekilas tentang peradaban dunia yang membantu kehidupan manusia.

Loading...

Tinggalkan Balasan