Rumus Luas Permukaan Balok dan Soal Latihan

Rumus Luas Permukaan Balok dan Soal Latihan

Posted on

Sebuah bangun ruang akan berkaitan sekali dengan matematika. Bangun ruang sendiri memiliki arti yaitu sebuah bangunan yang memiliki volume yang bisa dihitung. Bangun ruang dapat dilihat secara 3 dimensi karena memiliki bentuk yang cukup nyata. Pada kali ini kita akan membahas balok. Balok adalah bangun ruang yang banyak diaplikasikan sebagai benda – benda yang berguna dalam kehidupan sehari seperti lemari, kulkas, dan lain – lan. Kali ini akan diberitahukan untuk anda bagaimana cara menghitung luas permukaan bangun tersebut dengan menggunakan rumus luas permukaan balok.

Informasi Rumus Luas Permukaan Balok

Rumus Luas Permukaan Balok dan Soal Latihan

Sebelum masuk ke inti dari persamaan rumus luas permukaan balok, maka anda harus mengetahui beberapa hal yang ada pada balok. Dengan mengetahui ciri khas yang dimiliki balok dan lain – lainnya, maka anda dapat mengaplikasikan rumus luas permukaan balok.

1. Jaring – Jaring Balok

Baca Juga : Perangkat Lunak Pengolah Kata yang Mudah Digunakan

Balok sendiri adalah bangun yang terdiri dari empat persegi panjang yang memiliki alas yang bisa berupa persegi atau persegi panjang yang berjumlah dua. Sebenarnya bangunan ini bisa disebut juga dengan prisma segi empat, namun penamaan tersebut kurang populer sehingga lebih sering di dengar dengan nama balok. Jika anda sudah mengetahui jaring – jaring balok yang menyusun sebuah balok, maka anda sudah siap untuk mengetahui rumus untuk menghitung luas permukaan balok.

2. Rumus luas permukaan Balok

Setelah mengetahui komponen penyusun balok, sudah saatnya anda mengetahui rumus yang dapat anda gunakan untuk menghitung luas permukaan. Pada intinya rumus luas permukaan adalah sebagai berikut

Luas Permukaan = Luas alas + Luas Selimut

Jika diterapkan pada bangun ruang balok, maka persamaan luas permukaan balok adalah sebagai berikut,

Luas permukaan = (2 x panjang1 x lebar1) + (4 x panjang2 x lebar2)

Dimana luas alasnya juga bisa berubah menjadi rumus keliling segi empat sehingga rumusnya menjadi seperti ini,

Luas permukaan = (2 x 4 x sisi) + (4 x panjang2 x lebar2)

3. Jika anda tidak mengetahui salah satu sisinya

maka anda bisa mencarinya jika terdapat volume. Caranya adalah mencari sisi yang belum diketahu dari perhitungan volume. Lalu anda akan mendapatkan sisi lainnya. Rumusnya akan menjadi seperti ini,

Luas Permukaan = 2 x(pl + pt + lt)
Dengan keterangan p adalah panjang, l adalah lebar, dan t adalah tinggi

Jika pada pengaplikasian soal, bisa saja dibuat lebih susah dengan adanya variasi – variasi lainnya untuk mencari luas permukaan balok. Oleh karena itu anda harus mengusai beberapa persamaan untuk mencari sisi pada balok seperti rumus keliling segi empat, rumus keliling persegi panjang, rumus Pythagoras, dan lain – lain.

Soal Latihan Menghitung Luas Permukaan Balok

Baca Juga : Rumus Luas Jajar Genjang dan Contoh Soal

Tidak lengkap rasanya jika sudah mengetahui rumus luas permukaan balok namun belum mengaplikasikannya. Berikut ini contoh soal untuk anda.

  1. Tentukan luas permukaan balok jika p = 8 cm, l = 13 cm, dan t = 12 cm. Carilah juga volume balok!
  2. Sebuah kotak memiliki sebuah volume yaitu 16 cm3 jika memilki panjang 2 cm dan lebar 2 cm. Tentukan luas permukaan kotak tersebut!

Pada akhirnya anda dapat mengaplikasikan sebuah rumus apabila mengetahui sifat – sifatnya. Sudah diberikan untuk anda rumus luas permukaan balok sehingga anda dapat menggunakannya untuk memecahkan permasalahan sekitar luas permukaan balok. Selamat mencoba

Leave a Reply