Fakta dan Sejarah Google

Diposting pada

Siapa yang tidak tahu Google? Google adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat. Seperti yang kita tahu, Google adalah mesin pencari yang digunakan oleh semua orang. Artikel kali ini akan membahasa tentang sejarah Google. Kapan Google didirikan? Google berdiri pada tanggal 7 September 1998.

Sejarah Google

Fakta dan Sejarah Google

Baca juga : Sejarah Renang dan Perkembangannya

Sama seperti sejarah beberapa perusahaan terkenal, Google juga bermula dari ruang garasi rumah teman pemilik Google yang terletak di Menlo Park, California. Setahun kemudian, perusahaan ini pindah ke kantor baru yang terletak di California. Dan pad akhir tahun, mereka pindah lagi ke “Googlepex”.

  • Google adalah mesin pencari yang sangat populer

Setiap harinya terdapat 200 juta permintaan pencarian. Kantor pusat Google yang terletak di Amerika Serikat ini dapat melayani permitaan dari penggunanya dengan sangat sigap dan cekatan. Tak heran banyak orang yang semakin cinta dengan Google. Dan banyak pula yang ingin bekerja di Google, karena tempat Google didirikanyaitu Googleplex merupakan kantor yang sangat unik dan bagus. Banyak orang yang ingin datang melihat kantor Google yang berlokasi di Mountain View, California.

  • Sejarah Google bermula dari Larry Page dan Sergey Brin

Berdirinya Google dimulai dari proyek penelitian dua mahasiswa pintar yang menempuh pendidikan di Universitas Standford yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Pada tahun 1996, kedua mahasiswa tersebut mengembangkan suatu teori dimana sebuah mesin pencari dapat memberikan hasil pencarian yang baik dan akurat bila didasarkan oleh analisis matematika dan memnghubungkannya dengan situs-situs web. Pada saat itu, manusia masih menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang tidak efektif. Lalu apa nama pertama Google? Pada awalnya, sistem ini diberikan nama BackRub karena pada saat itu Page dan Brin menggunakan backlink agar mereka dapat membuat perkirakan tentang seberapa pentingnya suatu situs. Mereka berdua merasa yakin bahwa halaman yang mempunyai link paling banyak akan menuntun penggunanya untuk menuju ke halaman-halaman lain yang relevan dengan kata kunci yang digunakan. Lalu Page dan Brin pun memutuskan untuk menggunakan tesis ini sebagai bagian dari studi kuliah mereka berdua. Hal inilah yang menjadi dasar bagi mesin pencari yang kita kenal sebagai Google. Lalu, pada tanggal 7 September 1998 pun, Google Inc. resmi dibentuk.

  • Sejarah nama Google

Seperti yang kita tahu, Google mempunyai dua huruf “o”. Mengapa demikian? Karena jika data hasil pencarian dipaparkan, maka jumlah huruf “o” yang muncul akan sama dengan banyaknya web yang didapatkan oleh search engine. Namun sebenarnya kata “Google” berasal dari kata “Googlo”. Kata ini berasal dari ponakan seorang ahli matematika di Amerika yaitu Edward Kasner. Sang ponakan menyebutkan angka satu dan diikuti dengan angka nol yang berjumlah seratus. Dari sinilah nama Google lahir yang merupakan refleksi dari kata Googlo. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo.

Baca juga : Sejarah Valentine dan Negara Yang Mengadopsinya

Dalam perjalanannya, sejarah Google pun berlanjut. Google sering digunakan oleh pengguna internet karena mereka puas dengan desainnya yang bersih dan simple. Selain itu hasil pencarian Google pun juga relevan. Iklan-iklan pun juga menjadi laris manis berkata kata kunci sehingga iklan-iklan tersebut pun menjadi lebih relevan. Lalu perlahan-lahan Google mulai membeli beberapa situs web besar seperti Pyra Labs, AOL, Yahoo!, dan CNN. Demikian sejarah Google. Sudahkan Anda berterimakasih kepada pencipta Google?

Loading...

Tinggalkan Balasan