Ancaman Disintegrasi ini Faktor Pendorong Integrasi Nasional yang Perlu Diketahui

Ancaman Disintegrasi? Ini Faktor Pendorong Integrasi Nasional yang Perlu Diketahui

Posted on

Sadar atau pun tidak, berbagai permasalahan yang menimpa negara kita saat ini nyatanya dapat memberikan ancaman tersendiri terhadap integrasi bangsa. Globalisasi, perbedaan pendapat, SARA, dan banyak kasus lain tentunya tidak bisa kita abaikan karena bisa memicu disintegrasi. Cara mengatasinya adalah dengan mengetahui faktor pendorong integrasi nasional lalu mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari. Pemahaman mengenai cara mempertahankan integrasi nasional ternyata tertuang dalam teori-teori sosial, dan sekarang saatnya kita mempelajari dan tentu menjalankannya untuk mengatasi ancaman integrasi nasional yang mungkin akan terjadi di kemudian hari.

Definisi Integrasi

Ancaman Disintegrasi ini Faktor Pendorong Integrasi Nasional yang Perlu Diketahui

Baca juga : Globalisasi jadi Penyebab Ancaman Integrasi Nasional Paling Berbahaya

Integrasi atau Integration yang berarti keutuhan tentu menjadi faktor yang sangat penting yang harus ada pada sebuah kelompok masyarakat, terutama negara. Hal ini berkaitan erat dengan ciri manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, sehingga ia pasti harus berinteraksi dengan orang lain. Interaksi terjadi pada unsur-unsur dalam masyarakat, di mana ketika mereka berinteraksi dalam kelompok yang besar, maka diperlukan integrasi sosial agar komunikasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan dari kelompok itu sendiri.

Faktor Pendorong Integrasi Nasional

Terjadinya integrasi sosial memerlukan faktor pendukung agar berjalan dengan baik. Lantas, apa saja ya faktor pendorong integrasi nasional yang diperlukan? Simak jawabannya di bawah ini.

  1. Faktor dari segi internal. Faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa yang pertama adalah berasal dari diri setiap individu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pada poin definisi integrasi bahwa manusia adalah makhluk sosial sehingga ia akan dengan sendirinya mencari manusia lain untuk bekerja sama, menjalin komunikasi, hidup berkelompok, kemudian membuat norma-norma maupun tujuan yang harus dicapai bersama-sama. Faktor internal ini berkaitan erat dengan rasa solidaritas dan humanitas yang harus dikembangkan guna mendorong rasa kebersamaan dan menciptakan integritas bangsa.
  2. Faktor dari eksternal. Faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang selanjutnya berasal dari lingkungan luar individu (eksternal). Contohnya adanya pernikahan campuran antar daerah yang menjadi ciri sikap saling menghargai dan toleransi, hingga adanya sosok ‘musuh bersama’ yang akan mendorong sikap solidaritas antar elemen masyarakat.

Baca juga : Integrasi Nasional Adalah Sesuatu yang Harus Dicapai Setiap Bangsa dan Negara

Sekarang kita sudah mengetahui, apa saja perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia yang tentu bisa diaplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari. Proses tercapainya integrasi itu sendiri bisa berjalan cepat atau bahkan lambat, tergantung faktor-faktor berikut ini:

  1. Homogenitas di dalam kelompok. Masyarakat pada sebuah negara yang memiliki banyak persamaan, biasanya akan lebih cepat mencapai integrasi sosial. Berbeda halnya dengan kelompok majemuk yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai integrasi sosial.
  2. Jumlah anggota. Jika kita berbicara tentang integrasi sosial dalam kelompok kecil, tentu akan lebih mudah untuk didapatkan dibandingkan dengan kelompok dengan skala yang besar.
  3. Komunikasi yang efektif. Faktor terakhir yang paling penting adalah terjalinnya komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif ini akan sangat berdampak pada rasa empati dan simpati pada diri seseorang, sehingga tentu akan lebih mudah untuk menanamkan pentingnya rasa solidaritas untuk mencapai integritas bangsa.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai faktor-faktor yang dapat membantu menciptakan integrasi nasional. Satu hal yang harus ditanamkan dalam diri adalah bahwa integrasi NKRI ini tidak hanya tergantung pada upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi ancaman integrasi nasional, melainkan dapat diawali dari dalam diri kita sendiri. Nah, semoga faktor pendorong integrasi nasional  di atas bisa bermanfaat untuk pembaca ya.

Leave a Reply