Pengertian Integrasi Nasional Dalam Sejarah Pergerakan Indonesia

Diposting pada

Pengertian integrasi nasional menjadi salah satu hal penting yang mungkin saja harus diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia sehingga tidak akan ada lagi perpecahan, pemberontakan dan saling lawan terhadap negara sendiri yang tentu saja dapat mengancam kesatuan dan persatuan negara Indonesia. Sesuai dengan namanya, integrasi nasional ini dapat diartikan sebagai upaya untuk mempersatukan negara dengan meleburkan perbedaan yang ada sehingga tujuan mencapai keamanan dan ketentraman bagi seluruh rakyat Indonesia bida tercapai dengan lebih mudah.

Pengertian Integrasi Nasional Dalam Sejarah Pergerakan Indonesia

Jika ditinjau dari sudut pandang yang lainnya, pengertian integrasi nasional bisa diartikan sebagai salah satu upaya untuk menghimpun kekuatan yang berasal dari masyarakat yang pada awalnya memiliki perbedaan dan merasa perbedaan tersebut bisa dijadikan sebagai latar belakang adanya pemberontakan yang tentu saja merugikan banyak pihak.

Baca Juga : Sejarah Pemberontakan PKI Madiun Di Indonesia

Tidak hanya itu saja, integrasi yang kuat juga bisa disamakan dengan rasa percaya, rasa cinta, rasa menghargai, rasa bangga, rasa royal, dan keinginan yang kuat untuk sama sama mempertahankan kesatuan negara republik Indonesia yang sudah terjajah oleh bangsa lain selama ratusan tahun. Jangan sampai peristiwa penjajahan yang dilakukan oleh bangsa sendiri terus terjadi dan membuat negara lain berbahagia dengan perpecahan yang terjadi.

Jika diulas secara lebih dalam, pengertian integrasi nasional akan menjadi salah satu fondasi yang kuat untuk bisa menciptakan keserasian dan perdamaian bangsa sehingga tujuan dalam membangun negara untuk bisa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi seperti negara yang lainnya akan lebih mudah untuk dilakukan.

Adanya banyak sekali faktor-faktor yang mendorong adanya integrasi nasional yang tentu saja wajib untuk dilakukan oleh semua masyarakat seperti munculnya rasa untuk rela berkorban sehingga kepentingan bangsa menjadi kepentingan nomor satu, adanya keinginan untuk selalu bersatu meskipun antar masyarakat memiliki perbedaan satu sama lain, adanya rasa senasib dan satu tanggungan sehingga tidak ada yang merasa bahwa dirinya lebih rendah dari pada yang lainnya. Sejarah integrasi nasional Indonesia bahkan mencatat bahwa salah satu kunci penting terciptanya keharmonisan adalah adanya rasa cinta tanah air yang mutlak.

Pengertian integrasi nasional dalam kamus bisa diartikan dari dua kata pembentuknya yaitu kata integrasi dan kata nasional. Jika diartikan dengan menggunakan teknik kata per kata maka tentu saja pengertian lain akan semakin kuat sehingga arti penting dari integrasi nasional ini akan lebih mudah ditumpas sampai ke akar-akarnya. Integrasi sendiri adalah salah satu kata yang berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah mempersatukan atau menggabungkan.

Baca Juga : Pemberontakan Andi Azis Dalam Sejarah Indonesia

Sedangkan kata nasional berarti bangsa yang berasal dari kata nation dalam bahasa Inggris. Sedangkan, pengertian integrasi nasional dalam sejarah bisa diartikan sebagai proses penyatuan berbagai bentuk identitas daerah dan wilayah menjadi identitas negara yang akan menjadi salah satu karakter kuat yang hanya dimiliki oleh negara Indonesia.

Integrasi nasional yang ada di Indonesia ini bisa kembali terancam jika berbagai negara asing ikut melakukan intervensi dalam arah pemerintahan yang ada di Indonesia. Selain itu, teknik-teknik dasar penjajahan yang pernah dilakukan di masa lalu seperti politik adu domba juga memiliki peluang besar untuk bisa menghancurkan negara Indonesia kembali. Atas dasar ini, tentu saja pengertian integrasi nasional menjadi penting sekali untuk dipahami secara utuh sehingga keinginan untuk menjunjung tinggi kemerdekaan bisa dirasakan oleh berbagai elemen masyarakat yang ada di negara Republik Indonesia

Loading...

Tinggalkan Balasan