Rumus Volume Bangun Ruang Secara Umum

Diposting pada

Bangun ruang adalah bangun yang dibentuk dari bangun datar. Oleh karena itu dimensi yang dimiliki oleh bangun datar dan bangun ruang berbeda. Jika bangun datar berdimensi dua, maka bangun ruang berdimensi tiga. Biasanya dalam kehidupan, bangun ruang yang biasanya digunakan dan dimanfaatkan. Oleh karena itu diperlukan matematika untuk mengetahui permasalahan tentang bangun ruang. Untuk menyelesaikan masalah tentang isi bangun ruang, maka anda bisa mengetahui hal tersebut dengan menggunakan rumus volume bangun ruang.

Rumus Volume Bangun Ruang Secara Umum

Macam – Macam Rumus Volume Bangun Ruang

Volume bangun ruang adalah isi yang dapat memenuhi bangun ruang tersebut. Hal inilah yang terkadang perlu diketahui karena bangun ruang biasanya digunakan untuk mengisi sesuatu. Bangun ruang biasanya banyak di modifikasi agar bisa menyesuaikan dengan hal – hal yang diperlukan dalam hidup. Sebagai contoh, bak mandi yang berbentuk balok perlu diketahui jumlah air yang dapat ditampungnya. Dengan menggunakan rumus volume balok, maka anda bisa mengetahui jumlah air yang tertampung. Jika anda ingin mengetahui volume kaleng susu, maka anda hanya perlu mencari komponen – komponen yang bisa digunakan untuk mencari volume tersebut. Penasaran? Berikut ini adalah rumus volume bangun ruang.

  1. Kubus

Bangun ruang yang satu ini memiliki 6 sisi yang setiap ukuran sisinya sama semua. Kubus memiliki 12 rusuk dengan nilai sudut semuanya adalah 90o. Berikut ini adalah rumus volume kubus yang bisa anda gunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk kubus.

Volume = Sisi x Sisi x Sisi

  1. Balok

Balok adalah salah satu bangun ruang yang mirip dengan kubus. Pasalnya balok memiliki 6 sisi. Namun yang membedakan balok dengan kubus adalah balok memiliki 3 pasang sisi yang ukurannya berbeda – beda sehinga memberikan bentuk yang berbeda dengan kubus. Berikut ini adalah rumus volume bangun ruang balok.

Volume = Panjang x Lebar x Tinggi.

  1. Tabung

Tabung merupakan bangun ruang yang cukup sederhana. Hal ini dikarenakan tabung hanya tersusun dari satu buah persegi panjang dan dua buah lingkaran. Adapun rumus yang biasanya digunakan untuk mencari volume bangun ruang tabung tersebut. Berikut ini rumusnya.

Volume = luas lingkaran x tinggi

Volume = π x jari – jari2 x tinggi bangun

  1. Kerucut

Kerucut merupakan salah satu bangun ruang yang dipotong sisi samping tabung sehingga akan berbentuk seperti segitiga. Kerucut hanya dibangun dari satu buah lingkaran dan satu buah selimut kerucut. Adapun rumus volume kerucut yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan masalah kerucut. Berikut ini adalah rumusnya.

Volume = 1/3 x π x jari – jari2 x tinggi bangun

  1. Limas segi empat

Limas adalah bangun ruang yang dibentuk dari satu sisi persegi atau persegi panjang dan empat buah segitiga. Limas adalah ukuran 1/3 dari kubus jika memiliki sisi persegi. Berikut ini adalah rumus yang digunakan.

Volume = 1/3 x sisi x sisi x tinggi bangunan

  1. Bola

Rumus volume bangun ruang yang terakhir adalah Bola. Bola adalah bangun ruang yang cukup unik karena bentuk dasarnya adalah lingkaran yang diselimuti sehingga berbentuk bola. Bangun ini tidal memiliki jaring – jaring. Berikut ini adalah rumusnya.

Volume = 4/3 x π x jari – jari3

Baca juga : Fakta Bilangan Prima 1 sampai 100 Yang Perlu Diketahui

Sekian rumus volume bangun ruang yang bisa anda pelajari dan anda aplikasikan. Pada dasarnya pengaplikasian bangun ini akan berdasar pada rumus yang sudah diberikan dan disediakan untuk anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan