Rumus Luas Jajar Genjang dan Contoh Soal

Rumus Luas Jajar Genjang dan Contoh Soal

Posted on

Jajar genjang adalah salah satu jenis bangun datar yang memiliki sifat dua dimensi dan memiliki empat sisi. Sifat dari jajar genjang lainnya adalah memiliki sisi yang sejajar dengan pasangannya. Sudut yang dimiliki oleh jajar genjang adalah dua sudut lancip dan dua sudut tumpul. Jika setiap sisinya memiliki panjang yang sama maka jajar genjang akan berubah bentuk menjadi belah ketupat. Adapun rumus yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jajar genjang. Jika berkaitan dengan luas, maka anda harus menggunakan rumus luas jajar genjang.

Cara Menggunakan Rumus Luas Jajar Genjang dan Contoh Soal

Rumus Luas Jajar Genjang dan Contoh Soal

Baca Juga : Pengertian Perangkat Lunak dan Pentingnya Software

Secara sekilas jika melihat jajar genjang akan terlihat seperti salah satu bangun datar yaitu trapesium. Jika anda mengajari anak didik anda, usahakan untuk memberikan sifat – sifat tentang bangun datar yang akan anda bahas. Jika anda penasaran maka berikut ini adalah persamaan luas jajar genjang.

  1. Rumus jajar Genjang
    Jika anda ketahui, rumus jajar genjang cukup mudah di ingat. Untuk mencari luas jajar genjang, maka anda perlu mengetahui panjang alas jajar genjang dan tinggi. Jika anda sudah mengetahui tinggi jajar genjang dan alas jajar genjang, maka rumus yang anda pakai untuk mencari luas adalah sebagai berikut,

    L=a×t

    Keterangan: L adalah luas, a adalah alas, dan t adalah tinggi
    Dengan rumus tersebut, anda bisa menyelesaikan masalah tentang luas jajar genjang. Kemudian akan dilanjutkan dengan pengaplikasian rumus luas jajar genjang.

  2. Menggunakan rumus Pythagoras                                                                                                                                    untuk mencari tinggi jika diketahui sisi miring dan sisi lainnya dalam segitiga siku – siku pada jajar genjang. Jika anda mengetahui setiap sisinya namun tidak mengetahui tinggi dari jajar genjang, maka anda bisa mencarinya dengan rumus Pythagoras. Anda hanya perlu mencari sisi lainnya yang bisa disebut dengan tinggi. Rumus Pythagoras merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai suatu sisi pada segitiga siku – siku. Dikarenakan pada jajar genjang bisa dibagi menjadi dua segitiga siku – siku, maka Pythagoras bisa diandalkan dalam kasus yang satu ini. Berikut ini adalah rumus Pythagoras

    a^2+b^2=c^2

    Keterangan: C adalah sisi miring, a adalah sisi 1, dan b adalah sisi 2
    Adanya rumus ini bisa membantu anda dapat menyelesaikan permasalahan luas jajar genjang dengan mudah.

Contoh Soal Luas jajar Genjang

Setelah mengetahui semua rumus yang digunakan untuk mengetahui luas jajar genjang, maka tiba saatnya anda mencoba untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan luas jajar genjang. Sudah siap? Berikut ini adalah soal – soal yang bisa anda jadikan latihan soal.

  1. Sebuah jajar genjang memiliki alas dengan panjang 5 cm dan tinggi sepanjang 7 cm. Carilah luas jajar genjang tersebut!
  2. Toni memiliki tanah dengan bentuk jajar genjang. Keliling tanah miliki Toni adalah 20 cm dengan sisi miring sebesar 4 cm dan tinggi tanah tersebut adalah 6 cm. Berapa luas tanah Toni jika sisi yang lainnya tidak diketahui?
  3. Tentukan luas sebuah jajar genjang yang memiliki alas sebesar 14 cm dan memiliki tinggi sebesar 4 cm dan keliling jajar genjang jika sisi lain dari segitiga siku – siku yang berada di jajar genjang sebesar 3 cm!

Baca Juga : Penggunaan Rumus Luas Persegi Panjang

Sudah tersedia rumus luas jajar genjang dengan soal – soal latihannya. Berlatih lah terus menerus agar anda bisa menguasai materi rumus luas jajar genjang dengan baik.

Leave a Reply