Rumus Segitiga Sama Sisi Secara Lengkap

Diposting pada

Siapa yang tidak kenal dengan bangun datar segitiga. Segitiga sendiri memiliki keunikan sendiri karena bentuknya yang dapat diubah menjadi bermacam – macam bentuk segitiga. Segitiga dapat digolongkan menjadi tiga yaitu segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sama kaki. Pada artikel ini kita akan membahas tentang segitiga sama sisi. Pembahasan pada artikel ini meliputi sifat segitiga sama sisi dan rumus segitiga sama sisi yang dapat anda gunakan ketika ada permasalahan pada bentuk bangun datar tersebut.

Rumus Segitiga Sama Sisi: Sifat Segitiga Sama Sisi

Rumus Segitiga Sama Sisi Secara Lengkap

Sebelum anda mengetahui tentang rumus segitiga sama sisi, adakalanya anda mengetahui dulu sifat segitiga sama sisi. Sifat yang dimiliki oleh segitiga ini akan membantu anda mengaplikasikan anda dalam rumus segitiga sama sisi yang nantinya akan anda gunakan. Berikut ini adalah sifat dari segitiga sama sisi.

Baca juga : Mengenal Sifat – Sifat Bangun Datar

  1. Segitiga sama sisi memiliki tiga sisi dan tiga sudut
  2. Jumlah sudut pada segitiga tersebut adalah 180o
  3. Segitiga sama sisi memiliki sisi yang sama. Keunikan dari segitiga ini adalah sisisnya memiliki panjang yang sama. Jika segitiga ini memiliki sisi sepanjang 6 cm, maka sisi lainnya juga memiliki panjang sisi 6 cm.
  4. Setiap sudut pada segitiga sama sisi memiliki udut lancip dengan besar sudut 60o

Mengetahui sifat ini jelas sangat membantu dalam menyelesaikan sebuah permasalahan segitiga sama sisi atau menyelesaikan sebuah pengaplikasian dari segitiga yang satu ini.

Rumus Keliling dan Luas Segitiga Sama Sisi

Jika anda suah mengetahui sifat yang dimiliki segitiga sama sisi, saatnya anda mengetahui rumus segitiga sama sisi. Rumus yang dimiliki segitiga sama sisi adalah rumus keliling dan rumus luas segitiga sama sisi. Berikut ini merupakan persamaan segitiga sama sisi yang dapat anda digunakan.

1. Rumus Keliling Segitiga Sama Sisi

Rumus keliling segitiga sama sisi hampir sama dengan rumus keliling segitiga pada umumnya. Berikut ini adalah rumus keliling segitiga.

Keliling = sisi + sisi + sisi

Jika anda menghitung keliling segitiga sama sisi, maka anda mendapatkan jawabannya dengan mudah. Namun anda juga bisa mempermudah langkah anda dalam menghitung keliling segitiga sama sisi dengan menggunakan rumus seperti ini.

Keliling = 3 x Sisi

Mengapa rumusnya bisa menjadi seperti rumus yang diatas? Hal ini dikarenakan ketiga sisi yang dimiliki oleh segitiga sama sisi memiliki panjang yang sama. Selain itu sudah kita ketahui dari sifat segitiga sama sisi yaitu memiliki tiga sisi sehingga anda tinggal mengalikan sisi yang anda ketahui dengan angka tiga.

Baca Juga : Contoh Perangkat Lunak Pengolah Angka

2. Rumus Luas Segitiga Sama Sisi

Rumus luas segitiga sama sisi juga sama dengan rumus segitiga pada umumnya. Berikut ini merupakan mencari luas segitiga.

Luas = ½ x Alas x Tinggi

Jika anda menggunakan rumus tersebut, maka anda akan dengan mudah menncari luas segitiga sama sisi. Namun jika anda tidak mengetahui tinggi dari segitiga sama sisi, maka anda bisa menggunakan rumus yang satu ini

Luas = ½ alas x ½ alas√3
Atau
Luas = alas2/4 x √3

Bagaimana mendapatkan nilai akar 3 pada persamaan tersebut? Akar 3 didapatkan dari hasil persamaan Pythagoras yang digunakan untuk mencari tinggi pada segitiga sama sisi.
Demikian rumus segitiga sama sisi yang dapat anda gunakan. Telah diberikan pula sifat segitiga sama sisi yang dapat membantu anda dalam memecahkan masalah pada segitiga sama sisi.

Loading...

Tinggalkan Balasan