Sedikit Cerita G30S PKI Lengkap sebagai Bagian dari Sejarah Indonesia

Sedikit Cerita G30S PKI Lengkap sebagai Bagian dari Sejarah Indonesia

Posted on

Peristiwa G30S/PKI memang menjadi sebuah peristiwa yang sangat kelam saat membacanya di buku-buku sejarah. Peristiwa yang mengorbankan banyak nyawa ini digambarkan sebagai peristiwa yang sangat tragis. Dari beberapa sumber, belum ada yang mampu memberikan cerita G30S PKI lengkap. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya pandangan-pandangan dan dugaan-dugaan baru dari setiap peristiwa yang melibatkan salah satu partai yang pernah menjadi partai terbesar di Indonesia ini. Dari berbagai cerita G30S PKI, tentunya sudah sedikit banyak masyarakat yang mengetahui tentang konflik kekerasan di masa lalu Indonesia ini.

Versi Cerita G30S PKI Lengkap

Sedikit Cerita G30S PKI Lengkap sebagai Bagian dari Sejarah Indonesia

Baca juga : Kisah Tragis Pembantaian PKI di Banyuwangi

Dari beberapa versi yang menyatakan cerita G30S PKI lengkap mengatakan bahwa sebenarnya perstiwa ini dijadikan sebuah “aji mumpung” bagi para pihak-pihak tertentu untuk mengambil keuntungan kekuasaan atas terjadinya chaos atau konflik kekerasan di beberapa daerah di Indonesia ini. Namun, beberapa sumber juga mengatakan bahwa peristiwa ini memang murni didalangi oleh pihak PKI (Partai Komunis Indonesia) sendiri. Dari berbagai versi inilah disimpulkan bahwa hingga kini belum ada kisah yang merangkum semua hal yang menjadi titik terang dari kebenaran yang telah terjadi ini.

Kronologi dan Latar Belakang Peristiwa G30S PKI

Meskipun demikin, peristiwa yang berawal di Madiun, Jawa Timur ini menjadi sebuah peristiwa yang tidak bisa dilupakan bahkan dihapuskan dari sejarah Indonesia sendiri. Adapun beberapa kronologi G30S PKI yang dapat membantu untuk meemukan titik terang dari peristiwa yang kelam ini. Lalu, sebenarnya apa latar belakang peristiwa G30S PKI? Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa sebenarnya ada beberapa penyebab yang memicu terjadinya persitiwa ini.

  • PKI Partai Besar

PKI merupakan sebuah partai terbesar yang pernah ada di Indonesia. Dengan menggandeng berbagai lapisan masyarakat, PKI berhasil menjadi sebuah partai yang kuat dan besar di Indonesia. Kedua, pihak kelompok kiri pun semakin yakin bahwa petinggi pemerintah pada era tersebut telah dipengaruhi oleh Amerika secara kuat. Ketiga, adanya Nasakom (Nasionalis, Agama, dan Komunis) menjadi jalan terbuka bagi PKI untuk menduduki kekuasaan pemerintahan Republik Indonesia. Keempat, pecahnya konflik ini diduga dipantik oleh adanya seruan dari Presiden Soekarno kepada masyarakat Indonesia untuk memilih Musso-Amir Syarifuddin atau Soekarno-Hatta.

Dari beberapa sumber cerita G30S PKI lengkap menyebutkan bahwa peristiwa penculikan hingga pembunuhan terus bergulir. Adanya penculikan dan pembunuhan para perwira TNI, perwira Polisi, hingga tokok-tokoh agama dari pesantren sekitar Madiun menjadi sebuah keresahan yang harus dihentikan. Hal inilah yang semakin menguatkan tindakan penuntasan PKI secara besar-besaran di Indonesia. Pada tanggal 1 Oktober 1965, Mayjen Soeharto memimpin aksi operasi penumpasan G30S/PKI dengan melakukan beberapa strategi utama. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menetralisir pasukan-pasukan yang berada di bawah pengaruh PKI, yakni pasukan dari Batalyon 503/Barwijaya dan Batalyon 545/Diponegoro. Kedua pasukan ini pun ditarik  mundur dan berhasil disadarakan dari pengaruh PKI.

Baca juga : Latar Belakang Pemberontakan RMS dan Upaya Mengatasinya

Setelah itu, pasukan RPKAD menduduki dan mengamankan gedung telekomunikasi, RRI Pusat, seluruh wilayah Medan Merdeka, dan Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma bersama pasukan Batalyon 238 Kujang/Siliwangi. Tak lupa dilakukan pembersihan kampung-kampung di sekitar daerah Lubang Buaya untuk menghilangkan pengaruh kuat dari PKI. Berakhirnya peristiwa yang kelam ini ditandai dengan ditemukannya beberapa jenazah para jenderal yang telah menjadi korban G30S/PKI pada tanggal 3 Oktober 1965. Untuk memadamkan ketakukan, maka melalui siaran RRI masyarakat Indonesia dihimbau untuk tetap tenang. Demikianlah sedikit rangkuman peristiwa G30S PKI dari salah satu sisi yang mungkin bisa menjadi sebuah pembelajaran.

Leave a Reply