Latar Belakang G30S PKI Dan Hipotesis-Hipotesis Yang Ada

Diposting pada

Latar belakang terjadinya 9 30 s pki menjadi peristiwa besar yang menandai pergantian rezim dan pemerintahan dari pemerintahan Soekarno beralih ke pemerintahan Soeharto. Sesuai dengan namanya, peristiwa ini terjadi tepat di tanggal 30 September 1965 ketika ada enam perwira tinggi yang ada di Indonesia diculik, ditangkap dan kemudian dibunuh dengan cara yang misterius. Jenazah dari enam perwira itu beserta pihak lain yang turut serta ditangkap dimasukkan ke dalam sumur tua yang berada di salah satu wilayah di Jakarta yang sekarang dikenal dengan sebutan lubang buaya.

Latar Belakang G30S PKI Dan Hipotesis-Hipotesis Yang Ada

Baca Juga : Peristiwa dan Sejarah Besar PKI Di Indonesia

Sejarah G 30 S PKI diwarnai dengan berbagai cerita. Pada masa Soekarno, Indonesia menjadi salah satu negara yang terbuka dengan berbagai ideologi mana pun sehingga akhirnya ada tiga ideologi yang dianggap bisa berkembang dan berjalan beriringan yaitu ideologi komunis, islam dan juga nasionalis.

Salah satu penyebab peristiwa G 30 S PKI yang bisa disimpulkan dari fakta tersebut adalah adanya salah satu ideologi atau aliran yang ingin menguasai semuanya. Masing-masing dari aliran merasa ingin menguasai dab juga berkuasa khususnya di masa pemerintahan Soekarno. Menurut beberapa sumber, PKI mengatas namakan kudeta terhadap Soekarno sebagai salah satu siasat untuk bisa melakukan penculikan terhadap enam perwira tersebut.

Alasan terjadinya g30 s pki yang jelas sampai sekarang ini juga belum bisa disimpulkan dengan lengkap dan terperinci karena adanya berbagai yang setiap cerita tentu saja saling menjatuhkan. Setelah aksi penculikan tersebut, Soeharto bergerak dengan cepat dan bahkan berhasil mengambil alih RRI dari beberapa orang yang tidak dikenal bahkan disangka sebagai dalang dari PKI tersebut.

Latar belakang G30S PKI menjadi salah satu hal yang pada saat itu dicari dan terus dicari, sampai akhirnya di tanggal 11 MARET 1966, Soeharto diintruksikan untuk melakukan berbagai jenis tindakan yang bisa dilakukan untuk menjamin keamanan pada masa tersebut salah satunya adalah dengan menyatakan bahwa partai komunis menjadi salah satu partai terlarang di Indonesia.

Latar belakang G30S PKI ini akhirnya sampai di telinga para peneliti politik yang ada di Indonesia yang akhirnya menyimpulkan dua hal penting, yang pertama adalah Soeharto menjadi dalang sebenarnya dari peristiwa kekejaman yang sudah terjadi selama bertahun-tahun tersebut, dan kemungkinan kedua adalah Soeharto tidak ikut terlibat dalam gerakan apapun namun mendapatkan keuntungan dari situasi konflik yang terjadi.

Konflik internal ternyata terjadi di TNI yang pada masa itu terpecah menjadi dua kubu yaitu kubu Soekarnois dan kubu yang dianggap kanan. Seusai dengan namanya, kubu Soekarnois adalah kubu yang sangat patuh dan setia dengan presiden Soekarno sedangkan kubu kanan adalah salah satu kubu yang sempat khawatir karena TNI sering kali dilihat sebelah mata saja.

Baca Juga : Bagaimana Sejarah G 30 S PKI Yang Sebenarnya Terjadi Di Indonesia Ini?

Nah, salah satu latar belakang G30S PKI itulah yang akhirnya menjadi salah satu versi dimana kemunculan dari kekejaman tersebut bermula. Menurut beberapa pendukung dari adanya latar belakang tersebut, penculikan yang terjadi bukanlah dilakukan oleh PKI namun secara murni dilakukan oleh TNI yang sedang mengalami pro dan kontra sehingga polemik dan perselisihan terjadi dimana-mana.

\Hipotesis yang sangat kuat ini tentu saja menggunakan beberapa fakta konkrit yang terjadi di lapangan yang jelas-jelas menjadi latar belakang G30S PKI yang ada di Indonesia ini. Peristiwa yang mampu menumpas kehidupan ratusan ribu orang yang ada di penjuru Indonesia ini menjadi pelajaran yang sangat berharga sekali bagi kita.

Loading...

Tinggalkan Balasan