Globalisasi jadi Penyebab Ancaman Integrasi Nasional Paling Berbahaya

Diposting pada

Pernahkah Anda sadari bahwa saat ini negara kita sedang dikelilingi hal-hal yang dapat mengancam integrasi bangsa? Faktanya, ada banyak hal yang menjadi ancaman integrasi nasional yang harus diwaspadai, di mana hal ini menjadi sebuah tantangan bagi sebuah negara untuk bisa mengatur strategi sedemikian rupa agar tidak terjadi hal-hal yang mengancam persatuan bangsa mereka. Di Indonesia sendiri misalnya, ada banyak contoh ancaman dari dalam negeri yang dapat menimbulkan perpecahan.

Jenis Ancaman Integrasi Nasional

Globalisasi jadi Penyebab Ancaman Integrasi Nasional Paling Berbahaya

Baca juga : Integrasi Nasional Adalah Sesuatu yang Harus Dicapai Setiap Bangsa dan Negara

  1. Ancaman Militer

Jenis ancaman bagi integritas bangsa yang pertama adalah ancaman militer. Seperti namanya, ancaman militer ini merupakan jenis ancaman yang berkaitan dengan keamanan dan pertahanan sebuah negara. Ancaman ini berkaitan dengan kekuatan bersenjata pada suatu negara yang dianggap dapat membahayakan keselamatan warga negara, hingga keutuhan wilayah pada suatu daerah. Bentuk ancaman terhadap bangsa dan negara yang bersifat militer contohnya adalah pemberontakan, aksi teror bersenjata, agresi, invasi, dan lain-lain. Contoh nyata yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia adalah terjadinya invasi besar-besaran oleh para penjajah Belanda yang berlangsung selama beratus-ratus tahun lamanya.

  1. Ancaman Non-Militer

Pada dasarnya, ancaman integrasi nasional non militer ini merupakan ancaman yang berkaitan dengan faktor diluar militer yang dianggap dapat mengancam keutuhan sebuah negara. Salah satu faktor yang sangat berperan dalam hal ini adalah masuknya era globalisasi. Hal ini karena adanya globalisasi membuat garis batas budaya antar negara menjadi semakin kabur sehingga dapat memberikan dampak buruk terhadap keutuhan bangsa. Lebih jelasnya, ancaman dari segi non militer ini terbagi menjadi ancaman di bidang:

  1. Meskipun terdengar sulit, namun faktanya globalisasi membuat ideologi sebuah bangsa bisa dengan mudah mempengaruhi ideologi bangsa lainnya. Sebagai contoh, saat ini masyarakat Indonesia sudah banyak yang menganggap bahwa nilai-nilai liberalisme adalah ideologi yang tepat untuk membawa ke arah kehidupan yang lebih baik. Padahal ideologi ini bukanlah berasal ideologi bangsa Indonesia, melainkan ideologi barat yang masuk ke Indonesia melalui adanya globalisasi.
  2. Ancaman politik menjadi salah satu ancaman integrasi nasional yang sangat beresiko terhadap keutuhan dan keselamatan bangsa. Mengapa demikian? Hal ini karena ancaman politik dapat berupa upaya pengerahan massa untuk melemahkan atau bahkan menumbangkan suatu kelompok penguasa atau pemerintah yang sedang berlangsung (separatisme) yang biasanya ditempuh tanpa penggunaan senjata. Hal ini membuat aksi separatisme akan sulit untuk diatasi dengan kekuatan militer.
  3. Adanya globalisasi juga berpengaruh terhadap kekuatan ekonomi suatu negara. Di sisi positifnya, globalisasi perekonomian ini dapat membuka peluang pasar ekspor yang kompetitif, sehingga produk lokal pun dapat bersaing dengan produk global. Sementara itu salah satu sisi negatifnya adalah, lambat laun perekonomian negara bisa lebih mudah dikuasai oleh negara lain.
  4. Sosial budaya. Ancaman di bidang sosial budaya ini juga menjadi salah satu contoh dampak negatif dari globalisasi, misalnya munculnya perilaku hedonisme dan konsumerisme, individualis, lunturnya nilai gotong-royong, dan lain-lain.

Baca juga : 6 Faktor Penghambat Integrasi Nasional di Indonesia

Itulah penjelasan mengenai contoh ancaman terhadap nkri. Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut? Kuncinya ada pada semua elemen masyarakat maupun pemerintah. Sebagai individu, kita harus bisa menyaring mana yang layak dan tidak layak untuk diterima dari globalisasi. Selain itu, pemerintah juga harus bisa memberikan regulasi yang tegas dan memperkuat pertahanan militer agar negara ini siap untuk berhadapan dengan segala ancaman integrasi nasional yang mungkin kelak akan terjadi

Loading...

Tinggalkan Balasan