latar belakang peristiwa andi azis

Pemberontakan Andi Azis Dalam Sejarah Indonesia

Posted on

Pemberontakan Andi Azis menjadi salah satu bukti betapa ganasnya pemberontakan yang terjadi di negeri sendiri. Andi Azis yang merupakan kelahiran Makassar pada19 September 1924 ini ternyata menjadi salah satu dalang utama dalam pemberontakan. Sebelumnya, Andi Azis ini pernah dibawa ke Belanda untuk melanjutkan sekolah dan resmi di tahun 1938 lulus dari Leger School Belanda. Keinginannya yang besar untuk masuk ke sekolah militer yang ada di Belanda akhirnya pupus sudah karena adanya perang Dunia Kedua yang pada saat itu memberikan dampak yang sangat besar terhadap kehidupan seluruh negara yang ada di dunia. Keinginannya yang begitu besar akhirnya tercapai dengan masuknya Andi Azis dalam koninklijk Leger dan ditugaskan di wilayah bawah tanah untuk melawan tentara penduduk yang berasal dari Jerman.

latar belakang peristiwa andi azis

Baca Juga : Sejarah Pemberontakan PKI Madiun Di Indonesia

Sejarah pemberontakan Andi Azis di indonesia menjadi sangat populer setelah diketahui bahwa Andi Azis adalah warga negara Indonesia yang turut serta langsung dalam perang dunia ke dua. Dalam peperangan tersebut, Jepang menyerah tanpa syarat dan akhirnya kebebasan Andi untuk memilih tempat tugas terjadi. Ia memilih untuk ditempatkan di gugus selatan yang ada di Negara Indonesia setelah sebelumnya ditawari untuk bertugas langsung di Jepang. Keinginannya untuk kembali ke Indonesia semakin besar setelah menyadari bahwa sudah hampir sebelas tahun ia tidak pulang menemui kedua orang tuanya.

Pemberontakan Andi Azis kemudian diawali oleh adanya pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yang ternyata anti federal, mereka menuntut NIT untuk ikut bergabung bersama Republik Indonesia. Pemberontakan ini tentu saja memunculkan pro dan juga kontra karena di lain pihak muncul adanya dukungan untuk menjadi negara yang federal. Kegaduhan dan ketegangan di rasakan oleh masyarakat sekitar yang pada saat itu juga mendapatkan imbas dari peristiwa tersebut. Pemberontakan Andi Azis ditandai dengan dipindahkannya pasukan TNI yang berasal dari jawa untuk mengamankan wilayah tersebut. Namun ternyata, kedatangan TNI tersebut malah dianggap mengancam kedudukan kelompok yang mendukung adanya negara federal sehingga kelompok tersebut tergerak untuk membentuk sebuah pasukan yang dinamakan sebagai pasukan bebas yang berada di bawah kepemimpinan Andi Azis.

Pemberontakan Andi Azis ini dapat disimpulkan bahwa memiliki beberapa latar belakang di antaranya adalah latar belakang untuk menuntut keamanan wilayah yang ada di Sulawesi Selatan adalah hak dari KNIL dan TNI lain yang berasal dari Jawa tidak berhak untuk itu, konflik yang terjadi di Sulawesi Selatan tidak perlu adanya campur tangan dari APRIS atau sering disebut angkatan perang dari indonesia serikat. Tidak sampai disitu saja, negara Indonesia timur juga akan selalu didukung dalam pencapaian tujuan menjadi negara federal. Pemberontakan Andi Azis di indonesia ini awalnya bermula dari penyerangan terhadap kelompok TNI yang pada saat itu menduduki Makassar.

Baca Juga : Sejarah Mengenai Ancaman Disintegrasi Bangsa Yang Ada Di Indonesia

Tindakan ini tentu saja merugikan negara yang awalnya berniat untuk membantu Andi Azis dalam mengamankan wilayah Sulawesi Selatan. Akhirnya pada saat itu, presiden dari NIT tersebut akhirnya mendesak Andi Azis untuk kembali ke Jakarta mempertanggung jawabkan semua tindakan yang sudah dilakukan selama ini. Pemberontakan Andi Azis dalam sejarah ini paling parah terjadi karena akhirnya memicu pertempuran antara APRIS dengan KNIL. Sejarah pemberontakan Andi Azis ini diakhiri dengan meninggalnya kapten Andi Azis di salah satu Rumah Sakit di Jakarta karena adanya indikasi serangan jantung dan diterbangkan ke Sulawesi Selatan untuk dimakamkan di makam keluarga.

Leave a Reply