Sejarah Atletik di Dunia Olahraga

Diposting pada

Pengertian Sejarah atletik adalah salah satu cabang olahraga yang populer di dunia. Olahraga yang satu ini terdiri dari beberapa sub cabang olahraga seperti lompat, lempar, dan lari. Artikel kali ini akan membahas tentang sejarah dari olaharga yang satu ini agar Anda bisa mengerti lebih jauh tentang atletik. Olahraga yang merupakan gabungan dari beberapa cabang olahraga ini dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu lompat, lembpar, dan lari. Kata “atletik” sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani “Athlon” yang mempunyai arti “kontes”. Pada mulanya, olahraga atletik diselenggarakan dengan satu tujuan yaitu untuk mengetahui siapa yang paling tinggi, paling cepat, dan paling kuat. Olahraga yang satu ini juga diperlombakan pada Olimpiada pertama yaitu pada tahun 776 SM. Olahraga atletik juga sering disebut sengaia ibu dari cabang olahraga lainnya. Di Indonesia sendiri ada Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau PASI yang merupakan organisasi bagi olahraga atletik.

Sejarah Atletik

Sejarah Atletik di Dunia Olahraga

Baca juga : Sejarah Dunia

Sejarah atletik bermula dari negara Yunani. Negara tempat para dewa dewi ini adalah negara yang mengadakan perlombaan olahraga atletik. Menurut sejarah singkat atletik, olahaga ini juga dikenal dengan sebutan pentathlon atau panca lomba. Ada juga yang menyebutnya sebagai decathlion atau dasa lomba. Jika berkaca dari negara tempat olahraga ini berasal, ada sebuah buku karya Hemerun yang menceritakan tentang petualangan Odysus saat dia berkunjung ke sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan Yunani. Lalu kepala suku pun menymbut Odysus dan mengadakan upacara penyambutan. Di upacara itulah ada beberapa lomba yang diselenggarakan seperti tinju, lompat, lari, gulat, dan lempar cakram. Lalu pada tahun 776 SM, Yunani pun secara resmi menyelenggarakn olimpiade. Pada perlombaan tersebut, pemenangnya akan menjadu juara Petahlon.

Sejarah Atletik Dunia

Sejarah atletik dunia pun dilaksankan berdasarkan usulan dari Baron Peire Louherbin yaitu seseorang yang berasal dari Perancis. Pada tahun 1896 diselenggarakan olimpiade dimana medali diperbutkan oleh para atlit. Dan pada tahun itulah, olimpiade internasional pertama dilaksanakan di Athena, Yunana. Sejarah atletik pun terbentuk lagi dari acara ini. Lalu pada tanggal 17 Juli 1912, Organisasi Olahraga Atletik dibentuk di Stocklom, Swedia. Organisasi ini pun terbentuk bersamaan dengan diselenggarakannya olimpiade kelima.

Sejarah Atletik di Indonesia

Bagaimana dengan sejarah atletik di Indonesia? Di negara kita, atletik baru terbentuk pada tanggal 3 September 1950. Lalu pemerintah pun mendukung olahraga ini dengan membentuk Persatuan Atletik Seluruh Indonesia.

Olahraga atletik bisa dibilang merupakan induknya olahraga. Hal ini karena atletik mempunyai banyak cabang. Jadi, cabang olahraga dalam perlombaan atletik pun dikelompokkan menjadi momor lompat, lari, dan lempar. Untuk olahraga lari sendiri pada atletik menjadi salah satu olahraga yang selalu diperlombakan saat atletik. Olahraga lari pun dibagi menjadi 3 macam. Yang pertama ada lari jarak pendek dengan jarak, 100 m, 200 m, dan 400 m untuk putra dan putri. Yang kedua adalah lari jarak menengah dengan jarak 800 m, 1500 m, dan 3000 m untuk putra dan putri. Sedangkan untuk lari jarak jauh jaraknya adalah 5000 m dan 10000 m untuk putra dan putri.

Baca juga : Sejarah Perkembangan Internet di Dunia dari Masa ke Masa

Olahraga lari lainnya yang ada dalam perlombaan atletik antara lain lari estafet, lari gawang, dan lari marathon.Sedangkan untuk lomba lompat ada lompat tinggi, lompat jauh, dan lompat jangkit. Dan olahraga yang terakhir adalah lempar. Demikian sejarah atletik yang bisa kami sampaikan.

Loading...

Tinggalkan Balasan