Sejarah Android Hingga Menjadi Sistem Operasi Terpopuler Di Dunia

Diposting pada

Perkembangan teknologi informasi di abad ke-21 berkembang dengan sangat pesat. Salah satu produknya adalah ponsel pintar atau smartphone yang dioperasikan dengan sistem operasi Android. Sejarah Android tercatat sejak gagasannya lahir dari Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Mereka mendirikan perusahaan bernama Android, Inc. pada tahun 2003 di California.

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android

Baca juga : Sejarah Basket

Pada 17 Agustus 2005, sejarah perkembangan sistem operasi Android mengalami titik balik setelah Google merangkul Android, Inc. di bawah naungannya. Akhirnya, diluncurkanlah ponsel seluler pertama yang berbasis Android pada 22 Oktober 2008 yaitu HTC Dream.

Mari kita ulas perkembangan sistem Android dari versi 1.0 menjadi 7.0 Nougat di bawah ini.

  • Android 1.0

Tahun 2008 menandai sejarah Android pertama yaitu Android 1.0 yang sistem operasinya masih sangat sederhana. Namun, pada Android 1.0 mulai diperkenalkan fitur menggulir layar ke bawah untuk mengecek notifikasi (pull down notification). Selain itu, ada juga fitur Gmail, “Market” (nantinya menjadi Google Play Store), dan widget aplikasi.

  • Android 1.5 Cupcake

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Android menggunakan istilah kudapan manis sebagai penamaan sistem operasi. Ponsel dengan sistem Android 1.5 Cupcake sudah menggunakan keyboard pada layar sentuh dan perekaman video. Widget aplikasi berkembang untuk bisa dikembangkan oleh pihak ketiga layaknya aplikasi bawaan Google.

  • Android 1.6 Donut

Masih di tahun 2009, Android 1.6 Donut diluncurkan untuk bisa diaplikasikan pada perangkat mobile dengan beragam ukuran layar. Diperkenalkan juga fitur pencarian dimana pengguna bisa mencari informasi kontak, file lokal, atau internet lewat kolom pencarian.

  • Android 2.0 Éclair

Mengakhiri tahun 2009, Android 2.0 Éclair berhasil melahirkan fitur layanan navigasi Google Maps. Éclair juga menandai sejarah perkembangan Android yang pertama kali memperkenalkan HTML5 pada peramban sehingga ponsel mampu memutar video. Selain itu, Éclair juga mulai menggunakan mekanisme swipe untuk membuka kunci layar (unlock screen).

  • Android 2.2 Froyo

Bersamaan dengan meluncurkan Android 2.2 Froyo tahun 2010, Google juga melahirkan ponsel baru yaitu Nexus One. Panel layar (home screen) di Nexus One didesain dengan 5 panel. Selain itu, mekanisme penguncian layar tidak hanya dengan pattern lock, tetapi juga menggunakan PIN.

  • Android 2.3 Gingerbread

Android ini lahir untuk mendukung kebutuhan selfie dengan kamera depan yang mulai merambah masyarakat tahun itu. Sistem operasi Gingerbread juga mulai mendukung fitur multitouch atau kemampuan memencet keyboard virtual secara bersamaan.

  • Android 3.0 Honeycomb

Kemampuan tombol virtual untuk home, menu, dan back diperkenalkan lewat Honeycomb tahun 2011, walaupun baru ditujukan untuk perangkat tablet yang tengah populer.

  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Kemampuan tombol virtual mulai diterapkan pada smartphone ditambah dengan beberapa fitur baru seperti face unlock, penggunaan data internet, dan aplikasi bawaan vendor seperti kalender, kalkulator, dan lainnya.

  • Android 4.1 Jellybean

Tahun 2012, fitur scroll ke bawah bisa diterapkan untuk melihat informasi lain seperti email, agenda, dan laporan cuaca. Layanan asisten digital yaitu Google Now pun mulai terkenal sejak era Jellybean.

  • Android 4.4 KitKat

KitKat hadir ditahun 2013 dengan melahirkan fitur terkenal yaitu OK Google dimana pengguna bisa melakukan perintah pencarian lewat suara. Selain itu, ada juga aplikasi pesan singkat yaitu Hangouts.

  • Android 5.0 Lollipop

Desain sistem operasi Android Lollipop di tahun 2014 menjadi lebih halus dan terintegrasi. Fitur yang baru hanyalah dukungan untuk mengedit gambar dengan format RAW sehingga tidak akan mengurangi kualitas gambar.

  • Android 6.0 Marshmallow

Desain Marshmallow menjadi sangat dinamis dan lebih nyaman digunakan. Hadir fitur memory manager, pengaturan volume yang berbeda-beda, dan sensor pemindaian sidik jari sebagai mekanisme pengamanan.

  • Android 7.0 Nougat

Nougat lahir di tahun 2006 dengan memperkenalkan Google Assistant yang menggantikan Google Now.Sistem operasinya juga memungkinkan split screen untuk layar multitasking.

Baca juga : Fakta dan Sejarah Google

Perkembangan Android mulai menjadi sangat pesat hampir setiap tahunnya. Selain itu, sejarah Android juga sekaligus menandai sejarah berkembangnya kecanggihan smartphone hingga saat ini.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan