Penggunaan Rumus Luas Persegi Panjang

Diposting pada

Persegi panjang adalah bangun datar yang mirip dengan segi empat. Apa saja kemiripannya? Segi empat dan persegi panjang memiliki persamaan yaitu memiliki 4 sudut siku – siku dan memiliki empat sisi. Tentu saja perbedaannya cukup kentara yaitu persegi panjang memiliki dua sisi yang berukuran berbeda. Cara menghitung luasnya hampir sama dengan menghitung segi empat. Jika anda belum mengetahuinya, maka anda akan diberikan berbagai macam cara menggunakan rumus luas persegi panjang. Penasaran? Simak artikel ini dengan seksama.

2 rumus luas persegi panjang yang bisa digunakan

 

Penggunaan Rumus Luas Persegi Panjang

Baca Juga : Berbagai Rumus Keliling Persegi Panjang

Bentuk persegi panjang bisa banyak ditemukan dalam kehidupan sehari – hari. Contohnya adalah alas meja, pintu, buku, dan lain – lainnya yang memiliki panjang dan lebar. Dengan keseharian tersebut, anda juga harus bisa memanfaatkan persamaan luas persegi panjang untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan bangun datar persegi panjang. Bagi anak SD, pasti sudah hafal karena di sekolah sudah diajarkan, jika anda lupa tak perlu khawatir karena kali ini akan dibahas secara tuntas tentang rumus luas persegi panjang.

  1. Mengetahui dan mengidentifikasi persegi panjang

    Untuk mengetahui luasnya, anda harus mengetahui pula tentang sifat dan karakteristik yang dimiliki oleh persegi panjang. Syarat utama untuk menjadi persegi panjang adalah memiliki empat sisi dan terdiri dari panjang dan lebar. Kemudian syarat untuk mengetahui luas persegi panjang dengan cara mengidentifikasi panjang dan lebar dari persegi panjang. Jika anda sudah mengetahuinya, berikut ini adalah rumus yang bisa anda pakai atau anda ajarkan kepada anda dan murid anda.

    L=p×l Keterangan: L adalah luas; p adalah panjang persegi panjang; dan l adalah lebar persegi panjang

    Pada rumus luas persegi panjang, anda hanya mengalikan panjang dan lebar yang dimiliki oleh persegi panjang. Jangan lupa satuan dari luas adalah memiliki simbol kuadrat. Sebagai latihan, sebutkan luas persegi panjang KLMN dengan panjang 6 cm dan lebar 7 cm! Anda hanya mengalikan panjang dan lebar dan hasilnya adalah 42 cm2. Caranya? Anda bisa berlatih untuk melakukan cara menghitungnya. Gampang bukan? Jangan lupa pula untuk menuliskan satuan agar hasilnya lebih valid.

  2. Menggunakan rumus Pythagoras

    Persegi panjang bisa dibuat dengan gabungan dua segitiga siku – siku. Hasil akhirnya adalah persegi panjang yang akan menghasilkan diagonal. Jika diberikan pertanyaan untuk mengetahui luas persegi panjang dan hanya diketahui diagonal dan salah satu sisinya, maka anda jang khawatir karena anda masih bisa menghitungnya. Caranya cukup mudah, anda hanya mencari sisi lainnya dengan rumus umum Pythagoras yaitu,

    a^2+b^2=c^2

    Jika sisinya sudah diketahui, maka anda bisa mendapatkan hasil luas persegi panjang dengan mengalikan sisi panjang dan lebar. Sebagai contoh, jika persegi panjang memiliki panjang diagonal 5 cm dan salah satu sisi memiliki ukuran 3 cm, sebutkan luas persegi panjang! Dari soal tersebut, anda tinggal menerapkan rumus Pythagoras. Kemudian hasil yang didapatkan akan menjadi nilai dari sisi yang belum diketahui ukurannya. Tebak saja, pasti persegi panjang tersebut memiliki luas 12 cm2. Silakan dicoba.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Perangakat Lunak

Persegi panjang memiliki rumus lain lagi selain luas yaitu keliling. Setelah diberikan cara menggunakan rumus luas persegi panjang, maka anda bisa menggunakannya untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan persegi panjang. Anda juga bisa menggunakan berbagai macam variasi dalam membuat soal yang berkaitan dengan luas persegi empat untuk anak didik anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan