8 Hal Keselamatan Kerja di Laboratorium yang Perlu Dilakukan

Diposting pada

Bekerja di laboratorium tentu saja resiko kerjanya lebih besar dibanding pekerjaan lain seperti customer service misalnya, di laboratorium terdapat banyak zat-zat kimia berbahaya yang bisa membahayakan keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium. Apalagi jika sanak saudara kita ada yang bekerja di laboratorium, usaha untuk menciptakan keselamatan kerja di laboratorium pasti menjadi hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Untuk itu kami akan memberikan 8 hal yang perlu dilakukan guna meningkatkan keselamatan kerja.

Usaha untuk Menciptakan Keselamatan Kerja di Laboratorium

8 Hal Keselamatan Kerja di Laboratorium yang Perlu Dilakukan

 

Usaha atau ikhtiar merupakan hal yang harus kita lakukan dalam berbagai keadaan, hal ini dilakukan agar kita mendapatkan hasil yang memuaskan dan maksimal, tak terkecuali berusaha dan berupaya untuk menciptakan keselamatan kerja di laboratorium. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan guna meningkatkan dan menciptakan keselamatan kerja.

1. Ikuti prosedur keamanan yang ada

Seorang pekerja hendaknya mengikuti prosedur atau aturan yang ada di laboratorium tersebut, hal ini dilakukan untuk menciptakan keselamatan kerja di laboratorium karena ini berkaitan dengan keselamatan banyak jiwa manusia. Jadi kewajiban mengikuti prosedur kerja menjadi sesuatu yang mutlak.

2. Membaca petunjuk kerja dengan lengkap sebelum mulai bekerja

Prosedur keselamatan kerja di laboratorium merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, namun tidak sedikit para pekerja menyepelekan aktivitas membaca prosedur dan petunjuk dengan seksama. Mengingat bekerja di laboratorium bukanlah hal yang mudah, maka ketelitian dan kejelian dalam membaca petunjuk menjadi salah satu faktor penting keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium.

3. Hindari bermain-main dan bergurau berlebihan di Laboratorium

Laboratorium merupakan tempat yang banyak terdapat zat-zat kimia yang membahayakan , tentu saja keseriusan dalam bekerja sangat penting. Maka hindarilah bermain-main dengan pekerja lain atau bermain-main dengan zat berbahaya, dan jangan bergurau saat di laboratorium.

4. Jangan makan, dan minum di dalam laboratorium

Makan dan minum di dalam laboratorium tentu saja harus dihindari, mengingat laboratorium harus bersih dan steril. cara kerja di laboratorium pun sangat berbeda dan butuh kehati-hatian ekstra, karena di Laboratorium terdapat banyak zat kimia yang berbahaya, dikhawatirkan jika kita makan dan minum di laboratorium, zat-zat kimia tadi bisa meracuni makanan yang kita makan.

5. Jangan mencium bahan kimia secara langsung

Zat-zat kimia yang ada di dalam laboratorium, kebanyakan merupakan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh jika dihirup atau disentuh secara langsung. Maka saat di laboratorium gunakan, jas standar laboratorium, masker, dan sarung tangan sebelum bekerja.

6. Lakukan latihan keselamatan kerja secara berkala

Latihan keselamatan kerja merupakan langkah yang penting, karena dengan latihan ini, para peneliti atau pekerja di laboratorium bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja. Dengan latihan simulasi ini para pekerja akan mendapatkan pengalaman dan pelajaran bagaimana bertindak dengan cepat dan tepat.

7. Sediakan kelengkapan alat keselamatan kerja

Penyediaan kelengkapan alat keselamatan kerja ditujukan agar saat terjadi kecelakaan, para pekerja bisa mengantisipasinya dengan cepat. Berikut adalah alat-alat keselamatan kerja yang harus disediakan di laboratorium.

  • Pemadam kebakaran (hidrant)
  • Eye washer
  • Kacamata keselamatan (clear safety glasses)
  • Pelindung muka
  • Masker gas
  • Fire blanket (selimut api)
  • Sarung tangan
  • Safety shower
  • Water shower
  • Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
  • Jas Laboratorium
  • Peralatan pembersih
  • Obat-obatan
  • Kapas
  • Plaster pembalut

8. Berdoa sebelum memulai pekerjaan

Banyak makalah dan artikel tentang langkah-langkah keselamatan kerja di laboratorium namun kurang memperhatikan langkah yang satu ini, yakni doa. berdoa merupakan permohonan kepada Tuhan yang disertai kerendahan hati untuk meminta suatu kebaikan dan keselamatan dalam menjalani sesuatu.

Keselamatan kerja di laboratorium merupakan hal yang penting dan wajib diperhatikan. Usaha dan berdoa merupakan suatu keniscayaan demi mendapatkan keselamatan dan keberkahan dalam menjalani segala aktivitas kita. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan