Peran Pemuda dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Diposting pada

Ditetapkannya sumpah pemuda pada tanggal 20 Oktober 1928, diharapkan mampu menjadi gebrakan yang menggetarkan para pemuda sebagai harapan bangsa untuk bisa lebih maju dalam mempertahankan dan turut menjaga keutuhan NKRI. Generasi muda diharapkan mampu berperan untuk mengarahkan negara ke arah yang lebih maju secara sosial, politik, dan ekonomi. Karenanya, generasi muda harus memiliki rasa tanggung jawab yang sangat tinggi.

Cara Menjaga Keutuhan NKRI

Peran Pemuda dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Baca juga : Memahami Arti Kata Integrasi dan Jenis-jenisnya

Kalimat “masa depan bangsa ada di tangan pemuda”, seharusnya bisa menjadi semangat konstruktif bagi pemuda untuk terus berupaya membangun dan mewujudkan cita-cita bangsa, serta paham pentingnya menjaga kesatuan NKRI. Kontribusi pemuda begitu dibutuhkan untuk mengubah tatanan lama budaya bangsa menjadi pola pikir baru yang lebih segar. Sebab, jika menilik kebelakang, lahirnya Indonesia salah satunya juga atas dorongan para pemuda.

Kita semua paham, bahwa perjalanan bangsa Indoensia untuk mencapai kemerdekaan tidak dilalui dengan cara yang instan, melainkan dengan berbagai perjuangan yang meliputinya. Perjuangan ini dilakukan oleh para pahlawan dengan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Karenanya, para pemuda masa kini patut menunjukkan sikap rela berkorban. Sikap rela berkorban ditunjukkan dengan cara maing-masing, misalnya para atlet yang rela berkorban memperjuangan harkat martabat bangsanya.

Partisipasi pemuda dalam menjaga keutuhan NKRI dapat diwujudkan dengan berbagai cara, sesuai dimana dirinya berkembang, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, hingga masyarakat luas. Berikut ini beberapa cara yang bisa pemuda lakukan untuk tetap menjaga keutuhan NKRI, di antaranya:

  • Cara menjaga keutuhan NKRI di lingkungan keluarga

Partisipasi generasi muda dalam menjaga keutuhan NKRI harus dilakukan dari lingkup yang paling kecil, yaitu lingkungan keluarga. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan?

  1. Mematuhi dan menaati segala tata krama yang berlaku dalam keluarga
  2. Turut menjaga harta benda yang dimiliki keluarga
  3. Melaksanakan kegiatan sehari-hari secara tertib, bertanggung jawab, dan teratur
  4. Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
  • Cara menjaga keutuhan NKRI sebagai pelajar

  1. Menaati tata tertib yang berlaku di sekolah
  2. Hidup rukun dengan warga di sekolah
  3. Tidak memilih atau membeda-bedakan teman dalam bergaul
  4. Menerima teman tanpa mempertimbangkan perbedaan suku, agama, ras, bahasa, bdudaya, dan lain sebagainya
  5. Mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain
  6. Menggalang kerjasama tanpa melihat latar belakang perbedaan suku, agama, budaya, ras, dan lain sebagainya
  • Cara menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat

  1. Menjalin pergaulan antar suku bangsa
  2. Bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dari sampah
  3. Rutin melaksanakan kerja bakti di lingkungan perumahan
  4. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan dalam bertetangga
  5. Mengikuti organisasi lingkungan sekitar, seperti Karang Taruna atau organisasi pemuda wisata

Cara-cara tersebut bisa dijalankan, jika setiap pemuda memiliki sikap, seperti cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, dan rela berkorban. Sebab, sikap-sikap inilah yang bisa menguatkan integritas seluruh kalangan masyarakat, sehingga terciptanya kerjasama untuk menjaga keutuhan NKRI.

Baca juga : Cerita Singkat G30S PKI

Untuk para generasi muda, mulailah dari meningkatkan pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun nonformal. Tak hanya itu, generasi muda juga harus mampu memperbaiki moral diri sendiri dan menumbuhkan kembali rasa tanggung jawab untuk menjaga dan mempertahankan kesatuan NKRI. Jangan sampai di negara sendiri, bnagsa ini dijajah oleh negara lain. Para pemuda harus menerapkan semangat konstruktif Sumpah Pemuda dalam diri masing-masing, sehingga terciptanya rasa cinta tanah air.

Loading...

Tinggalkan Balasan