Faktor Pendorong, Penghambat dan Contoh Integrasi Nasional

Diposting pada

Secara umum definisi integrasi nasional adalah suatu proses untuk mempersatukan berbagai perbedaan yang muncul dalam suatu negara, sehingga negara tersebut dapat hidup selaras dan hamonis secara nasional. Konsep integrasi nasional pun berbeda-beda, namun integrasi nasional membuat setiap individu tergerak untuk hidup bersama dalam satu bangsa dan Negara. Integrasi yang kuat pada umumnya dapat terlihat dari dalamnya rasa bangga, cinta, hormat, dan sikap loyal warga negara terhadap negara.

Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional

Faktor Pendorong, Penghambat dan Contoh Integrasi Nasional

Baca Juga : Pentingnya Mengatasi Ancaman Dan Tantangan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Contoh integrasi nasional umumnya bermacam-macam. Namun, wujud integrasi sosial tidak akan muncul jika tidak ada faktor pendorongnya. Bentuk integrasi sosial juga bisa hilang karena adanya faktor pengambat. Berikut beberapa hal yang sering menjadi faktor pendorong dan penghambar integrasi nasioanal.

  1. Faktor Pendorong Integrasi Nasional

  • Kondisi senasib akibat faktor sejarah
  • Adanya rasa untuk bersatu seperti yang terdapat pada Sumpah Pemuda
  • Munculnya sikap cinta tanah air
  • Rela berkorban demi kepentingan Negara
  • Adanya Ideologi yang tercermin pada simbol Garuda Pancasila serta Bhineka Tunggal Ika
  • Adanya kesepakatan yang terwujud dalam UUD 1945, Pancasila, Bahasa Indonesia, bendera merah putih, dan lagu Indonesia Raya.
  1. Faktor Penghambat Integrasi Nasional

  • Kurangnya sikap toleransi antar perbedaan suku, agama, ras, dan golongan (SARA)
  • Kurangnya sikap menghargai terhadap sifat heterogen penduduk Indonesia
  • Kurangnya rasa sadar dalam diri rakyat Indonesia akan adanya ancaman yang megganggu persatuan dan kesatuan negara Indonesia.
  • Munculnya sifat tidak puas dengan hasil pembangunan yang tidak merata
  • Kondisi Negara Indonesia yang luas dan memiliki banyak pulau
  • Munculnya gerakan separatisme

Pentingnya Integrasi Nasional Bagi Keutuhan NKRI

Seperti yang telah dijelaskan, integrasi nasional menjadi cara menyatukan perbedaan yang muncul di Indonesia. Melihat definisinya, tentu integrasi nasional memiliki peran yang sangat penting bagi setiap bangsa, termasuk Indonesia. Macam macam integrasi nasional umumnya berbeda-berbeda. Salah satu contoh integrasi nasional adalah pembangunan infrakstruktur di Indonesia. Pembangunan ini merupakan contoh integrasi antar pemerintah dengan wilayah di Indonesia. Pemerintah disini mencobah menyatukan berbagai daerah di Indonesia dengan pembangaunan jalan, bandara, pelabuhan dan lainnya agar antar daerah bisa menjadi satu keutuhan.

Selain pemerintah, ternyata sebagai warga negara kita juga memiliki peran penting dalam mendorong munculnya integrasi nasional. Contoh integrasi nasional yang bisa dilakukan yaitu dengan menyatukan perbedaan antar suku, agama, ras, dan golongan yang ada di Indonesia. Kita bisa mulai dengan hal-hal yang kecil seperti menghargai saat umat agama lain beribadah, menumbuhkan sikap toleransi dengan suku dan ras lain, serta tidak saling menjelekan budaya lain.

Meskipun tergolong hal kecil, contoh intergrasi nasional diatas tentu dapat berdampak besar terhadap keutuhan dan persatuan NKRI. Dengan mengupayakan integrasi nasional di Indonesia, ini tentu akan mempermudah Indonesia mencapai segala tujuan bangsa Indonesia. Dengan memunculkan sikap toleransi antar perbedaan SARA di Indonesia tentu akan mengurangi munculknya konflik dan perselisihan yang merugikan bangsa Indonesia.

Baca Juga : Sejarah Pemberontakan PRRI dan Permesta

Mewujudkan integrasi nasional sangatlah penting. Jika integrasi nasional di Indonesia telah terwujud, sebagai warga negara kita juga harus berpartisipasi dalam menjaganya. Indonesia yang merupakan negara berkembang bisa dikatakan masih dalam pencarian jati diri. Tak jarang munculnya konflik antar daerah atau antar negara sering membuat persatuan dan kesatuan Indonesia goyah. Oleh karena itu, integrasi nasional sangat penting agar keutuhan NKRI tetap terjaga.

Loading...

Tinggalkan Balasan