Rumus Luas Permukaan Tabung, Volume, dan Soal Latihannya

Diposting pada

Tabung adalah salah satu jenis bangun ruang yang cukup unik karena memilki alas lingkaran. Tabung adalah bangunan tiga dimensi yang bisa diaplikasikan untuk berbagai macam alat dan benda dalam kehidupan sehari – hari. Sebagai contoh yaitu kaleng, stoples, dan lain – lainnya. Jika anda ingin membuat replika sebuah tabung, maka anda harus mengetahui luas permukaan dab volumenya. Oleh karena itu pada artikel ini akan di ulas seputar rumus luas permukaan tabung dan rumus lain yang bisa digunakan pada tabung.

Rumus Luas Permukaan Tabung Dan Rumus Lainnya

contoh soal volume tabung rumus tabung lengkap rumus luas alas tabung rumus volume tabung dengan diameter contoh soal luas tabung dan jawabannya rumus keliling tabung rumus volume tabung jika diketahui diameter rumus tinggi tabung

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang tabung sebelum mengetahui rumus – rumus pada tabung. Informasi tentang tabung dan rumusnya akan dirangkum oleh artikel ini secara ringkas.

Baca Juga : Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet yang Terbaik

1. Sifat – sifat tabung

Tabung memiliki beberapa sifat yang dapat digunakan untuk membantu anda mengaplikasikan rumus tabung. Tentu saja sifat yang dimiliki tabung merupakan ciri khas yang bisa menjadi penunjuk untuk memecahkan masalah luas permukaan tabung. Berikut ini adalah sifat – sifat tabung

a. Memiliki selimut berupa persegi empat

Segi empat akan menjadi selimut dalam membentuk bangun 3 dimensi seperti tabung

b. Memiliki alas dan tutup yang berupa lingkaran

Lingkaran adalah salah satu bangun datar yang cukup unik sehingga ketika dijadikan sebagai alas suatu bangun ruang, maka hasil dari bangun ruang tersebut tidak memiliki sebuah sudut.

2. Persamaan Volume Tabung

Sebelum mengetahui rumus luas permukaan tabung, maka anda harus mengetahui rumus volume tabung. Rumus volume tabung adalah sebagai berikut,

Volume = π x r2 x t

Keterangan: π bernilai 22/7 atau 3,14; r adalah jari – jari lingkaran, dan t adalah tinggi tabung.
Karena ada lingkaran dalam bentuk tabung, maka rumus volume tabung akan melibatkan rumus lingkaran.

3. Persamaan Luas Permukaan Tabung

Setelah mengetahui rumus volume tabung, maka anda sudah bisa mengetahui rumus luas permukaan tabung. Rumus tersebut juga masih berkaitan dengan lingkaran dan anda perlu mengetahui selimut tabung. Berikut ini adalah rumusnya,

Selimut Tabung = 2 x π x r x t
Luas permukaan tabung = 2 x π x r + (r + t)

Keterangan: π bernilai 22/7 atau 3,14; r adalah jari – jari lingkaran, dan t adalah tinggi tabung.
Rumus ini didapatkan dari dua keliling lingkaran ditambah luas selimut tabung.

Baca Juga : Rumus Luas Permukaan Balok dan Soal Latihan

Soal Latihan

Jika anda sudah mengetahui segala hal terkait dengan rumus tabung, maka anda perlu melatihnya. Berikut ini adalah soal yang dapat anda kerjakan.

  1. Seorang tukang sedang membuat kursi dengan bentuk silinder dengan luas penampang alasnya adalah 280 cm2. Kursi tersebut memiliki tinggi 20 cm. Hitunglah volume dan luas permukaan yang dimiliki oleh kursi tersebut.
  2. Sebuah tabung memiliki jari – jari sebesar 40 cm dan volume tabung adalah 200 cm3. Tentukan luas permukaan pada tabung tersebut.
  3. Sebuah kaleng memiliki panjang 30 cm dan memiliki penampang yang berbentuk lingkaran dengan diameternya 5 cm. Hitunglah volume kaleng dan luas permukaannya tersebut dalam satuan meter.
    Tentukan volume tabung jika diketahui luas permukaan tabung adalah 50 cm2 dengan jari – jari 7 cm!
    Sangat mudah kan dalam mengaplikasikan rumus luas permukaan tabung. Harapannya dengan anda mengetahui berbagai macam rumus tabung, maka anda dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada tabung.
Loading...

Tinggalkan Balasan