Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

Diposting pada

Indonesia merupakan negara dengan letak yang strategis dan potensi alam yang cukup besar. Sejak zaman penjajahan, Indonesia telah menjadi salah satu negara yang diperebutkan oleh negara-negara lain terutama negara barat, karena kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Di zaman yang sudah merdeka dan modern ini, Indonesia tak bisa lepas dari ancaman terhadap integrasi nasional dari berbagai pihak, termasuk negara-negara lain.

Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

Sejak zaman dahulu, para pelaut handal melakukan berbagai macam cara untuk bisa menembus daratan nusantara. Indonesia kemudian terkenal sebagai jalur perdagangan paling strategis di dunia, karena terletak tepat di tengah-tengah antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta berada di tengah jalur perdagangan dunia. Tak aneh apabila, banyak pedagang-pedagang dari bangsa lain yang mampir sejenak ke nusantara namun akhirnya terpukau dengan kekakayaan alam yang dimiliki nusantara. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor datangnya bangsa penjajah dari Portugis, Belanda, dan Jepang yang berusaha menguasai Indonesia.

Baca juga : Latar Belakang Pemberontakan Andi Azis Di Indonesia Timur

Namun, setelah Indonesia merdeka, bukan berarti Indonesia terbebas dari ancaman terhadap integrasi nasional. Indonesia hingga saat ini masih tetap menjadi zamrud khatulistiwa yang menjadi incaran bangsa-bangsa lain untuk dikeruk kekayaan alamnya. Seperti apa yang pernah Soekarno katakan, bahwa Indonesia di masa yang akan datang tidak lagi menghadapi ancaman dari penjajah bangsa lain, tetapi ancaman dari bangsa sendiri. Keinginan bangsa lain untuk menguasai alam Indonesia tidak lagi ditunjukkan melalui peperangan menggunakan senjata, tetapi diwujudkan melalui tindakan ancaman terhadap kedaulatan Indonesia.

Ada berbagai jenis ancaman terhadap kedaulatan bangsa ini, antara lain :

  • Di bidang pertahanan dan keamanan

Indonesia adalah negara yang memiliki perairan yang sangat luas, sehingga dibutuhkan pertahanan keamanan yang ekstra ketat untuk melindungi kedaulatan Indonesia. Beberapa kali, Indonesia mengalami ancaman dari negara tetangga, Malaysia yang dengan sengaja melewati perairan Indonesia di selat Malaka tanpa izin. Pemerintah pun tidak tinggal diam dengan mengirim pasukan untuk mengusir secara halus armada milik Malaysia yang melewati batas teritorial. Daerah perbatasan memang menjadi daerah paling rawan, karena negara tetangga tidak segan-segan untuk memberikan iming-iming kepada masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan. Oleh karena itu, pembangunan yang merata hingga ke pelosok Indonesia menjadi tameng utama Indonesia untuk melindungi bangsa ini dari ancaman upaya disintegrasi bangsa.

  • Di bidang sumber daya

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, mulai dari bidang agraris, sumber daya mineral, sumber daya laut, dan lain-lain. Banyak negara yang mengincar kekayaan alam Indonesia dengan mengambil tanpa izin. Oleh karena itu, pemerintah kian tegas dalam mencegah masuknya negara lain untuk mencuri kekayaan alam Indonesia. Hal ini banyak terjadi di laut Indonesia yang berbatasan dengan negara lain. Pencurian terhadap ikan menjadi salah satu hal yang saat ini terus ditanggulangi dengan cara menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan dari negara lain. Tindakan tegas tersebut menggambarkan bahwa Indonesia memiliki sikap tegas dalam melindung sumber daya alamnya dan sebagai bentuk perlawanan terhadap ancaman ketahanan bangsa.

Baca juga : Muso Dan Tujuan Pemberontakan PKI Di Madiun

  • Di bidang kebudayaan

Beberapa tahun yang lalu, sempat viral budaya asli Indonesia dijiplak oleh negara tetangga, Malaysia.mulai dari Reog Ponorogo, Batik hingga lagu daerah diklaim sebagai milik Malaysia. hal ini tentu saja mengundang geram seluruh masyarakat Indonesia. Sikap pemerintah untuk segera melaukan diplomasi terhadap negara tetangga merupakan bukti bahwa, pencurian budaya juga merupakan ancaman terhadap integrasi nasional.

Tekad dari seluruh masyarakat Indonesia dan juga pemerintah untuk selalu menjadi kedaulatan haruslah selalu dipupuk dengan meningkatkan kecintaan terhadap bangsa sendiri. Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah upaya ancaman terhadap intergrasi nasional yaitu memperkuat pertahanan dan keamanan, meningkatkan taraf pendidikan, meningkatkan pemberdayaan ekonomi nasional dan lain-lain.

Loading...

Tinggalkan Balasan