Sejarah Renang dan Perkembangannya

Diposting pada

Sejarah renang sebenarnya sudah lama diciptakan oleh manusi pada zaman batu. Kemudian olahraga renang berkembang keseluruh penjuru dunia. Catatan sejarah ditemukan dengan bukti-bukti berupa lukisan ataupun gambar-gambar yang berusia sangat tua. Penemuan olahraga renang awal mulanya terdapat pada goa di barat daya Mesir daerah Sora. Olahraga renang kemudian berkembang ke wilayah yunani dan Romawi karena renang merupakan faktor utama dalam kepelatihan tentara Romawi. Demikian pula renang berkembang pesat ke wilayah Asia yang di klaim oleh Jepang sebagai suatu bentuk kewajiban militer.

Sejarah Gaya Renang

Sejarah Renang dan Perkembangannya

Baca juga : Sejarah Valentine dan Negara Yang Mengadopsinya

Seorang profesor Jerman yang bernama Nicolas Wymann, membukukan untuk pertama kalinya olahraga renang ini pada tahun 1538. Demikian pula kitab agama kristen juga menuliskannya pada ayat-ayat injil. Kemudian kolam renang pertama kali dibuat pada tahun 1800, tepatnya di negara Australia dan Jerman. Maksud setiap negara Eropa pada waktu itu menggunakan renang sebagai sarana latihan militer. Beberapa olahraga renang memiliki gaya atau aturan, diantarannya sebagai berikut :

  1. Gaya bebas

Pada tahun 1873, seorang bangsa Amerika mempopulerkan gaya renang bebas yang di inspirasi dari sekelompok bangsa Indian. Gaya bebas juga disebut dengan gaya Trudgen. Kemudian Richard Cavil mengembangkan gaya bebas di kepulauan Solomun. Kemudian beberapa negara di dunia membetuk sebuah federasi renang pada tahun 1908 yang bernama Federation Internationale De Natation De Amateur atau yang biasa disebut dengan Federasi renang Amatir International.

  1. Gaya kupu-kupu

Gaya kupu-kupu dipopulerkan pada tahun 1952. Kemudian bervariasi menjadi gaya dada. Federasi ini mencetuskan masing-masing gaya renang untuk dijadikan sebuah perlombaan yang masing-masing dipelopori oleh negara-negara besar di Benua Amerika.

Sejarah Perlombaan Renang

Sejarah perlombaan renang tercatat pada tahun 36 sebelum Masehi oleh salah satu bangsa Jepang yang bernama Kaisar Suiqui. Akan tetapi di Benua Eropa pada tahun 1800, renang gaya dada sudah mulai diperlombakan. Olimpiade pertama renang di Dunia di adakan pada tahun 1896, tepatnya di Atena, Yunani. Pada olimpiade ini, renang di perlombakan menjadi 4 nomor, diantaranya adalah 100 meter, 500 meter, 1200 meter. Akan tetapi, untuk gaya bebas bagi para militer angkatan laut hanya di adakan 1 nomer yaitu 100 meter.

Sedangkan olahraga renang untuk wanita di adakan di sekitar tahun 1912 yaitu tepatnya pada olimpiade di kota Spockholm, negara Belanda. Pada olimpiade tersebut, lomba yang di adakan hanya olahraga renang gaya bebas. Olahraga renang lambat laun mulai populer ke masyarakat. Dan pada olimpiade selanjutnya olahraga renang mulai di adakan untuk anak-anak usia dini.

Perkembangan Renang di Indonesia

Indonesia sebagai negara besar dan luas tentunya memiliki peranan yang sangat besar dalam perkembangan wilayah dan kekuasaan. Tidak lupa untuk olahraga renang, indonesia mencatat sejarah renang pada tahun 1943 sampai 1945. Sejarah renang dimulai pada penjajahan Jepang. Pada waktu itu, masyarakat belajar renang untuk latihan militer.

Pada tanggal 24 Maret tahun 1951, didirikan Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) yang diprakasai oleh dr. Poerwosoedarmo. Kemudian PBSI diterima oleh Internationale Olimpic Comittee (IOC) dan FINAD. Kemudian renang berubah nama menjadi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) yang menyelanggarakan PON (Pekan Olahraga Nasional) untuk pertama kalinya pada tahun 1948 di Surakarta.

Baca juga : Kronologis dan Sejarah G30S PKI Lengkap

Sejak saat itu, renang merupakan salah satu olahraga favorit orang Indonesia. Bahkan dalam perkembangannya, ada banyak sekolah renang yang memiliki ratusan siswa.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan