Sejarah Akuntansi Dunia Dan Indonesia

Sejarah Akuntansi Dunia Dan Indonesia

Posted on

Sejarah Akuntansi dan Manfaatnya Bagi Dunia

Sejarah Akuntansi Dunia Dan Indonesia

Baca juga : Mengulang Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

Sejarah akuntansi ternyata sudah tua, yaitu bermula sejak tahun 1494 atau sekitar abad 14 Masehi. Ilmu akuntansi pertama kali dipublikasikan oleh Luca Pacioli melalui bukunya yang berjudul Suma de Aritmatica, Geometrica Proortioni et Propostionallia. Buku teresebut merupakan buku ekonomi dimana dalam salah satu babnya yaitu yang berjudul Tractus de Computies et Scriptoris, Luca Pacioli mengajarkan sistem pembukuan berpasangan. Sistem pembukuan berpasangan merupakan cikal bakal akuntansi dan merupakan sistem pencatatan semua transaksi yang meliputi debet dan kredit. Debet dan kredit merupakan dua hal pokok dalam perhitungan akuntansi dimana keduanya haruslah dalam posisi yang seimbang. Manfaat akuntansi dari perhitungan debet dan kredit ini membuat buku laporan keuangan dapat disusun secara terstruktur dan sistematis. Sejarah akuntansi semakin berkembang dan diberi nama berbeda-beda di berbagai negara seperti contohnya sistem Anglo Saxon di Amerika atau sistem Kontinenatal di Belanda.

Akuntansisendiri di dunia terus berkembang sejak Luca Pacioli mempublikasikannya dalam karya bukunya. Pada tahun 1775, mulai diperkenalkan pembukuan dengan menggunakan sistem single entry dan double entry. Tahun 1880, neraca sudah mulai digunakan masyarakat untuk membuat laporan perusahaan. Tahun 1825, financial auditing atau pemeriksaan keuangan mulai diterapkan. Tahun 1850, neraca digantikan oleh laporan keuntungan atau laba dan kerungian karena dianggap lebih penting dalam mengetahui keuntungan yang diperoleh perusahaan. Tahun 1900-an di Amerika akuntansi menjadi salah satu profesi yang diperkenalkan dengan melalui sertifikasi profesi yang diperoleh melalui ujian yang dilaksanakan secara nasional. Tahun 1975, dimana teknologi sudah semakin berkembang, ilmu akuntansi kemudian dipadukan dengan perkembangan teknologi komputer dalam pengolahan data akuntansi.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Ada berbagai pengertian akuntansi menurut para ahli yang harus diketahui, terutama bagi mereka yang berkonsentrasi pada bidang ilmu ini. Menurut American Institute of Certified Public Accounting atau AICPA, akuntansi merupakan seni pencatatan dari transaksi keuangan dan meringkasnya menjadi pencatatan dalam ukuran fiskal. Menurut Chareles T. Horngren dan Walter T. Harison, akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang memproses data keuangan menjadi laporan untuk mengukur aktivitas bisnis. Pengertian akuntansi tersebut tentu saja kemudian semakin berkembang seiring perkembangan dari sejarah akuntansi itu sendiri.

Sejarah Akuntansi di Indonesia

Baca juga : Sejarah Isis, Sejarah Berdarah Timur Tengah

Ilmu akuntansi juga dipelajari di Indonesia bahkan sejak zaman Belanda. Sejarah akuntansi di Indonesia menggunakan sistem akuntansi yang dicetuskan oleh Luca Pacioli, sejak Indonesia masih berada di bawah pemerintahan kolonialisme Belanda. Bahkan, sejarah akuntansi di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia itu sendiri, yaitu seperti peristiwa Irian Barat. Ketika konfrontasi Irian Barat terjadi pada tahun 1957 yang berakibat pada ditarikanya seluruh pelajar Indonesia di Belanda dan dialihkan untuk belajar ke negara-negara lain. Selain konfrontasi Irian Barat, penanaman modal asing atau PMA juga memberikan dampak pada ilmu akuntansi di Indonesia yaitu sistem Anglo Saxon yang telah dipelajari di Indonesia sejak tahun 1960-an. Profesi akuntan di Indonesia pun mulai muncul dan diminati pada sekitar tahun 1942 sampai 1945 ketika Indonesia merdeka. Hal ini merupakan kesempatan yang diperoleh setelag Belanda kalah dan harus meninggalkan Indonesia.

Leave a Reply