Rumus Segitiga Siku – Siku

Rumus Segitiga Siku – Siku dan Contoh Soal

Posted on

Segitiga adalah salah satu bangun datar dengan ciri khas yaitu memiliki tiga sisi dan memiliki tiga sudut. Segitiga memiliki macam – macam bentuk. Terdapat tiga bentuk segitiga yang diketahui saat ini yaitu segitiga sama kaki, segitiga siku – siku, dan segitiga sembarang. Ketiga segitiga ini memiliki ciri khasnya masing – masing. Pada artikel ini akan dibahas tentang rumus segitiga siku – siku dan pengaplikasian rumus segitiga siku – siku ke dalam contoh soal. Segitiga siku – siku adalah segitiga yang memiliki beberapa keunikan. Segitiga ini memiliki tiga sisi dengan dua sudut lancip dan satu sudut siku – siku. Mengapa disebut segitiga siku – siku? Karena segitiga siku – siku memiliki sudut siku – siku 90o yang dibentuk oleh kedua sisi.

Rumus Segitiga Siku – Siku: Keliling, Luas dan Pythagoras

Rumus Segitiga Siku – Siku

Segitiga siku – siku memiliki persamaan rumus pada segitiga pada umumnya yaitu rumus luas dan keliling segitiga. Sedangkan segitiga siku – siku memiliki keunikan yang disebut dengan rumus Pythagoras. Ketiga rumus ini akan dijelaskan untuk anda agar lebih mengerti tentang persamaan segitiga siku – siku. Berikut merupakan rumus yang sering digunakan dalam segitiga siku – siku.

1. Luas segitiga siku – siku

Luas segitiga siku – siku memiliki rumus yang sama dengan luas segitiga pada umumnya. Rumus segitiga siku – siku adalah sebagai berikut.

L=1/2 a×t

Keterangan: L = Luas; a = alas; t = tinggi

Adanya rumus ini bisa anda gunakan untuk menghitung luas segitiga siku – siku. Sekali lagi, rumus luas segitiga yang satu ini bisa digunakan untuk menghitung luas segitiga yang lainnya.

2. Keliling segitiga siku – siku

Sama halnya dengan luas segitiga siku – siku, rumus keliling segitiga siku juga bisa digunakan untuk menghitung keliling segitiga yang lainnya. Berikut ini merupakan rumus keliling segitiga siku – siku.

K=sisi+sisi+sisi

Keterangan: K = Keliling

3. Pythagoras

Rumus Pythagoras adalah rumus istimewa milik segitiga siku – siku. Rumus ini memiliki keistimewaan dikarenakan segitiga ini disusun dari dua sisi yang tegak lurus dan memiliki sisi miring. Berikut ini merupakan rumus Pythagoras.

a^2+b^2=c^2
Keterangan: a = sisi 1; b = sisi 2; c = sisi miring

Anda bisa mencari semua panjang semua sisi menggunakan rumus yang satu ini. Berikut merupakan cara mencari setiap sisi dari segitiga siku – siku.

Baca juga : 8 Hal Keselamatan Kerja di Laboratorium yang Perlu Dilakukan

  • Jika panjang sisi a dan panjang sisi b sudah diketahui nilainya, maka anda bisa mencari sisi miringnya dengan menggunakan rumus asli Pythagoras yaitu c2 = a2 + b2
  • Jika panjang sisi b dan panjang sisi c sudah diketahui nilainya, maka anda bisa mencari panjang sisi a dengan menggunakan rumus asli Pythagoras yaitu a2 = c2 – b2
  • Jika panjang sisi c dan panjang sisi a sudah diketahui nilainya, maka anda bisa mencari panjang sisi b dengan menggunakan rumus asli Pythagoras yaitu b2 = c2 – a2

Menariknya dari rumus Pythagoras adalah rumus istimewa ini bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi seperti menaksir tinggi pohon saat anda sedang melakukan petualangan dan lain – lainnya. Berikut ini adalah contoh soal untuk rumus segitiga Pythagoras.

Sebuah segitiga memiliki XYZ memiliki panjang sisi XY dengan panjang 3 cm dan sisi YZ dengan panjang 4 cm. Tentukan panjang sisi miring pada segitiga XYZ!

Diketahui:

XY = 3 cm; YZ = 4 cm

Ditanyakan: Sisi miring segitiga XYZ

Jawab :

c2 = a2 + b2
XZ2 = XY2 + YZ2
XZ2 = 32 + 42 = 12 + 24 = 25
XZ = 5cm

Baca juga : Perkembangan Sistem Operasi Windows dari Masa ke Masa

Demikian rumus segitiga siku – siku dan contoh soalnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply