Rumus Luas Belah Ketupat

Cara Menggunakan Rumus Luas Belah Ketupat

Posted on

Belah ketupat adalah salah satu jenis bangun datar. Belah ketupat memiliki bentuk yang hampir sama dengan persegi, namun bentuknya saja yang terlihat seperti layang – layang sehingga disebut belah ketupat. Selain itu belah ketupat adalah layang – layang yang memiliki sisi yang sama. Jika anda menemui permasalahan tentang belah ketupat, bisa saja anda menggunakan rumus luas belah ketupat untuk mengatasinya. Jika anda tidak tahu rumusnya, berikut ini adalah persamaan luas belah ketupat yang bisa anda gunakan.

Rumus Luas Belah Ketupat

Rumus Luas Belah Ketupat

Sebelum anda mengetahui rumus yang digunakan untuk menghitung luas belah ketupat, sebaiknya anda mengetahui sifat yang dimiliki oleh bangun datar belah ketupat. Bangun datar belah ketupat memiliki sifat sebagai berikut,

  1. Belah ketupat memiliki kemiripan dengan segi empat,
  2. Setiap sisinya sama panjang,
  3. Setiap sudutnya sama besar dan memiliki diagonal yang saling berpotongan,
  4. Diagonal berpotongan saling tegak lurus,
  5. Belah ketupat mempunyai dua sumbu simetri dan diagonalnya yang menjadi sumbu simetri tersebut,
  6. Belah ketupat memiliki 2 simetri lipat dan simetri putar.

Jika anda memahami dengan baik sifat – sifat yang dimiliki oleh belah ketupat, maka anda bisa menggunakan rumus luas belah ketupat untuk memecahkan masalah tentang belah ketupat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung luas belah ketupat.

  1. Menggunakan diagonal

Ada tiga langkah yang bisa anda gunakan untuk menggunakan menyelesaikan masalah belah ketupat. Langkahnya adalah sebagai berikut,

  1. Mencari panjang diagonal belah ketupat. Diagonal merupakan garis yang menghubungkan atar sudut yang dimiliki oleh belah ketupat. Sesuai dengan sifatnya bahwa diagonal belah ketupat berpotongan tegak lurus dan memiliki bentuk yang mirip seperti segi empat. Sebagai latihan, anggap saja diagonalnya masing – masing diagonalnya adalah 6 cm.
  2. Mengalikan masing – masing panjang diagonal yang telah diketahui. Anda tuliskan saja panjang diagonal kemudian kalikan. Dalam soal tadi maka anda harus mengalikan 6 cm x 6 cm = 36 cm2. Lalu anda jangan pernah melupakan satuan luas untuk diletakkan setelah hasilnya.
  3. Kemudian hasil perkalian tersebut dikalikan dengan 2. Setelah mendapatkan hasil perkaliannya yaitu 36 cm2, maka anda bagi saja dengan dua sehingga hasilnya adalah 36/2 = 18 cm2. Jadi luas belah ketupat tersebut adalah 18 cm2.

Maka rumus yang bisa digunakan adalah Luas = ½ x diagonal1 x diagonal2

  1. Menggunakan sisi belah ketupat

Rumus luas belah ketupat yang selanjutnya adalah menggunakan alas dan sisi. Ada dua tahap untuk menggunakannya.

  1. Mencari alas dan tinggi belah ketupat. Anda bisa mengalikan alas dan ketinggiannya, atau sisi yang diketahui untuk menyelesaikan luas belah ketupat. Anggap saja alas dan tingginya adalah 9 cm dan 9 cm.
  2. Mengalikan alas dan tinggi. Jika anda sudah menemukan atau berhasil mendapatkan alas, tinggi, atau sisi pada belah ketupat, maka anda kalikan saja hasil yang anda dapatkan. Dari soal tadi maka luas belah ketupat tersebut adalah 9 cm x 9 cm = 81 cm2. Jadi, luas belah ketupat tersebut adalah 81 cm2.

Maka luas belah ketupat bisa dihitung dengan rumus Luas = alas x tinggi atau Luas = sisi x sisi.

Baca juga : Rumus dan Jaring – Jaring Prisma Segitiga

Rumus luas belah ketupat sudah dibahas untuk anda. Semoga anda bisa memahami dan menerapkan rumus luas ini untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan belah ketupat.

Leave a Reply