Bagaimana Sejarah G 30 S PKI Yang Sebenarnya Terjadi Di Indonesia Ini?

Diposting pada

Sejarah G 30 S PKI di masa lalu ini menjadi salah satu pelajaran penting bagi kita, bahwa ternyata tidak semua peristiwa yang ada di permukaan adalah kenyataan dan fakta yang terjadi sesungguhnya. Bahkan kadang, dari fakta yang ada itulah beberapa pihak memanfaatkan kondisi tersebut untuk kepentingannya sendiri salah satunya adalah untuk memperoleh kekuasaan yang mungkin selama ini sudah diidamkan selama beberapa waktu.

Sejarah G 30 S PKI

Baca Juga : Pengertian Integrasi Nasional Dalam Sejarah Pergerakan Indonesia

Kisah sejarah perjuangan G 30 S PKI menjadi polemik yang mengharu biru yang tentu saja membuat banyak sekali orang kehilangan dan disengsarakan atas dampak dari kejadian tersebut. Ratusan ribu orang dibunuh, puluhan ribu orang dibuang disiksa dan dipekerjakan tanpa di adili terlebih dahulu. Bagi kita yang hidup di era sekarang, tentu saja tidak bisa membayangkan betapa kejamnya peristiwa tersebut.

Sejarah pahlawan di 9 30 s pki yang gugur bahkan menjadi topik menarik yang akhirnya diteliti oleh beberapa pakar peneliti sejarah di tahun 1965. Banyak sekali fakta-fakta mengejutkan yang akhirnya terungkap. Keutuhan pancasila di tahun 1965 diuji, tiga ideologi yang dianggap menjadi ideologi yang bisa berjalan beriringan ternyata ternoda dengan berbagai peristiwa. Peristiwa ini yang akhirnya menyebabkan adanya salah satu partai yang akhirnya dinyatakan terlarang di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, penumpasan pun dilakukan dengan cara yang sangat keji. Sejarah perjuangan G 30 S PKI kemudian pecah menjadi salah satu jalan terbaik yang dilakukan oleh Soekarno. Bahkan berdasarkan salah satu sumber yang sudah menganalisis beberapa fakta yang ada, Soeharto menjadi dalang dan menjadi pihak yang harus bertanggung jawab atas terbunuhnya ratusan ribu orang yang tidak bersalah.

Sejarah G 30 S PKI yang sebenarnya ini muncul setelah beberapa pihak ikut menganalisis peristiwa ini. PKI yang memang mengetahui bahwa ada beberapa pihak yang ingin menggulingkan presiden akhirnya dibiarkan begitu saja menculik dan membunuh enam perwira tinggi yang ada. Akhirnya, kejadian ini dimanfaatkan oleh Soeharto untuk mengambing hitamkan PKI. Soeharto mengatakan bahwa PKI menjadi salah satu partai yang membahayakan karena akan mengancam pemerintahan Soekarno. Padahal kenyataan berkata sebaliknya.

Baca Juga : Pemberontakan Andi Azis Dalam Sejarah Indonesia

Tanpa meminta restu dari Soekarno selaku presiden, Soeharto melakukan tindakan dengan melangkahi beberapa petinggi-petinggi yang ada di atasnya untuk menumpas kasus pembunuhan terhadap enam jenderal tersebut. Soeharto dengan sangat mudah menumpas semua hal tentang PKI tanpa terlebih dahulu berkoordinasi dengan petinggi yang lainnya. Hingga akhirnya sejarah G 30 S PKI yang sebenarnya adalah bahwa ini cara yang dilakukan untuk membangun image bahwa Soeharto adalah pihak paling berjasa dalam penumpasan partai politik tersebut.

Sejarah G 30 S PKI yang sebenarnya bahkan masih dipertanyakan kebenarannya sampai sekarang. Banyak sekali referensi yang akan menunjukkan berbagai jenis fakta yang berbeda dari sumber satu dengan sumber yang lainnya yang tentu saja akan menjatuhkan salah satu pihak.

Dua pendapat yang condong dan sangat bertolak belakang adalah menyebutkan bahwa gerakan aksi kekejaman ini didalangi secara langsung oleh PKI sedang dari beberapa referensi yang ada yang berkiblat pada penelitian dari pakar sejarah luar negeri mengatakan bahwa Soeharto adalah dalang dari semua peristiwa kekejaman ratusan ribu orang dalam sejarah G 30 S PKI yang sebenarnya ini. Gerakan ini menjadi salah satu pertanda tergulingnya pemerintahan Soekarno yang kemudian digantikan oleh rezim Soeharto yang akhirnya mampu berkuasa selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Loading...

Tinggalkan Balasan