Sejarah Candi Prambanan

Diposting pada

Sering orang-orang menduga bahwa candi Prambanan itu sama seperti candi Borobudur. Padahal kedua candi tersebut amatlah berbeda dari segi bentuk dan juga letaknya. Jika candi Borobudur itu letaknya di Magelang, maka candi Prambanan itu berada di Yogyakarta. Untuk sejarah candi Prambanan juga berbeda dengan sejarah candi Borobudur. Yogyakarta sudah terkenal dari dulu sebagai kota wisata. Dengan berbagai kerajinan dan juga sejarah yang ada di sana, membuat daya tarik wisatawan tiap tahunnya terus bertambah.

Terutama untuk kunjungan wisata candi Prambanan juga terus meningkat meskipun candi tersebut pernah rusak akibat gempa bumi yang hebat beberapa tahun yang lalu. Meski kita pernah ke sana, akan tetapi masih banyak yang kurang mengetahui perihal sejarah candi Prambanan yang penuh akan pembelajaran yang menarik. Berikut sejarah dari candi tersebut secara lengkap!

Sejarah Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan

Baca juga : Sejarah Kerajaan Majapahit

Sejarah candi Prambanan pada awalnya sudah berdiri sejak tahun 9 Masehi yang lalu. Akan tetapi, ditemukanlah sebuah prasasti yang bernama prasasti Shivaghra yang menyebutkan bahwa candi tersebut telah ada sejak 856 Masehi. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Dan karena prasasti itulah, membuat pertanyaan-pertanyaan para sejarawan sedikit demi sedikit terjawab untuk bisa menyusun sebuah kronologis sejarah candi Prambanan dan juga misteri candi Prambanan yang sangat melegenda ini. Pada zaman dahulu, ternyata candi Prambanan menjadi pusat pemerintahan bagi sebuah kerajaan. Karena bangunan candi Prambanan yang amat megah, membuat candi tersebut menarik perhatian Raja Sanjaya dari kerajaan Mataram untuk bisa menguasai candi tersebut untuk dijadikan sebagai pusat pemerintahan kerajaan.

Raja Sanjaya tidak bertahan lama dalam kepemimpinannya yang mana harus digantikan oleh Mpu Sendok sebagai rajanya. Dan pada era kepemimpinan Mpu Sendok ini, terjadi pemindahan ibu kota Mataram dari Yogyakarta ke Jawa Timur. Pemindahan ini ada alasan yang membuat Mpu Sendok melakukannya. Hal ini dikarenakan karena adanya letusan gunu Merapi di Yogyakarta. Namun ada cerita rakyat candi Prambanan bahwa pemindahan tersebut diakibatkan adanya perebutan kekuasaan.

Cerita Rakyat dan Runtuhnya Candi Prambanan

Karena pemindahan candi tersebut, membuat runtuhnya candi Prambanan yang mengakibatkan hanya menyisakan puing-puing bangunan saja. Apalagi pada abad ke 16 terjadi sebuah gempa yang cukup hebat, yang mengakibatkan candi tersebut tidak bisa diselamatkan lagi. Akibatnya kerajaan Mataram pun pindah ke Jawa Timur. Dan sebagai gantinya, katanya dulu dibangunlah Dinasti Isyana sebagai pengganti kerajaan Mataram.

Karena gempa yang melanda dan merubuhkan bangunan candi hingga parah, candi Prambanan sempat terkubur tanah hingga ratusan tahun. Untunglah pada tahun 1733 candi ini kembali ditemukan oleh C.A Lons. Candi yang ditemukan pertama kali adalah candi Syiwa, dan karena penelitian yang lebih lanjut, maka banyak ditemukan berbagai candi di sekitar sana. Dengan banyaknya penemuan-penemuan candi tersebut, maka dilakukanlah pemugaran candi yang diperkasai oleh pemerintahan Hindia Belanda zaman dulu. Pemugaran candi dimulai pada 1926 dan selesai pada 1953. Untuk peninggalan-peninggalan bersejarah yang tertinggal di dekat-dekat candi juga disimpan. Namun, ada yang mengatakan kalau peninggalan-peninggalan dan juga prasasti bersejarah yang asli dibawa oleh orang Belanda dan yang di Indonesia adalah bentuk tiruannya.

Baca juga : Sejarah Nabi Muhammad SAW

Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus tetap menjaga kekayaan Negara. Jangan sampai kekayaan kita diambil oleh Negara lain dan diakui mereka sebagai kekayaan mereka sendiri.

Loading...

Tinggalkan Balasan