Integrasi Nasional Adalah Sesuatu yang Harus Dicapai Setiap Bangsa dan Negara

Diposting pada

Sebagai masyarakat yang hidup dalam keanekaragaman suku bangsa dan budaya, kita harus memahami makna integrasi nasional agar terhindar dari provokasi yang menimbulkan terpecahnya bangsa Indonesia. Integrasi nasional adalah suatu usaha atau upaya yang dilakukan suatu bangsa untuk menyatukan masyarakatdan mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada guna mencapai keutuhan nasional. Mengapa integrasi nasional itu penting? Karena integrasi nasional merupakan salah satu upaya yang dapat mencegah terjadinya berbagai konflik sosial di masyarakat dan tindakan memecah-belah suku bangsa. Hal ini penting mengingat negara Indonesia terpisah-pisah karena terdiri dari beberapa pulau besar dan suku bangsa yang berbeda.

Integrasi Nasional Adalah Sesuatu yang Harus Dicapai Setiap Bangsa dan Negara

Baca juga : 6 Faktor Penghambat Integrasi Nasional di Indonesia

Konsep integrasi nasional perlu dipahami masyarakat Indonesia dengan pikiran terbuka dan sikap mau menerima kehadiran sesama golongan masyarakat. Integrasi nasional adalah tindakan yang didasari dengan rasa toleransi dan menghormati dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Beberapa faktor yang dapat mendorong terciptanya integrasi nasional di antaranya sebagai berikut:

  • Memiliki rasa senasib dan seperjuangan

Berbagai peristiwa sejarah di masa lalu khususnya penjajahan yang pernah dirasakan bangsa Indonesia mampu menghadirkan rasa senasib antar masyarakat Indonesia. Rasa senasib dan seperjuangan ini mampu mendorong terciptanya integrasi nasional suatu bangsa. Integrasi nasional adalah suatu upaya yang mampu mewadahi adanya perasaan senasib dan seperjuangan, bahwa sesama bangsa Indonesia harus selalu menjaga keutuhan dan keamanan bangsa agar jangan sampai dikuasai atau dijajah negara lain kembali.

  • Memaknai “Bhineka Tunggal Ika”

Pengertian integrasi nasional Indonesia dapat dipahami dari semboyan negara kita yaitu “Bhineka Negara Kita” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Hal tersebut menunjukkan bahwa meskipun Indonesia memiliki berbagai macam adat budaya, suku bangsa, maupun bahasa, namun semua tetaplah sama yaitu Indonesia. jika hal ini dipahami dengan benar, maka dapat mendorong terciptanya integrasi nasional.

 

  • Adanya tekad untuk kembali bersatu sesuai dengan Sumpah Pemuda

Sesuai yang tertuang dalam sumpah pemuda yang selalu dikumandangkan pada tanggal 28 Oktober, bahwa adanya tekad yang kuat dari bangsa Indonesia untuk kembali bersatu. Hal ini dapat menjadi faktor pendukung lain dalam upaya mewujudkan integrasi nasional.

  • Faktor luar berupa ancaman dari bangsa lain

Integrasi nasional adalah perwujudan persatuan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman dari luar yang dapat membahayakan keamanan dan ketahanan negara. Hal ini dapat memunculkan sikap nasionalisme yang lebih pada bangsa Indonesia.Semua yang dilakukan dengan kerja sama antar warga negara tentu dapat mencapai hal yang diinginkan dengan maksimal.

  • Sikap Toleransi

Integrasi nasional akan terwujud jika semua masyarakat memiliki sikap toleransi dan saling menghormati antar sesama golongan atau kelompok tertentu. Hal ini dapat mengikis paham etnosentrisme yang terkadang menjadi penghambat terciptanya integrasi nasional.

Baca juga : Peristiwa Pemberontakan Republik Maluku Selatanyang Pernah Terjadi di Indonesia

Upaya untuk mewujudkan integrasi nasional dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti selalu menanamkan sikap saling membantu, gotong-royong, dan solidaritas di kalangan masyarakat. Selain itu, jangan mudah terhasut oleh hal-hal yang dapat memecah-belah keutuhan negara seperti informasi yang dikabarkan suatu kelompok tertentu dengan mengatasnamakan suku, agama, dan ras tertentu. Tingkatkan kesadaran diri dan sikap toleransi terhadap sesama bahwa kita sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. baik pemerintah maupun masyarakat harus saling bahu-membahu dalam mewujudkan integrasi nasional. Pemerintah harus selalu memperhatikan daerah-daerah di luar pemerintah pusat yang tentu saja memerlukan perhatian lebih. Mari wujudkan keutuhan NKRI dengan terciptanya suatu integrasi nasional.

Loading...

Tinggalkan Balasan