Peristiwa dan Sejarah Besar PKI Di Indonesia

Diposting pada

PKI atau Panti Komunis Indonesia menjadi salah satu partai yang akhirnya dilarang ada di Indonesia di masa-masa order masa lalu. Tidak hanya dilarang, beberapa orang yang secara terbuka menjadi anggotanya ditumpas habis dengan cara dianiaya dan dibunuh.

Rangkuman Peristiwa G30S PKI

Baca Juga : Pengertian Integrasi Nasional Dalam Sejarah Pergerakan Indonesia

Bahkan, banyak pula korban salah tangkap yang akhirnya dianggap anggota PKI padahal orang-orang tersebut belum terbukti terlibat di dalamnya. Bagi Anda yang sudah menamatkan bangku sekolah menengah pertama, tentu saja materi mengenai sejarah melawan PKI di Indonesia sudah pernah dipelajari sebelumnya. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas kembali dengan beberapa pembahasan yang dikhususkan pada sejarahnya saja.

Sejarah lengkap PKI di Indonesia bisa Anda dapatkan secara langsung dari beberapa artikel sejarah yang ada, buku-buku sejarah, bahkan juga bisa diakses dengan sangat mudah melalui penelusuran google. Namun ada satu hal yang perlu menjadi catatan ketika menggunakan internet sebagai sumber literasi mengenai sejarah perjuangan PKI di Indonesia karena masih maraknya situs-situs tidak bertanggung jawab yang membeberkan banyak sekali informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Pantai Komunis ini bahkan menjadi salah satu partai yang sangat populer sebelum akhirnya terjadi peristiwa mengenaskan gerakan 30 september atau sering disebut sebagai peristiwa G 30 SPKI.

Sejarah munculnya PKI di Indonesia sebagai partai terlarang berujung pada ketakutan yang mungkin sampai sekarang masih dirasakan oleh segelintir orang. PKI ini memiliki logo yang mungkin membuat setiap orang merinding ketika melihatnya yaitu berupa palu dan arit yang lebih memilih dan terfokus pada salah satu aliran politik komunis yang non-penguasa.

Berkiblat pada dua negara besar yang sudah terlebih dahulu maju dan sukses yaitu negara China dan negara Uni Soviet ( Rusia). Sejarah PKI di Indonesia dimulai di tahun 1914 ketika partai ini pertama kali berdiri dan akhirnya di tahun 1965 dibubarkan karena dianggap menentang aliran dan paham yang ada di Indonesia.

Sejarah PKI di Indonesia berakhir setelah adanya penumpasan dan pembunuhan yang dilakukan untuk menghilangkan aliran komunis di Indonesia. Tidak hanya anggotanya saja yang mendapatkan imbas kekejaman, keluarga dari orang-orang yang terlibat dengan partai komunis tersebut juga harus bersedia menerima rasa pahit yang amat sangat.

Mereka dikucilkan, bahkan mereka secara terang-terangan dihujat oleh banyak orang sehingga kesedihan bertubi-tubi dirasakan oleh siapa saja yang turut mengetahui masa PKI. Dengan menilik sejarah PKI di Indonesia ini tentu saja kita dihadapkan kepada dilema yang luar biasa. Bahwa di masa lalu tidak hanya negeri orang lain saja yang dilawan namun juga negeri sendiri.

Baca Juga : Bagaimana Sejarah G 30 S PKI Yang Sebenarnya Terjadi Di Indonesia Ini?

Gerakan G 30 S PKI yang akhirnya dicanangkan menjadi salah satu peristiwa besar yang sampai sekarang masih dikenang dan masih ada bukti sejarahnya. Saksi bahwa di masa lalu orang-orang Indonesia secara beringas saling membunuh, saling menganiaya, saling mengolok-olok dan tentu saja saling menyakiti satu sama lain di Indonesia. Hukum modern yang diterapkan di era sekarang jauh lebih manusiawi dan jauh lebih beradab daripada hukum-hukum yang ada di masa lalu.

Sejarah PKI di Indonesia mengajarkan kepada kita tentang banyak hal, bahwa sejatinya yang bisa diakhiri dari sebuah perjuangan tidak hanya berujung pada pembantaian saja. Pada beberapa referensi, mungkin Anda akan sangat dikejutkan oleh beberapa fakta menarik yang menyebutkan bahwa PKI lah yang menjadi dalang dari kekejaman ini, dan ada pula yang menyebutkan bahwa Soeharto lah yang menjadi dalang atas semua ini.

Loading...

Tinggalkan Balasan