Rumus Luas Bangun Datar Matematika

Diposting pada

Siapa yang tidak mengetahui bangun datar, bangun datar adalah salah satu bentuk bangun yang memiliki sifat dua dimensi. Tentu saja bangun ini jika digabungkan bisa membentuk bangun tiga dimensi. Apa gunanya mengetahui bangun datar? Tentu saja anda bisa mengetahui luas dan keliling yang dimiliki bangun datar. Cara mengetahuinya adalah menggunakan rumus matematika. Setiap bentuk memiliki rumus luas bangun datar masing – masing sehingga perlu dihafalkan dan dipelajari untuk menyelesaikan permasalahan bangun datar tersebut.

Rumus Luas Bangun Datar Matematika

Mengetahui Rumus Luas bangun datar

Bangun datar memiliki bermacam – macam bentuk yang tentunya memiliki sifatnya masing – masing. Sifat bangun datar yang berbeda – beda akan menentukan pula persamaan luas bangun datar tersebut. Saat ini banyak sekali bangun datar yang bisa anda ketahui dan anda pahami. Mengetahui bangun datar akan mempermudah anda untuk memecahkan masalah tentang bangun datar di sekitar anda. Jika anda penasaran, berikut ini adalah berbagai macam rumus luas bangun datar yang bisa anda pelajari secara maksimal.

  1. Persegi

Persegi adalah bangun datar yang memiliki sisi yang sama dan memiliki besar sudut yang sama. Sisinya yang saling sejajar juga bisa menjadi alasan mengapa bangun ini disebut sebagai persegi. berikut ini adalah rumus luas persegi yang bisa anda gunakan.

Baca juga : Rumus Luas Permukaan Bola Secara Lengkap

Luas = Sisi x Sisi

Adapun sifat lainnya yaitu memiliki empat sumbu simetri dan memiliki dua diagonal yang saling berpotongan tegak lurus.

  1. Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bangun segi empat yang memiliki dua pasang sisi yang ukurannya saling berbeda. Sifat – sifat lainnya seperti memiliki empat sisi dan memiliki empat sudut siku – siku hampir sama dengan sifat persegi. Berikut ini adalah rumus luas persegi panjang.

Luas = Panjang x Lebar

Rumus yang digunakan oleh persegi panjang hampir sama dengan rumus persegi yaitu mengalikan setiap sisinya. Namun perbedaannya terletak pada ukuran sisi yang dimiliki persegi panjang.

  1. Layang – layang dan belah ketupat

Kedua bangun datar ini memiliki rumus luas yang sama. Perbedaannya yang terlihat dari kedua bentuk bangun datar ini adalah ukuran sisinya. Jika belah ketupat memiliki empat sisi yang sama, bahkan mirip seperti bangun datar persegi. Sedangkan layang – layang memiliki sepasang sisi yang berbeda. Berikut ini rumus yang bisa anda gunakan untuk mencari luas layang – layang dan luas belah ketupat.

Luas = ½ x diagonal1 x diagonal2

  1. Segitiga

Seperti namanya, bangun datar ini hanya memiliki tiga sisi yang bisa memiliki berbagai ukuran sehingga bisa membentuk berbagai macam segitiga. Saat ini dikenal ada setidaknya 4 jenis segitiga yang bisa dikelompokkan. Keunikan dari segitiga adalah memiliki total sudut 1800. Berikut ini adalah rumus luas segitiga.

Luas = ½ x Alas x Tinggi

  1. Jajar genjang

Bangun datar yang satu ini memiliki empat sisi yang satu pasang sisinya berdiri tidak tegak lurus. Berikut ini adalah luas yang dimiliki jajar genjang.

Luas = Alas x Tinggi

  1. Trapesium

Bentuk trapesium memiliki banyak macam dan sisi yang membangun trapesium memiliki segala ukuran. Berikut ini adalah rumusnya.

Luas = ½ x (alas1 + alas2) x tinggi

  1. Lingkaran

Bangun datar yang satu ini cukup unik karena tidak miliki sudut sama sekali. Berikut ini rumus luas bangun datar lingkaran.

Luas = π x jari2

Jika anda memahami rumus luas bangun datar, maka anda nantinya bisa mengusai rumus volume bangun ruang pula.

Loading...

Tinggalkan Balasan