Apa Itu Integrasi Serta Macam-Macam dan Faktornya?

Apa Itu Integrasi Serta Macam-Macam dan Faktornya?

Posted on

Integrasi yang berarti sebuah sistem yang sudah diperbarui sehingga telah menjadi satu kesatuan utuh. Integrasi ini biasanya berhubungan erat dengan apa yang ada hubungan dengan permasalahan sosial, jadi perlu juga diketahui pengertian apa itu integrasi sosial adalah adanya sebuah proses yang dapat menyatukan beberapa unsur yang memang memiliki perbedaan di dalam masyarakat. Nah, dari perbedaan inilah yang menjadikan adanya permunculan sebagai pola hidup atau kebiasaan yang ada di dalam masyarakat dan berakhir timbul sebagai keserian fungsi. Dari adanya pengertian yang menyebutkan apa itu intergrasi di atas, secara tidak langsung menyebutkan bahwa integrasi memang tidak lepas dari kehidupan sosial.

Apa Itu Integrasi Serta Macam-Macam dan Faktornya?

Baca Juga : Awal Mula Pemberontakan DI TII

Selain pengertian dari apa itu Integrasi? Adapun beberapa macam-macam beserta faktor-faktor Integrasi yang ada di Indonesia adalah sebagai negara yang multikultural yang memiliki beragam ragam suku, agama, budaya dan juga golongan hidup dalam satu kesatuan NKRI. Keberagaman dalam hal tersebut adalah salah satu kekayaan yang sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia dari Tuhan, tetapi berbagai keberagaman tersebut menjadi salah satu faktor yang berpotensi munculnya konflik besar jika penerapan prinsip dari Bhineka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu jua” tidak diterapkan di dalam negara Indonesia. Meskipun negara Indonesia sudah merdeka sejak lama, namun sebenarnya masih mengalami adanya penjajahan yang dilakukan di dalam negeri maupun dari luar negeri. Jadi, berkat adanya kesadaran dari seluruh masyarakat Indonesia inilah yang menjadikan sebuah kekuatan besar yang akan mengganggu ketentraman bangsa nanti. Jika membahas masalah integrasi, adapun pengertian, macam-macam, dan faktor dari terbentuknya integrasi ini.

Dalam pengertian integrasi nasional adapun adalah sebuah perbaruan yang akan menjadikan satu kesatuan bulat dan utuh dari bangsa Indonesia. Adapun pengertian integrasi yang berarti suatu proses yang mengkoordinasikan berbagai tugas, fungsi, serta bagian-bagian yang bisa bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu di dalam satu bangsa. Tidak hanya pengertian dari integrasi nasional saja yang harus Anda ketahui. Dalam proses integrasi ini tidaklah terjadi secara begitu saja tetapi masih harus melakukan proses yang sangat panjang dan juga waktu yang lama lama.Nah, berikut ini adanya macam-macam integrasi yaitu :

  1. Integrasi Kebudayaan yaitu suatu penyusaian yang ada diantara adanya unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga bisa mencapai adanya keserasian fungsi tertentu yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Integrasi Sosial yaitu suatu penyusaian yang ada diantara beberapa unsur-unsur berbeda di kehidupan sosial yang akan menghasilkan beberapa adanya pola kehidupan serasi di dalam masyarakat.
  3. Integrasi Nasional yaitu sebuah penyusaian yang ada diantara pada unsur-unsur berbeda di kehidupan masyarakat dalam lingkup nasional yang akan menghasilkan pola kehidupan serasi pada fungsinya untuk masyarakat.

Baca Juga : Latar Belakang G30S PKI Dan Hipotesis-Hipotesis Yang Ada

Jika Integrasi nasiona kuat maka akan bisa terbentuk dan juga berkembang pada kesepakatan nasional adanya batas dari masyarakat politik dan juga sistem politik serta sedang berlaku bagi semua masyarakat. Ada pula faktor-faktor pendorong integrasi nasional yaitu sebagai berikut. Yang pertama yaitu adanya faktor sejarah, keinginan bersatu dari berbadai kalangan bangsa Indonesia., memiliki rasa cinta pada tanah air, memiliki rasa rela dalam berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, Garuda Pancasila sebagai simbol negara Indonesia, mengembangkan budaya untuk gotong royong. Faktor pendorong ini sebagai wujud adanya dampak positif integrasi bagi Bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan kembangkan terus menerus.

 

Leave a Reply