Rumus Luas Layang – Layang dan Soal Latihan

Diposting pada

Layang – layang adalah salah satu bangun datar yang cukup unik. Bangun datar yang satu ini disebut dengan layang – layang memiliki persamaan dengan bangun persegi empat. Jika anda ketahui bentuk layang – layang cukup unik dibandingkan dengan bangun yang lainnya. Perlu anda ketahui jika bentuk layang – layang saat ini menjadi model untuk permainan anak – anak dengan nama yang sama yaitu layang – layang. Berikut ini adalah rumus luas layang – layang yang bisa anda gunakan ketika dibutuhkan untuk mencari luas layang – layang.

Rumus luas layang – layang : Sifat layang – layang

Rumus Luas Layang – Layang dan Soal Latihan

Untuk mengetahui persamaan luas layang – layang, maka yang anda perlukan adalah mengetahui sifatnya. Adanya pengetahuan tentang sifat bangun datar layang – layang akan membantu anda dalam menyelesaikan masalah terkait dengan bangun layang – layang. Apa saja sifat dari bangun datar layang – layang? Simak sifatnya pada artikel yang satu ini.

Baca juga : Rumus Segitiga Sama Sisi Secara Lengkap

  1. Memiliki dua pasang sisi yang ukurannya sama panjang.
  2. Sisi yang berpasangan memiliki sudut yang sama besarnya
  3. Terbagi menjadi dua diagonal dan ddiagonalnya saling berpotongan tegak lurus
  4. Hanya memiliki satu sumbu simetri saja
  5. Dapat dibentuk dari dua segitiga

Jika anda sudah memahaminya, maka anda sudah siap mengetahui rumus luas layang – layang. Rumus luas layang – layang
Menggunakan persamaan luas layang – layang sangatlah mudah. Anda sudah mengetahui sifat yang dimiliki oleh kayang – layang dan anda hanya membutuhkan panjang diagonal untuk mengetahui luas layang – layang. Berikut ini adalah rumus luas layang – layang.

Luas = ½ x d1 x d2
Keterangan: d = diagonal

Jika anda mengetahui diagonal – diagonal pada layang – layang, berarti anda sudah siap untuk menghitung luas layang – layang. Jika anda tidak mengetahui panjang diagonal yang lainnya anda dapat memanfaatkan persamaan Pythagoras untuk mencari panjang diagonal.

Soal Latihan menghitung luas layang – layang

Jika anda sudah mengetahui sifat dan rumus luas layang – layang, maka kurang lengkap jika tidak ada contoh soalnya. Berikut ini adalah contoh soal yang dapat anda pelajari.

1.Diketahui Pak Amin memiliki sebidang tanah yang berbentuk layang – layang. Ketika Pak Amin mengukur diagonal nya, maka didapatkan panjang diagonal sebesar 12 m dan diagonal lainnya memiliki panjang 6 m. Jika Pak Amin ingin menjual tanah tersebut seharga Rp 100.000 untuk setiap m2, maka berapa uang yang didapatkan oleh Pak Amin?

• Diketahui :
o D1 = 12 m
o D2 = 6 m
o Harga tanah per m2 = Rp 100.000

• Jawab
o Luas layang – layang = ½ x D1 x D2
o Luas layang – layang = ½ x 12 x 6
o Luas layang – layang = 36 m2
o Jika Pak Amin menjual tanahnya maka,
 36 x 100.000 = 3.600.000

• Jadi Pak Amin akan mendapatkan uang sebanyak Rp 3.600.000 untuk hasil penjualan tanah

2.Berikut ini adalah soal yang perlu anda kerjakan sendiri. Iman ingin membuat layang – layang yang luasnya 36 cm2. Ketika Iman mencari bahan untuk membuat layang – layang, Iman ingin membuat layang – layang yang memiliki panjang diagonal sebesar 6 cm. Tentukan ukuran diagonal lainnya!

Demikian adalah rumus luas layang – layang dan contoh soalnya bisa anda kerjakan. Harapannya anda bisa memahami dengan baik rumus yang diberikan agar anda bisa menyelesaikan persoalan tentang layang – layang.

Loading...

Tinggalkan Balasan