Rumus dan Jaring – Jaring Prisma Segitiga

Diposting pada

Prisma adalah salah satu anggota yang dgolongkan pada kategori bangun ruang. Bangun ruang sendiri adalah bangun yang memiliki sebuah volume. Biasanya bangun ruang dimanfaatkan menjadi sebuah benda dalam kehidupan sehari – hari. Sebagai contohnya yaitu bentuk balok yang diadaptasi oleh lemari atau bentuk tabung yang diadaptasi oleh drum. Prisma sendiri adalah salah satu bangun ruang yang menyesuaikan alas yang dimilikinya. Kali ini akan dibahas jaring – jaring prisma segitiga dan rumus yang dimiliki oleh benda tersebut.

Rumus dan Jaring – Jaring Prisma Segitiga

Bentuk Jaring – Jaring Prisma Segitiga

Prisma segitiga adaah kombinasi dari tiga persegi panjang dan dua segitiga. Tentu saja prisma segitiga memiliki bentuk yang bervariasi karena memiliki segitiga memiliki berbagai macam bentuk. Jenis segitiga yang dapat membentuk berbagai macam prisma segitiga adalah segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sembarang. Untuk membuat prisma segitiga, maka anda harus mengetahui pola yang dimliki oleh prisma tersebut. Berikut ini adalah contoh jaring – jaring segitiga yang bisa anda amati dengan seksama

  1. Jaring – Jaring Prisma Segitiga Sama Sisi

Bisa dilihat dari prisma tersebut terdapat dua segitiga sama sisi yang membutk prisma. Bentuk prisma ini cukup teratur dikarenakan sisi pada segitiga memiliki kesamaan.

  1. Jaring – Jaring Prisma Segitiga sembarang

Segitiga yang satu ini memiliki dua segitiga sembarang yang dapat mempengaruhi keseimbangan bentuk dari prisma tersebut. Jika jaring – jaring prisma yang berada digambar disusun, maka hasilnya akan menjadi prisma yang berbebtuk sembarang karena mengikuti bentuk segitiga sembarang.

  1. Jaring – Jaring Prisma Segitiga Sama Kaki

Prisma yang satu ini juga memiliki jaring – jaring yang hampir sama dengan kedua prisma diatas. Yang membedakannya adalah segitiga yang dimiliki adalah segitiga sama kaki sebagai alasnya. Bentuk prisma ini akan terlihat stabil.

Apa manfaatnya mengetahui jaring – jaring prisma segitiga? Manfaatnya adalah, anda bisa mengetahui cara menghitung luas permukaan yang dimiliki oleh sebuah prisma. Belajar untuk mengetahui jaring – jaring juga membantu anda dalam mengetahui sifat yang dimiliki oleh prisma segitiga. Setelah mengetahuinya, sekarang saatnya anda mengetahui pula berbagai rumus yang bisa digunakan untuk memecahkan permasalahan yang dimiliki oleh Prisma segitiga

Baca juga : Rumus Segitiga Sama Kaki dan Sifatnya Secara Lengkap

Rumus – Rumus Prisma Segitiga

Ada beberapa rumus yang bisa anda gunakan. Rumus tersebut adalah rumus luas permukaan dan rumus volume segitiga. Untuk apa mengetahui rumus tersebut? Rumus ini ada dikarenakan banyaknya aplikasi bangun ruang yang perlu anda ketahui ukurannya sehingga anda harus mengetahui luas permukaan atau volume pada prisma segitiga.

  1. Luas permukaan

Luas permukaan prisma segitiga adalah gabungan dari luas alas dan luas selimut prisma segitiga. Oleh karena itu rumusnya akan tertulis seperti ini.

Luas permukaan = luas alas + luas selimut

Dimana

  • Luas alas = 2 x ½ x alas x tinggi
  • Luas selimut = 3 x panjang x lebar
  1. Volume

Volume adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengetahui suatu massa yang dapat memenuhi ruang tersebut. Adanya rumus volume dapat memberikan informasi seberapa banyak ruang yang bisa digunakan. Rumus volume prisma segitiga adalah sebagai berikut

Volume = luas alas x tinggi = ( ½ x alas x tinggi) x tinggi prisma segitiga

Jaring – jaring prisma segitiga dan rumus – rumusnya telah diberikan untuk anda. Harapannya anda bisa menggunakan rumus ini dengan baik dan memecahkan masalah anda yang berkaitan dengan prisma segitiga

Loading...

Tinggalkan Balasan