Pentingnya Mengatasi Ancaman Dan Tantangan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Pentingnya Mengatasi Ancaman Dan Tantangan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Meskipun masih tergolong negara berkembang, Indonesia sebenarnya menyimpan banyak kekayaan alam. Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki luas wilayah lautan 17.504 km2 dan 1.900.000 km wilayah daratan. Itulah mengapa Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia sangat melimpah. Kekayaan SDA Indonesia terkadang sering sekali menjadi tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI. Pasalnya, tak jarang banyak pihak yang egois ingin menguasai kekayaan alam Indonesia. Selain hal tersebut, sebenarnya banyak hal lain yang menjadi tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI, seperti halnya kondisi ekonomi, geografis, ataupun jumlah penduduk, dan lainnya.

Macam-Macam Tantangan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Pentingnya Mengatasi Ancaman Dan Tantangan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Baca Juga : Sejarah Pemberontakan PRRI dan Permesta

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang berlimpah, bahkan lebih dari 200 juta penduduk. Penduduk Indonesia berasal dari beragam suku, agama, dan ras. Perbedaan ini tentu sering sekali memunculkan kesalahpahaman yang terkadang berujung masalah dan perselisihan. Masalah yang terjadi antar suku, agama, ras, dan golongan (SARA) inilah yang bisa mengancam keutuhan NKRI. Oleh karena itu, agar tetap keutuhan NKRI tidak terpecahkan, dibutuhkan sikap toleransi yang tinggi. Jadikanlah sifat sering membedakan antar budaya dan agama sebagai pantangan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Selain masalah SARA, kondisi geografis juga menjadi faktor lain yang mengancam keutuhan NKR1. Kondisi geografis ternyata sering memunculkan konflik perbatasan di wilayah Asia Pasifik, termasuk untuk negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, konflik perbatasan sering terjadi antara Indonesia dengan Malaysia. Konflik perbatasan ini tak jarang membuat beberapa perselisihan yang akhirnya mengancam persatuan dan keutuhan NKRI.
Konflik lainnya yang juga sering muncul di perbatasan wilayah adalah penyelundupan narkoba, bahan peledak, dan bom, pelintasan batas kapal illegal, atau eksploitasi hasil laut. Disamping perbatasan wilayah, ancaman lain yang menjadi tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI adalah terorisme. Terorisme merupakan konflik yang saat ini sering terjadi tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain. Bahkan, terorisme disebut sebagai hal yang menjadi ancaman global.

Peran Warga Negara Dalam Menjaga NKRI

Untuk menjaga keutuhan NKRI, peran TNI sangat diperlukan memelihara stabilitas pertahanan dan keamanan negara. Selain TNI, sebagai warga negara ternyata kita juga bisa ikut serta dalam menjaga keutuhan NKRI. Cobalah dengan mulai mencintai tanah air dengan mengharumkan nama baik Indonesia. Kita juga bisa mulai menjaga keutuhan NKRI mulai dari hal terkecil seperti memunculkan sikap toleransi, membayar pajak, atau menghargai produk dalam negeri.
Pentingnya menjaga keutuhan NKRI ternyata juga penting bagi para pelajar. Cara menjaga keutuhan NKRI sebagai pelajar yaitu bisa dimulai dengan bersikap sopan, tidak membedakan teman, menghormati teman yang berbeda agama atau suku, dan tidak mencemooh satu sama lain. Selain itu, beberapa hal lain seperti menjauhi narkoba, melakukan hal positif, dan tidak mengikuti pergaulan bebas juga secara tidak langsung dapat menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Baca juga : Latar Belakang Pemberontakan DI/TII Jawa Barat

Keutuhan dan persatuan NKRI memang sangat penting guna menciptakan kondisi negara yang aman, nyaman, dan sejahtera. Menjaga keharmonisan satu sama lain meskipun berbeda ras, suku, agama, dan golongan menjadi hal terpenting dalam hal ini. Pasalnya, konflik antar daerah sering sekali terjadi di Indonesia akibat kurangnya toleransi perbedaan SARA. Peran warga negara yang bermoral dan berintelektual juga ternyata memudahkan persatuan dan kesatuan NKRI terwujud. Itulah mengapa sebagai warga negara kita juga harus ikut berperan dan tidak hanya mengandalkan peran TNI atau pemerintah.

Leave a Reply