Rumus Luas Segitiga Sembarang Secara Lengkap

Rumus Luas Segitiga Sembarang Secara Lengkap

Posted on

Segitiga adalah salah satu bangun ruang yang cukup unik. Segitiga merupakan bangun yang memilki jumlah sisi paling sedikit dibandingkan dengan bangun ruang lainnya. Hal yang membuat unik segitiga adalah bentuknya yang cukup bermacam – macam sehingga akan menghasilkan berbagai macam permasalahan pada segitiga pula. Terdapat empat segitiga yang dikenal secara umum yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang, dan segitiga siku – siku. Keempat segitiga tersebut memiliki karakteristiknya masing – masing. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan rumus luas segitiga sembarang.

Rumus Luas Segitiga Sembarang Secara Lengkap

Rumus Luas Segitiga Sembarang: Sifat Segitiga Sembarang

Untuk menggunakan persamaan luas segitiga sembarang, maka langkah awal yang perlu ada ketahui adalah sifatnya. Mempelajari sifat segitiga sembarang akan membantu anda dalam mengetahui luas segitiga sembarang. Berikut ini adalah sifat segitiga sembarang.

  1. Segitiga sembarang memiliki tiga sudut dan tiga sisi
  2. Jumlah sudut pada segitiga sembarang adalah 180o
  3. Segitiga sembarang memiliki keunikan yaitu segitiga ini memiliki ukuran sisi yang berbeda – beda. Sehingga segitiga ini memiliki pola segitiga yang tidak beraturan dan merupakan segitiga yang cukup susah untuk dicari tingginya. Biasanya segitiga ini dibentuk dari dua segitiga yang memiliki sisi yang sama besar.

Jika anda sudah memahami sifat yang dimiliki segitiga sembarang, maka anda sudah bisa menggunakan rumus luas segitiga semarang.

2 rumus luas segitiga sembarang

Karena sudah mempelajari sifat dari segitiga sembarang, maka sudah saatnya anda mengetahui rumus luas segitiga sembarang. Ada dua cara menggunakan rumus untuk mencari luas segitiga sembarang. Berikut ini adalah rumusnya.

  1. Rumus luas Segitiga Sembarang umum

Rumus yang satu ini digunakan secara umum pada rumus segitiga – segitiga lainnya. Rumus ini sangat umum sehingga biasanya digunakan ketika anda sudah mengetahui tinggi Segitiga dan alas yang dimiliki oleh segitiga tersebut. Berikut ini adalah rumusnya.

Luas = ½  x Alas x Tinggi

Karena rumus ini cukup umum sehingga segitiga lainnya bisa dicari menggunakan rumus ini.

  1. Gunakan rumus trigonometri

Karena rumus segitiga yang satu ini cukup unik dan tidak memiliki pola, maka anda bisa menggunakan rumus trigonometri untuk mencari bagian – bagian yang anda perlukan. Sudah dibahas sebelumnya jika segitiga sembarang biasanya dibuat dari dua segitiga. Anda hanya perlu mencari sudut yang dimiliki dalam segitiga sembarang. Kemudian anda bisa menggunakan aturan trigonometri untuk mencari bagian tersebut.

Baca juga : Fakta Bilangan Prima 1 sampai 100 Yang Perlu Diketahui

A. Aturan sinus

Pada segitiga ABC, maka anda bisa mencari sisi miring AB dan sisi BC dengan cara

Sin A = BC/AB

Atau dengan menggunakan aturan

a/Sin A = b/Sin B = c/Sin C

B. Aturan Cosinus

Dari segitiga sembarang ABC maka didapatkan aturan cosinus berupa

a2 = b2 + c2 – 2b.c.Cos A

b2 = a2 + c2 – 2b.c.Cos B

c2 = b2 + a2 – 2b.c.Cos C

Adanya aturan sinus dan cosinus, maka anda bisa mencari sisi – sisi yang anda butuhkan dalam mencari luas segitiga sembarang dengan menggunakan berbagai macam sudut yang terdapat di dalam segitiga tersebut. Manfaatkan sifat – sifat segitiga lainnya sehingga anda bisa menemukan sudut dari segitiga tersebut saat mencari jawabannya.

Baca juga : Rumus Volume Bangun Ruang Secara Umum

Demikian adalah cara menggunakan rumus luas segitiga sembarang. Harapannya anda bisa menggunakan rumus ini untuk mengatasi berbagai macam permasalahan tentang segitiga sembarang yang anda temui dalam kehidupan anda. Untuk rumus trigonometri bisa juga diterapkan di dalam segitiga – segitiga lainnya sehingga bisa dimanfaatkan.

Leave a Reply