Jenis Jaring – Jaring Limas Segitiga

Diposting pada

Bangun datar dapat dibentuk menjadi bangun yang memiliki tiga dimensi, bangun tersebut disebut juga sebagai bangun ruang. Banyak sekali contoh – contoh bangun ruang seperti limas, prisma, balok, kubus, bola, dan lain – lain. Bangun ruang limas adalah salah satu bangun ruang yang cukup unik, bangun ruang yang satu ini hanya memiliki satu alas saja yang akan dibentuk dari berbagai macam segitiga. Berikut ini anda akan diajak untuk mengamati jaring – jaring limas segitiga. Jaring – jaring yang anda pelajari berguna untuk membentuk atau membuat limas segitiga.

Jaring – jaring Limas Segitiga: Sifat Limas Segitiga

Jenis Jaring – Jaring Limas Segitiga

Jika berbicara tentang bangun ruang, pasti bangun ruang tersebut memiliki ciri khas. Sebelum anda mengetahui jaring – jaring untuk membentuk limas segitiga, maka sebaiknya anda mengetahui sifat limas segitiga. Adapun sifat limas segitiga sebagai berikut.

  1. Limas segitiga dapat dibentuk dari empat segitiga
  2. Limas segitiga memiliki alas berupa segitiga
  3. Limas segitiga memiliki beberapa bentuk yaitu limas segitiga sama sisi, limas segitiga siku – siku, limas segita sama kaki, dan limas segitiga sembarang.

Mengetahui sifat dari limas segitiga tidak hanya membantu anda dalam membuat jaring – jaring segitiga limas. Sifat ini juga dapat anda gunakan untuk menghitung luas permukaan dan volume limas segitiga.

4 Macam Jaring – jaring Limas Segitiga

Jika anda memiliki limas segitiga yang dibuat dari karton atau kertas, maka anda bisa mengetahui jaring – jarinya jika anda merebahkan selimut limas segitiga sampai ke dasar. Saat ini limas segitiga memilki beberapa model. Hal ini dibedakan menurut bentuk alasannya. Karena segitiga bisa dibentuk menjadi bentuk segitiga apapun, maka pada limas segitiga dikenal menjadi empat macam limas segitiga. Berikut ini adalah macam – macam jaring – jaring – jaring limas segitiga.

  1. Limas segitiga sama sisi

Limas segitiga yang sisi selimutnya direbahkan akan terlihat bentuk jaring – jaring limas segitiga sama sisi. Jika dilihat, maka limas segitiga sama sisi dibentuk dari empat segitiga sama sisi. Hal ini cukup unik karena setiap segitiga tersebut akan memiliki sisi yang sama semua. Berikut ini adalah gambar dari jaring – jaring limas segitiga sama sisi.

  1. Jaring – Jaring Limas Segitiga Sama Kaki

Limas segitiga yang satu ini memiliki alas berbentuk segitiga sama kaki. Jika anda rebahkan limas tersebut, maka limas tersebut akan dibentuk dengan tiga segitiga sama kaki dengan ukuran yang sama dan satu segitiga sama kaki dengan ukuran yang lebih kecil. Berikut ini adalah penampakan dari jaring – jaring limas segitiga sama kaki.

  1. Jaring – jaring limas segitiga sembarang

Limas ini beralaskan segitiga sembarang. Jika direbahkan dan dibentuk jaring – jaringnya, maka akan menghasilkan jaring – jaring dengan empat segitiga sembarang. Berikut ini adalah bentuk dari limas segitiga sembarang. Cukup susah untuk menghitung luas permukaannya, karena memiliki berbagai macam bentuk segitiga di dalam limas tersebut.

  1. Jaring – jaring limas segitiga siku – siku

Limas segitiga siku – siku dibentuk dengan alas berupa segitiga siku – siku. Jika anda buat jaring – jaring yang akan dibentuk menjadi limas segitiga siku – siku, kenampakannya akan seperti gambar di bawah ini. Limas ini tersusun dari satu segitiga siku – siku dan tiga segitiga sembarang.

Demikian jenis jaring – jaring limas segitiga yang bisa dijelaskan. Harapannya anda bisa memahami dengan baik materi yang diberikan untuk anda kali ini. Selamat

Loading...

Tinggalkan Balasan