Rumus Volume Prisma Segitiga dan Contoh Soalnya

Rumus Volume Prisma Segitiga dan Contoh Soalnya

Posted on

Prisma adalah salah satu jenis bangun ruang. Bangun ruang adalah bangun yang memiliki bentuk tiga dimensi. Oleh karena itu akan ada sisi luas dan tinggi untuk mencari volume. Berbicara masalah prisma, terdapat berbagai macam bentuk prisma yang bisa anda ketahui. Ada prisma segitiga, prisma segi lima, hingga prisma segi – n. Semua jenis prisma tersebut memiliki volumenya masing – masing. Pada artikel ini akan dibahas tentang rumus volume prisma segitiga dalam matematika.

Rumus Volume Prisma Segitiga dan Contoh Soalnya

Menggunakan Rumus Volume Prisma Segitiga

Prisma segitiga adalah salah satu jenis prisma yang cukup terkenal. Hal ini dikarenakan prisma tersebut dibentuk dari alas yang memiliki sisi paling sedikit yaitu 3 sisi. Rumus prisma segitiga ada dua yaitu rumus volume dan rumus luas permukaan. Bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang prisma segitiga, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu sifat dan jaring – jaring prisma segitiga. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan membantu anda dalam menyelesaikan masalah prisma segitiga dengan matematika. Lebih baik anda paham sehingga anda akan lebih mudah lagi dalam menggunakan rumus volume prisma segitiga. Berikut ini rumus yang bisa anda gunakan.

  1. Rumus umum volume prisma segitiga

Jika anda memiliki permasalahan prisma segitiga dalam kehidupan anda, maka anda bisa saja menggunakan rumus umum yang dimiliki oleh prisma. Berikut ini rumus umumnya.

Volume = luas alas x tinggi bangun

Rumus umum ini bisa diterapkan di untuk semua bentuk prisma. Mulai dari prisma segitiga hingga prisma segi – n. Namun jika dijabarkan lagi untuk persamaan volume prisma segitiga, maka hasilnya adalah sebagai berikut,

Volume = ½ x (alas segitiga x tinggi segitiga) x tinggi bangunan

Jika anda menggunakan rumus tersebut, maka anda bisa menemukan volume prisma segitiga dengan mudah. Tentu saja anda harus menemukan apa yang dibutuhkan dalam persamaan tersebut.

Baca juga : Rumus Luas Bangun Datar Matematika

  1. Rumus Volume prisma segitiga dengan rumus Pythagoras

Rumus ini merupakan rumus terapan pada prisma segitiga yang memiliki alas siku – siku. Jika salah satu sisi segitiga siku – siku ada yang belum ditemukan, maka anda bisa mencarinya menggunakan rumus Pythagoras. Berikut ini adalah rumus Pythagoras.

C2 = A2 + B2

Hal ini tidak hanya diterapkan saat mencari volume prisma segitiga. Rumus Pythagoras juga bisa membantu anda menemukan lusa permukaan yang dimiliki oleh prisma segitiga. Bahkan jika anda tidak bisa menemukannya masih ada cara lain untuk menemukan sisi yang tidak diketahui tersebut menggunakan rumus trigonometri.

  1. Contoh Soal

Ada sebuah prisma segitiga dengan tinggi prisma sebesar 10 cm dan alasnya yang berbentuk alas yang berbentuk segitiga memiliki panjang alas 6 cm dan tinggi alas 8 cm. Tentukan luas prisma segitiga tersebut.

Diketahui: Tinggi prisma 10 cm, panjang alas 6 cm, dam tinggi alas 8 cm

Ditanyakan: Volume prisma segitiga

Jawab: Volume =  ½ x (alas segitiga x tinggi segitiga) x tinggi bangunan

Volume = ½ x (6 cm x 8 cm) x 10 cm

Volume = 24 cm2 x 10 cm

Volume = 240 cm3

Jadi volume prisma segitiga tersebut adalah 240 cm3

Demikianlah rumus volume prisma segitiga yang bisa anda gunakan saat ini. Harapannya dengan adanya contoh soal volume prisma segitiga bisa membantu anda dalam menggunakan rumus ini. Masih banyak lagi pengaplikasiannya jika anda mencari variasi soal dengan kesulitan yang berbeda – beda.

Leave a Reply